SMÖRGÅSTÅRTA (Swedish Sandwich Cake)

Sebelumnya saya sudah menulis tentang Prinsesstårta di blog ini dan kali ini masih seputaran tårta juga cuma beda jenis. Meski berbeda tapi keduanya sama sama terkenal di Swedia. Kali ini saya membahas tentang cake dengan citra rasa gurih yang terbuat dari lapisan roti dan berhiaskan bermacam macam sayuran segar, ham, herbs, kaviar, salmon, udang, tuna dan masih banyak lagi. Namanya Smörgåstårta. 

Smörgås sendiri adalah santapan yang sangat digilai di Swedia. Suami saya kalau bisa setiap saat makan smörgås sampai sampai saya suka omelin. Smörgås adalah sandwinch ala mereka. Roti yang di atasnya diberi macam macam topping. Tapi bukan topping selai manis ya. Bisa butter, keju, ham, pickled, daging dan sayuran lainnya.

Dan smörgåstårta bisa dibilang versi premiumnya. Smörgås berbentuk cake dengan ukuran yang lumayan besar. Dan biasanya untuk porsi beramai ramai. Bisa di acara ulang tahun, undangan makan, midsummer atau untuk santapan keluarga. Bahkan jika kongkow di cafe. Biasanya selalu ada smörgåstårta ini di menu mereka. Terutama cafe vakery di wilayah country sidenya. Makanya disebut smörgåstårta karena bentuknya yang menyerupai cake. 

IMG_1779~photo-full

IMG_1756~photo-full

Smörgåstårta terdiri dari lapisan roti dan biasanya menggunakan roti putih yang light seperti roti tawar. Dan sebaiknya lapisan roti ini jangan terlalu tebal irisannya. Biar lebih mudah meresap ke lapisan mayones dan campuran lainnya. Bisa berbentuk bulat maupun persegi. Dan olesan dasarnya adalah mayones yang dicampur dengan creme fraiche atau sour cream agar lebih segar. Untuk aroma biasanya diberi dill dan kaviar. Dan ini akan diolesi ke setiap lapisan roti.

IMG_1815~photo-full

IMG_1822~photo-full

Setiap lapisan biasanya ditambahi dengan tuna, udang atau telur, pasta hati dll. Meski bebas mengkreasikan isi lapisan dan hiasan tapi mostly aroma dan rasa smörgåstårta di Swedia itu hampir sama. Karena baisanya mereka memberi dill, udang, tuna, ham dan salmon. Itu ke itu saja sih. Smörgåstårta sebaiknya dibiarkan di chiller overnight agar rasa dan aromanya lebih kuat.

IMG_2120~photo.jpg

Untuk resep dan cara membuatnya bisa melihat video youtube saya di bawah ini. Jangan lupa disubscribe ya.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s