Mengenal Hidangan Khas Natal di Swedia

Meskipun memegang predikat sebagai negara maju, Swedia tetap setia dengan beberapa tradisi yang masih dijalankan hingga saat ini. Termasuk penyajian berbagai jenis makanan tradisional yang disajikan di saat natal. Bahkan sebulan sebelum natal tiba, berbagai jenis makanan natal sudah dapat dinikmati di restoran,  yang menyajikan menu Julbord.

IMG_8793.JPG

Sebenarnya makanan natal di Swedia, sebagian besar dapat ditemukan dan disantap di hari biasa. Bedanya  di saat natal,  makanan yang banyak tersebut disajikan sekaligus dan bersamaan. Mengingat jenisnya yang beragam, tergantung keluarga mau disajikan lengkap atau seadanya saja. Apalagi jika bukan keluarga besar seperti kami (gue dan suami), biasanya cukup menyajikan menu yang paling utama saja. Dan umumnya, semua jenis makanan ini dapat dibeli di supermarket dalam keadaan siap saji, jadi sebagian tinggal dimasukin oven atau microwave.

fullsizerender

Tapi bagi sebagian orang, ada saja yang membeli bahan mentah dan mengolah sendiri di rumah, termasuk gue dan suami. Sebagian besar makanan kami olah sendiri. Selain lebih fresh, pun kegiatan menyambut natal jadi lebih berasa.

Berikut beberapa jenis makanan natal di Swedia,  yang lumayan sering disajikan di atas meja:

1. JULSKINKA

Salah satu makanan khas natal yang paling terkenal di Swedia dan rasa rasanya wajib ada di setiap rumah adalah Julskinka. Pork berbentuk bulat memanjang dengan ukuran yang lumayan besar. Julskinka memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih, karena diambil dari bagian paha atas.

Proses memasak Julskinka bisa dibilang sangat sederhana tapi harus teliti dan hati hati. Apalagi menyangkut tingkat kematangan dagingnya. Karena daging dimasak dalam ukuran lumayan besar. Julskinka direbus di dalam air yang sudah dicampur dengan bawang bombay dan wortel. Sangatlah penting memperhatikan suhu air ketika merebus daging. Disarankan agar menggunakan termometer suhu. Perubahan suhu di dalam daging, perlahan lahan bisa dilihat melalui termometer.

img_8781

Jika suhu termometer sudah berada diantara 72 sampai 80 derajat celcius, barulah daging bisa dikatakan matang. Waktu yang kita perlukan sekitar dua jam untuk sampai di suhu ini.

Meskipun begitu, tidak sedikit kalangan yang mengabaikan penggunaan termometer. Bagi mereka, untuk melihat tingkat kematangan, cukup menusuk jarum besar ke dalam daging, kemudian sedikit bermain dengan feeling. Dan biasanya feeling orang dulu jauh lebih jago kata suami gue.

Julskinka biasanya dimasak sebelum tanggal 24 Desember atau tepatnya di tanggal 23 Desember. Jadi ada waktu untuk mendinginkan daging dalam waktu sehari. Konon, tekstur dan rasa daging akan menjadi lebih baik dan enak. Bisa dibuat di dalam kulkas atau di ruangan bersuhu rendah.

IMG_8750.JPG

Esok harinya barulah kulit Skinka diberi lapisan yang terdiri dari campuran kuning telur dan Senap atau mustard. Lalu diberi taburan Ströbröd atau Bread Crumbs. Agar tampilannya lebih bagus, biasanya permukaan ditusuk butiran cengkeh. Kemudian di panggang di dalam oven. Rasanya? Gurih dan enak pastinya. Selain sebagai Plat Principal,  Julskiynka juga disantap melengkapi roti natal beraroma Kanel atau Cinnamon.

2. KÖTTBULLAR (MEATBALLS)

Rasanya warga Swedia tidak ada yang tidak mengenal bakso ini. Dan tentunya menjadi salah satu menu yang familiar di saat natal. Terbuat dari daging sapi yang sudah digiling, dicampur dengar telur, bread crumbs, sedikit krim, merica dan irisan bawang bombay yang sebelumnya sudah ditumis dengan butter. Kemudian dibentuk bola bola seperti bakso dan ditumis dengan butter sampai matang.

fullsizerender

IMG_8801.JPG

Kalau gue, lebih sering menggunakan daging rusa, karena stok daging ini lumayan banyak di freezer (dari hasil berburu). Rasanya jauh lebih enak. Kalau di hari biasa, menyantap meatballs selalu sepaket dengan taburan saos melimpah plus selai Lingonberry. Berbeda halnya dikala natal, Swedish Meatballs disajikan apa adanya. Tanpa embel embel saos dan selai. Kenapa? Karena meatballs dinikmati berbarengan dengan makanan lainnya dalam satu piring, yang notabene sudah mengandung banyak krim dan saos.

3. LAX  (SALMON)

Salmon juga salah satu menu favorite di acara natal. Disajikan dalam ukuran yang besar. Jadi tidak seperti salmon yang biasa dimakan sehari hari dengan potongan size kecil. Ada Smoke Salmon dan ada juga yang dipanggang di oven. Gue lebih sering menyajikan salmon panggang dengan campuran bumbu sederhana yang terdiri dari perasan lemon, garam, dill, paprika dan lada bubuk, serta sedikit potongan butter. Rasanya sudah diakui oleh suami dan tetangga gue.

IMG_8797 (1).JPG

Ada juga Gravadlax yaitu daging salmon yang dicampur dengan garam dan beberapa rempah seperti merica dan dill, kemudian ditekan sekuat mungkin menggunakan alat berat, dengan tujuan agar air di dalam daging salmon keluar dan garam cepat menyerap ke dalam. Dan biasanya, daging salmon dibiarkan kurang lebih seminggu tanpa dimasak. Kemudian ketika hendak disajikan, daging salmon diiris tipis tipis.

