Ketika Rindu Sang Surya

Hidup di negeri Skandinavia, apalagi seperti desa gue yang letaknya mendekati bagian pertengahan Swedia, yang namanya salju dan suhu ngedrop sudah menjadi santapan sehari hari dikala musim dingin. Datangnya cepat, habisnya lamaaaaaa.

Negara lain masih roman romanan dengan daun maple, desa gue uda kedatangan salju. Ketiban yang lain sudah berhahahihi dengan spring, tempat gue masih aja memutih ceria.

Makanya tak ayal, kalau berbicara musim panas, otak gue uda bayangin matahari nempel di atas kepala terus. Dulu aja, kalau ngelihat bulek bejemur di pantai suka mikir, ngapai ya manggangin kulit panas panas. Sekarang baru benar benar taulah, merindukan matahari itu kaya apa rasanya.

IMG_4848

Musim Panas, Yaiiiiii!

Musim yang paling sempurna. Namanya saja sudah musim panas, tentu suhu udara di musim ini pun relatif lebih panas. Summer adalah musim yang mencukupkan kebutuhan sinar sang surya dibanding musim yang lain. Meskipun tidak sesempurna di wilayah tropis.

Bagi gue pribadi, summer artinya lebih bebas. Lebih bebas beraktifitas di luar rumah dalam kurun waktu yang relatif lama. Bebas keluar modal sendal jepit, kaos oblong, celana pendek, tank top bahkan nyeker pun bisa. Rasanya tubuh gue jauh lebih ringan dibawa melangkah. Tidak banyak printilan tebal yang nyangkut di badan. Meskipun di saat tertentu, kadang kadang gue masih mengenakan jaket. Jaket tipis tepatnya.

IMG_4801.JPG

IMG_4768

Summer juga merupakan musim yang bagi kebanyakan orang, digunakan sebagai ajang untuk berlibur. Cuti kerja sampai bulanan. Bahkan perusahaan pun lumayan banyak yang tidak aktif untuk beberapa minggu. Termasuk kantor suami.

Jelas saja, setelah kurang lebih enam bulan merasakan suhu dingin, minim sinar mentari, saatnya menikmati alam yang terang bahkan sampai malam menjelangMeskipun berlibur di saat summer ada ga enaknya. Manusianya buanyakkk banget. 

IMG_4850.jpg

Biasanya, Summer House menjadi salah satu pilihan tempat berlibur sebagian warga Swedia di musim panas. Selain itu, mobil Caravan juga semakin sering terlihat di musim ini. Seperti di jalanan, kawasan Camping bahkan sampai di tengah hutan. Tak sedikit tempat yang menyewakan lahan, khusus untuk Caravan.

IMG_4800.JPG
Kawasan Camp khusus caravan

Di saat summer, pemandangan alam bisa dibilang sempurna. Semua tumbuhan sudah mekar di musim ini. Beraneka rupa dan warna.  Tumbuh secara bergantian. Namun ada sisi jeleknya juga. Di musim panas, pertumbuhan tanaman sangat aktif. Jadi yang namanya rumput cepat banget meninggi. Harus sering di potong dengan mesin. Belum lagi yang namanya lebah bunga, nyamuk dan lalat lumayan sering muncul. Menimbulkan suara suara yang ga enak di telinga.

Cuma kalau melihat bunga bunga liar yang silih berganti bermunculan, baik itu di pinggir jalan, hutan, halaman atau lapangan luas, sukak! lihat aja foto di bawah, semuanya bunga liar. 

IMG_4790.JPG
Bunga liar Rallaros cakep banget ya

IMG_4783.JPG
Bunga liar Dandeloin

IMG_4764
Rumput liar

IMG_4804
Bunga liar Lupiner tumbuh dimana mana

IMG_4761
Rumput liar dengan bunga putihnya. Ada dimana mana

Ngegrill di halaman rumah, duduk bersama di kursi halaman, makan di luar, memasang payung, menjadi kegiatan yang wajib di saat musim panas. 

Di desa tempat gue tinggal, biasanya beberapa warga menikmati danau di sekitar desa, dengan menggunakan boat kecil sambil memancing. Jadi tidak heran, boat boat yang biasanya di saat winter bersandar di tepi danau, mulai dipakai di saat summer. 

IMG_4779.jpg
Ngegrill

IMG_4781.jpg
Ini yang gue rindu. Makan, ngerujak dan meneguk lemon tea dingin di halaman rumah. 

Ada satu kawasan yang tidak jauh dari desa gue tinggal, yang biasa dipakai sebagai tempat berenang. Layaknya sebuah pantai. Padahal bukan pantai sih.

Cuma kawasan ini memiliki hamparan pasir layaknya bibir pantai gitu. Jadi lumayan enak buat lenje lenje di atas pasir. Yang begini aja pun uda senang mereka. Hahahaha.

