PERJALANAN YANG MENYENANGKAN di “HOTEL BERJALAN”(TALLINK dan VIKING LINE)

Ada satu hal yang paling gue suka ketika berlibur melalui jalur laut. Gue tidak merasa ketakutan layaknya seperti berada di dalam pesawat terbang. Entah mengapa semakin lama gue semakin phobia naik pesawat.

Selain itu, melalui jalur laut, perjalanan nyaris tidak membosankan. Apalagi kapal kapal Eropa bisa dibilang memiliki standard kenyamanan yang layak untuk dinaiki. Bersih, fasilitas super lengkap, mulai dari tempat hiburan, restoran, ruangan spa, bermain game bahkan sampai tempat shopping dan  duty free pun ada. Dan bagi golongan pencinta gadget mania seperti gue, free wifi pun bisa didapatkan di dalam kapal. WALAUPUN KADANG KADANG LELET.

img_4910
Restoran buffet di Viking Line
img_4879
Duduk menikmati minuman segar di salah satu cafe

Dan yang lebih penting lagi, sebelum sampai ke negara tujuan (tempat liburan utama), di dalam kapal pun sebenarnya sudah bisa merasakan pra holiday. Anggap saja lagi berpesiar. Lapar tinggal pilih restoran mana yang disuka, bosan tinggal ke cafe, bar, pub (minum sambil mendengar live music), pengen dansa bisa (ada ruangan khususnya), pengen disko hayuuuu (ada diskotiknya), pengen hiburan lain monggooo (ada penari profesionalnya), pengen dipijet (tinggal cusss ke ruangan spa dan jakuzzi), sehabis dipijet bolehlah haii belanja ke duty free. Atau pengen suasana lain yang lebih natural? lihat view  di sekitar laut atau sunset misalnya ?  tinggal keluar aja sambil duduk di kursi cafe yang tersedia.  Trus kalau capek?  ya tinggal masuk kamar dan tidurlah mak! Zzzzzzzzzzz.

Waktu rasanya cepat banget berlalu  dan begitu bangun pagi, sarapan sudah menunggu di ruangan super luas dan cantik. Ga pake lama tiba deh di negara tujuan. Enak toh?

IMG_4933
Salah satu restoran di Tallink
IMG_4935
Salah satu restoran di Tallink
IMG_4930
Salah satu restoran di Tallink

Inilah yang gue dan suami rasakan ketika menaiki kapal Tallink. Group kapal besar yang membawa penumpang dari Stockholm Swedia ke Tallin Estonia. Tallink memiliki beberapa jenis kapal dengan nama nama yang berbeda. Ada Tallink Romantika, Viktoria, Superstar, dan masih ada beberapa nama lagi yang tentu saja gue ga ingat.

img_4890

Sebenarnya bukan hanya Tallink, group kapal Viking pun hampir sama memberi layanan dan fasilitas yang relatif menyenangkan. Yang gue tau rute rute kapal besar ini berlayar menuju Finlandia, Swedia dan sekitar negara negara Baltik.

IMG_4939
Arena dansa dan disko
IMG_4973
Live musik

Bahkan kami pun pernah menaiki kapal Viking tanpa bermaksud singgah ke negara tertentu. Jadi hanya menikmati fasilitas di dalam kapal saja. Berangkat hari ini, pulang esok harinya. Dan tidak sedikit orang menikmati hiburan di dalam kapal seperti yang kami lakukan. Tujuannya cuma satu, menikmati hari dan waktu di hotel berjalan. Biayanya juga bisa dibilang relatif tidak mahal.

IMG_4937img_4926

Untuk harga tiket bisa bervariasi. Tergantung kamar yang kita pilih, including makan malam apa ga,  pun hotel di negara yang dituju. Kalau untuk hotel biasanya bisa di upgrade sekiranya kurang cocok dengan hotel di dalam paket.

IMG_4885
Restoran buffet di Viking Line
IMG_4898
Cafe
img_4902
Bar
IMG_4906
Nyok belanja…
IMG_4904
Duty Free
IMG_4972
Shopping Area
IMG_5021
Yang terbawa pulang….

Saran gue, jika menaiki kapal Viking dan Tallink, wajib dicoba makan malam buffet mereka. Namanya Smörgåsbord. Ini adalah makan malam yang paling banyak diminati karena memiliki banyak jenis makanan yang melimpah ruah.

Cuma kebetulan karena sudah pernah beberapa kali menaiki kapal Viking, kami tidak mencoba buffet ini di Tallink. Ada beberapa restoran lain yang sangat menarik perhatian, baik interior maupun menunya. Dan pilihan kami  jatuh ke restoran Rusia. Makanan Rusia lumayan enak. Ketika yang lain cukup menjadikan salad sebagai garnis, maka Rusia menjadikan salad sebagai menu yang dominan memenuhi piring. Uda gitu bagian bawah terdiri dari salad yang diolah dengan krim dan ikan, kemudian dilapisi lagi dengan salad segar. Dan di bagian atasnya diletakin deh steak plus saos. Oh ya saosnya juga enak. Kentangnya hanya sedikit.  Nyessssss…nulis sambil ngences. Hahaha.

IMG_4974
Restoran Rusia

IMG_4975

Jika berada di Swedia, Finlandia atau negara Baltik, tidak ada salahnya mencoba pesiar kecil kecilan di dalam hotel berjalan ini (versi gue tentunya). Semoga suatu saat nanti, kami diberi kesehatan, panjang umur dan rejeki, sehingga bisa menikmati kapal pesiar yang sesungguhnya. Ga kebayang dalamnya kaya apa ya, kapal kapal yang gue ceritakan ini saja sudah lumayan menghibur. Rasanya pengen memasuki semua ruangan hiburan yang ada. Sungguh menyenangkan pastinya. Boleh dicoba!

IMG_4916
Melihat sunset di cafe luar
IMG_4915
Cafe di dek luar
IMG_4884
View dari atas kapal
IMG_4971
Cafe di dek luar
IMG_4895
View dari atas kapal
IMG_4881
View dari atas kapal

 

IMG_4919
Ketika burung menghiasi sore

Salam dari Mora,

Dalarna Swedia

See you in my next story

9 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s