PRINSESSTÅRTA(SWEDISH PRINCES CAKE)

Apa cake yang paling terkenal di Swedia? Jawabannya bisa dibilang Prinsestårta. Internasional mengenalnya sebagai Swedish Princes Cake. Sebenarnya ada beberapa cake terkenal di Swedia tapi prinsesstårta ini bisa dibilang lebih merangkul sejuta umat. Acara ulang tahun, pernikahan dan anniversary umumnya cake ini yang disajikan. Bahkan untuk sekedar fika di cafe atau rumah pun menyantap prinsestårta bukan hal yang aneh.

_MG_0820

Disebut prinsesstårta karena awalnya cake ini ditujukan untuk tiga putri di keluarga kerajaan Swedia. Jadi makan ini secara tidak langsung berasa princeslah. Haha..

Ciri khas prinsestårta sangat mudah dikenali. Tampilannya sederhana dan minimalis. Hanya berbalut lapisan berwarna hijau dengan dua lembar daun berikut sekuntum mawar kecil berwarna pink muda. Dan ditaburi gula halus. Minimalis tapi cantik. Jadi tidak sehebring cake yang ramai dengan balutan cream. Tapi bagian dalamnya seolah bertolak belakang dengan tampilan luarnya. Penuh dengan lapisan yang leker. Kaya raya dengan rasa.

IMG_1899~photo

IMG_1900~photo
Tulisan grattis sebagai ucapan selamat

Prinsesstårta tidak menggunakan fondant melainkan marzipan yang terbuat dari bahan utama almond dan gula halus. Jadi rasanya lebih enak. Jujur dulu saya tidak begitu suka cake ini karena frosting creamnya banyak banget. Marzipannya kemanisan. Tapi lama lama saya doyan. Cuma bedanya kalau bikin sendiri rasa manis ini bisa dikontrol dan tidak berlebihan.

IMG_1831~photo-full
Dua lembar daun dan sekuntum mawar kecil yang menjadi ciri khasnya

Prinsesstårta terdiri dari bagian penting :

  1. Sponge cake
  2. Selai rapsberry
  3. Vanila pastry cream
  4. Frosting cream (whippy heavy cream)
  5. Marzipan
  6. Hiasan daun dan mawar
  7. Taburan gula halus

IMG_1871~photo-full

IMG_1844~photo-full
Cake ini semakin enak setelah berhari di kulkas. 

Pengen mencoba? tidak perlu jauh jauh ke Swedia. Kalian bisa bikin sendiri. Jika kalian melihat point penting bagian bagian cake ini, sebenarnya tinggal kalian siapin satu demi satu saja. Baru tinggal tumpukin perlapisan.

Paling untuk marzipan usahakan digilas perlahan sesuai kelenturannya. Karena kadang kadang marzipan cepat kering dan susah digilas. Makanya usahakan ketika digilas sudah agak empuk.

Untuk melihat cara pembuatan dan resep lengkapnya bisa melihat pada channel youtube saya di bawah ini :

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s