IMG_4760.JPG
Memancing di danau dengan menggunakan boat

IMG_4832.jpg
Danau di seberang desa. Tepinya mirip pantai, ada pasirnya. Kalau summer biasanya kami suka ke sini. Penting bisa santai kayak di pantai Bali…. hahaha

IMG_4795.JPG
Ya anggap saja di kuta…daripada benjol

IMG_4796.JPG
Gayaknya uda kayak di pantai beneran
Hal lain yang gue suka di saat summer adalah berkebun. Mulai dari nanam bunga dan sayuran. Hobby baru gue sejak stay di Swedia. Di musim panas, rata rata warga pada suka berkebun. Gue paling suka melihat buah apel bergantungan di pohonnya. Sudah lama pengen nanam apel. Cuma suami gue kurang antusias karena pertumbuhan apel di desa gue kurang bagus.

Apalagi ya….hmmmmm…..kawanan ternak! Pas lihat sapi, domba dan kuda lagi makan rumput gitu. Sukak! *Langsung nyanyi Desaku yang Kucinta.

Siapa yang hobby olahraga? Kalau gue angot angotan. Kadang rajin kadang malas. Apalagi pas winter (baca winter ala desa gue). Tapi kalau summer, gue lumayan rajin.  Hutan menjadi tempat yang wajib kami (gue dan suami) lewati jika berolahraga di musim panas. Berjalan kaki sambil berlari santai, atau juga bersepeda (walaupun naik sepedanya masih kagok gitu…hahaha). Enak banget loh. Lari di tengah alam yang udaranya bersih. Hening. Cuma ada barisan pinus dan danau. Gue cuma bisa mendengar langkah kaki dan napas gue, serta suara burung. Ahhh damailah.

IMG_4799

IMG_4787
Kegitan rutin setiap tahun. Beli bunga tahunan buat ditanam
IMG_4756.JPG
Menanam bunga

Dulu kalau nonton film, kan suka ada tuh adegan olahraga lari sendirian di hutan sepi. Kadang suka mikir, apa iya olahraga harus di tempat sepi kaya gitu? Apalagi kalau filmnya film murder. Yang ada suka mikir, ahhh dasar film, suka cari lokasi yang sengaja dibuat seram. 

Ehhhh, ternyata kehidupan kaya gitu benaran ada. Gue sudah mengalami sendiri. Hutan memang menjadi salah satu tempat favorite bulek kalau berolahraga. 

IMG_4809.JPG
Kalau summer biasanya gue dan suami suka jalan di sekitar hutan ini. Ada danau di sebelahnya. Favorite gue banget tempat ini. Sampai sampai banyakan berhenti buat foto foto daripada olahraganya. Hahaha

Memetik buah blueberry di hutan, juga merupakan salah satu kegiatan rutin gue dan suami di saat summer. Blueberry organik yang tumbuh liar dan banyak banget di sepanjang hutan. Gue bisa sepuasnya memetik blueberry di musim ini. Ga perlu beli mahal mahal. 

Menjalankan hobby photography di saat musim panas paling enak. Kenyang natural light. Hasil photo lebih maksimal. Mana objek photo juga lebih beraneka. Mulai dari landscape hingga bunga bunga. Dimana mana cetar menghijau. Ahhhh, pokoknya summer aku padamulah!

IMG_4806
Sapi. Binatang yang gue suka. Hanya di saat summer gue puas liatin mereka. 

IMG_4770
Warna hijau rumput di musim panas selalu membuat hati sejuk
IMG_4854.jpg
Domba
IMG_4762.JPG
Desa yang asri

IMG_4805
Paan seh foto foto akoh!

See you in my next story.

Salam dari Mora,

Dalarna, Swedia. 

“Semua foto di dalam tulisan ini adalah dokumentasi pribadi ajheris.com”

16 Comments

    1. Begal😂😂😂😂. Aku karena desa kecil masih relatif amanlah. Buah merah itu masih jenis berry. Tapi ga liar. Ditanam ama tetangga. Rasanya manisssss segarr banget. Aku lupa namanya Fa.

      Like

  1. Bunga, rumput liar aja cakep gitu yaa disini boro😫..btw rumahnya dkt hutan?kalo malem2 suka serem ga?iya kok di tipi2 itu punya rumah di hutan ga serem apa ya??foto2nya selalu cakeep ka😊

    Like

    1. Kalau malam, pas sendiri ya takut. Tapi bukan ama orang. Melainkan halusinasi kalau kalau conjuring datang hahhahaa. Kalau ada suami sih ga takut. Makasih ta Astrie😊

      Like

  2. Fotomu selalu cantik Len, aku sudah mulai bosan Len dengan salju sudah 5 bulan masi datang lagi.. padahal bentar lagi harusnya dah spring hehe
    btw itu sapi buat perah susunya ya? cute sapinya, dirumah rata2 item :p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s