Berkunjung ke Legoland Denmark

Dua tahun lalu, gue dan suami mengisi liburan musim panas ke Denmark. Salah satu daerah yang kami kunjungi adalah Billund. Tujuannya cuma satu, pengen melihat kawasan Legoland.

Billund merupakan kota asal dari Ole Kirk Christiansen, pencipta permainan lego yang terkenal itu. Christiansen awalnya hanyalah seorang pengusaha furniture biasa. Tepatnya furniture berbahan dasar kayu. Tidak disangka, lambat laun penjualan furniturenya mengalami penurunan.

Christiansen tidak perlu berlama lama meratapi kondisi yang memburuk ini. Beliau pun terinspirasi untuk menciptakan permainan lego dari sisa kayu furniture yang dia miliki. Jadi awalnya bahan lego itu dari kayu loh.

Seiring waktu, produksi bahan plastik akhirnya masuk ke Eropa. Christiansen pun memberanikan diri merubah bahan dasar untuk produksi legonya. Bukan dari kayu lagi, melainkan lego berbahan plastik.

IMG_2948.jpg

IMG_2947.JPG

Tentu saja ide ini tidak berjalan mulus. Tidak sedikit konsumen yang kurang tertarik dengan bahan plastik ini. Karena sebelumnya, mereka sudah terbiasa dengan lego berbahan kayu. Untungnya kondisi ini tidak berlangsung lama, ketika dalam hitungan cepat, produksi legonya berhasil diterima beberapa kalangan negara bahkan dunia.  Yup, lego yang bisa dimainkan oleh berbagai kalangan usia.

Legoland di Billund Denmark merupakan resort yang dipersembahkan sebagai bentuk apresiasi negara Denmark untuk mengingat hasil karya Ole Kirk Christiansen.

Kami sengaja datang pagi, dengan harapan tidak banyak orang. Ternyata perkiraan yang meleset, yang ngantri sudah banyak.

Maklumlah, namanya juga liburan musim panas. Kalau sepi malah aneh. Duapuluh menit sebelum pintu masuk dibuka, antrian manusia sudah panjang banget. Dari anak anak, orang tua, kakek nenek, pasangan muda mudi, semua campur.

IMG_2946.JPG
Ngantri

Legoland memiliki banyak sekali sarana hiburan. Tapi yang paling menarik perhatian tentunya adalah kawasan Miniland, yang semuanya terbuat dari bahan lego. Benar benar takjub melihatnya. Miniland terdiri dari berbagai bentuk bangunan kas Eropa, Amerika dan Asia.Miniland ini menjadi tidak biasa dan sangat gue ancungin jempol, karena semua bagiannya sangat sangat detail. Bahkan sampai hal kecil yang mungkin tidak terpikirkan oleh pengunjung, diperhatikan pihak pengelola.

Jadi tidak semata melihat bangunan bangunan cantik saja. Melainkan printilan kecil yang melengkapi setiap bagian bangunan. Seperti traffic light, mobil, kereta api, truk, landasan pesawat terbang dan masih banyak lagi. Dan kerennya lagi, semuanya bisa begerak!

IMG_2944.jpg
Sukaaaaakk!
IMG_2943
Warna warnanya itu loh, girly banget
IMG_2941
Pengen dikunyah. Segar banget warnanya. Hahaha

IMG_2945 (1)

Benar benar seperti kota yang full aktivitas. Mata sangat jelas melihat bagaimana berbagai mobil berjalan, belok ke kanan, berhenti pas lampu merah, trus truk yang lagi membuang sampah, orang orang berdiri di halte bus dan stasiun kereta api. Nanti kereta apinya berhenti pas di depan stasiun, trus jalan lagi. Hahahha…asik banget pokoknya.

IMG_2922.jpg
Malibu US versi Legoland
IMG_2925.jpg
Eropa dengan pedestriannya. Ya ampun niat banget ya bikinnya
IMG_2936.jpg
Kota dengan kanal air beserta aktivitas kapal. Aslinya semua ini kadang kadang bisa bergerak loh

IMG_2930 (1).jpg

Ada juga kawasan pedestrian yang dipenuhi meja meja cafe. Trus setiap meja ada orangnya, layaknya sedang menikmati summer. Beneran seperti sebuah kota. Belum lagi kincir angin yang bergerak, kapal kapal berjalan di atas air layaknya kanal air beneran. Nanti jembatannya sistem buka tutup gitu. Wahhh detail sangatlah. Dan hebatnya, semua itu terbuat dari lego loh. Salut.

IMG_2894
Kalau ga salah ini bagian kota di Norway
IMG_2908.JPG
Pohonnya itu asli semua
IMG_2931 (1).jpg
Kincir angin ini juga bergerak
IMG_2934.jpg
Kece ya
IMG_2935.jpg
Bangunannya uda seperti beneran aja. Padahal semua dari balok lego

Landasan pesawat terbangnya juga ada. Cuma gue ga tau bisa terbang apa ga, karena kebanyakan hanya berjalan di sekitar landasan aja.

IMG_2938
Airport dengan aktivitasnya. Mobil kargo ini bergerak juga. Pesawatnya jalan keliling airport seolah olah akan tinggal landas atau baru mendarat gitu cari tempat berhenti. Kayak gitulah mak. 

Untuk membuat suasana bangunan lego lebih nyata lagi layaknya sebuah kota, tumbuhan hidup sengaja ditanam di sekitar bangunan. Seperti bunga, rumput dan tanaman bonsai. Malah beberapa itik sengaja dibiarkan berenang di kolam buatan.

IMG_2898.jpg
Uda beneran seperti sebuah desa ya. Rapi dan detail banget
IMG_2919.jpg
Suka ngelihat bangunannya semua
IMG_2924.jpg
Bunga hidup diantara bangunan lego
IMG_2928
Cakep

IMG_2908.jpgLegoland di kota Billund lumayan luas, jadi usahakan membaca map yang dibagikan secara gratis. Selain Miniland, legoland juga terdiri dari Duplo Land (kebetulan saat itu tidak bisa dimasuki karena lagi direnovasi), Pirateland, Adventure Land, Polar land, dan semuanya ini merupakan sarana hiburan tambahan dari pihak pengelola.

Karena sehabis menikmati keunikan Miniland, pengunjung bisa mencoba semua wahana permainan ini. Ada bangunan khusus Stars Wars juga, cuma pas masuk ke dalam kayanya ga ada apa apanya deh. Atau karena gue bukan penggemar film ini ya. Bisa jadi gue ga ngerti. Hehehe.

Tapi kami sama sekali tidak mencoba berbagai wahana yang tersedia di resort, kurang interest. Tepatnya lagi memang takut mencoba. Tujuan utama gue memang pengen melihat Minilandnya aja. Kalau wahana lain ini, hampir mirip seperti di universal studiolah.

IMG_2891.jpg
Berbagai wahana hiburan

Bisa juga naik kereta api tut tut tut…tar dibawa melihat safari Legoland. Tapi lagi lagi binatangnya terbuat dari lego semua. Bukan safari beneran ya.

IMG_2889
Burung onta dari lego

Legoland memiliki restorannya juga, makanannya sih lumayan. Tapi enak banget ga juga. Namanya juga sudah Legoland, jelasnya aja makanannya pun berbau lego. Seperti kentang goreng misalnya. Sengaja dibentuk mirip kotak lego gitu. Sebenernya khusus untuk anak anak sih. Tapi dewasa juga banyak yang nyoba. Termasuk gue dong ga mau ketinggalan.

IMG_2877
Bendera Denmark dengan susunan lego
IMG_2886
Kentang goreng model lego. Hahaha

Harga  makanan di restoran untuk per orang bisa dikenakan sekitar 215 Dkk atau  400 ribu rupiah sekali makan. Sedangkan tiket masuknya sekitar 329 DKK per orang. Itu harga dua tahun yang lalu ya. Sekarang ga tau naik apa ga.

IMG_2878
Lego shop

Legoland juga memiliki toko souvenir, lumayan luas. Harga mulai dari yang murah sampai yang paling mahal. Lego dengan bentuk bangunan rumah yang lengkap dengan pagar dan taman misalnya, harganya lumayan mahal. Tapi sepertinya lego Star Wars deh  yang paling mahal. Kalau ga salah bisa mencapai 4000 dkk.

Berikut beberapa gambar di Miniland Legoland :

IMG_2895.jpg
Norwegia
IMG_2893.jpg
Norwegia
IMG_2906.jpg
Swedia dengan lambang pohon midsummer. Ampuuun deh, sampai segitunya
IMG_2912
Cakep warnanya
IMG_2923.jpg
Ini bangunan lego yang lumayan luas dan besar

IMG_2926.jpg

IMG_2918 (1)

IMG_2885.jpg
Gedung putih US. Iya kan ya. Gue lupa nih. Hahaha
IMG_2882.jpg
Grand Palace Bangkok

IMG_2876 (1)

Untuk melihat video miniland di Legoland Denmark, bisa klik link di bawah ini.

http://netcj.co.id/embed/188597/Traveling-Keliling-Dunia-di-Legoland-Denmark

Salam dari Mora,

Dalarna, Swedia.

 

“Semua foto hanya menggunakan handphone”

 

5 Comments

  1. Pas kuliah s2, ada satu mata kuliah yg ga pakai ujian tapi studi kasus. Lalu aku studi kasus IKEA dan Lego. Baca ceritamu di awal jadi ingat presentasiku haha. Kereenn ya yg mini2 itu bisa bergerak2. Jadi pengen tahu gimana perawatannya.

    Like

    1. Kok bisa milih Ikea dan Lego Den. Keren juga studi kasusmu😎. Iya takjub melihat mini bangunan itu semua. Pake bergerak pula printilannya. Tar kalau kalian berencana ke Skandiv, ga ada salahnya ke Billund ini Den

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s