4. SILTA

Silta dulunya berasal dari potongan potongan pork berukuran kecil yang umumnya merupakan sisa daging yang nyaris tak terpakai tapi sayang untuk dibuang. Misalnya ketika kita memotong ternak, kadang ada bagian daging yang tersisa dan melekat di tulang. Bagian inilah yang digunakan untuk membuat Silta.

IMG_8798.JPG

Namun di jaman modern sekarang, kadang  daging utuh malah sengaja dipotong kecil kecil untuk menghasilkan Silta. Biasanya potongan daging dicampur dengan Gelatin dan rempah cengkeh yang sudah dicincang kasar. Lalu didingankan. Seperti membuat puding agar agar . Aromanya sangat khas. Karena mengandung gelatin, jadi berasa sedikit kenyal dan dingin di mulut. Gue kurang suka.

 5. JANSONS FRESTELSE

Bahan utamanya adalah  kentang yang di potong memanjang seperti french fries junckfood. Kemudian dicampur dengan krim dan irisan bawang bombay. Untuk membuat aroma lebih khas biasanya di tambahkan Ansjovis, sejenis ikan Sill yang berukuran kecil yang dapat dibeli dalam kemasan kaleng. Dan terakhir dipanggang di dalam oven. Ini menu kesukaan gue banget. Leker!

6. SILL

Sill merupakan jenis ikan tradisional yang sangat disukai warga Swedia (terutama warga lokalnya). Menurut gue baunya kurang sedap di hidung. Tapi disuruh nyium ikan asin okeh okeh saja. Hahahaha. Sill dibiarkan berair dalam waktu yang lama. Ini yang membuat gue berasa geli, layaknya suami gue geli jika melihat ikan asin.

Sill biasanya diproses dengan cara mencampur ikan ke dalam air yang sudah diberi garam. Kemudian dibiarkan kurang lebih satu minggu. Tahap selanjutnya ikan diangkat dan diletakin di wadah baru, lalu disiram dengan air cuka. Tujuannya agar ikan bener bener bersih dari bakteri.

Barulah dibiarkan di dalam kulkas kurang lebih dua hari. Setelah itu, Sill sudah bisa dikomsumsi. Jangankan di saat natal, di hari biasa pun olahan ikan ini sering disantap. Biasanya Sill dimakan bersama Smörgås (Open sandwich ala Swedia). Tapi entah mengapa, ketika Sill berukuran kecil dicampur ke olahan Jansons Frestelse, gue malah ga jijik. Aya aya wae.

7. RÖDBETSSALLAD

Ini merupakan salad favorit gue. Rasanya legit dan asam. Terbuat dari mayones dan irisan bit, sejenis umbian berwarna violet tua cenderung kemerahan.

img_8788-1

8. RÖDKÅL

Daun kol berwarna merah yang biasanya ditumis bersamaan dengan Russin/raisin/kismis, ditambah Ljus Sirap/Light Syrup (sejenis gula sirup) dan air kaldu dari sisa rebusan Julskinka yang saya sebut di atas.

IMG_8795.JPG

9. GOBBRÖRA

Makanan ini juga lumayan banyak ditemukan di saat natal. Terbuat dari Gräddfil yaitu sejenis Sour CreamDill dan Ansjovois (ikan Sill dalam ukuran kecil). Ketiganya diaduk memakai tangan dengan tempo yang cepat. Lalu ditambahkan dengan irisan telur dan kentang rebus serta bawang merah. Baru diaduk pelan pelan.

IMG_8789.JPG

10. SOSIS

Kalau ini sepertinya sudah tidak asing ya, cukup membeli di supermarket. Dan di rumah tinggal ditumis dengan butter.

IMG_8800.JPG

11. ÄGGHALVOR (HALF EGG)

Telur yang sangat famous dikala natal ini sangat gampang membuatnya. Bentuknya simpel tapi sangat menarik. Terbuat dari telur rebus, kemudian kulitnya dibuang dan dibagi menjadi dua bagian (makanya disebut Ägghalvor/Halfegg). 

Permukaan telur diberi mayones, Räkor (sejenis udang) dan Kaviar. Untuk menambah aroma biasanya ditambahkan daun Dill segar. Tapi jika mau dibuat varian lain juga boleh.

IMG_9039.JPG

img_8856

12. JULMUST

Minuman musiman yang tidak setiap saat bisa dibeli. Hanya di bulan tertentu saja. Julmust sejenis softdrink yang sangat famous di Swedia dikala natal. Mirip Cocacola tapi tetap tak sama. Must memiliki rasa dan aroma yang khas. Konon selain gula dan carbonated water, ada kandungan rempah/spices di dalam minuman ini.

fullsizerender-10

Julmust mulai banyak dijual di bulan Nopember dan Desember. Selain itu, Must juga dijual menjelang Paskah. Rasanya sama aja sih, cuma beda di warna kemasan dan nama saja. Di saat Paskah dinamai Påskmust, dengan label kemasan berwarna kuning. Intinya minuman ini menjadi minuman pelengkap di saat natal dan Paskah.

 13. GLÖGG

Minuman lain yang tak kalah digemari di saat natal adalah Glögg. Minuman Red Wine dengan kandungan alkohol maupun non alkohol. Glögg sedikit berbeda dengan minuman red wine biasa, karena diramu dengan berbagai jenis rempah, seperti Cinnamon Stick (Kayu manis), Star Anise, biji cengkeh dll. Namun Glögg banyak juga tersedia di toko minuman, tinggal beli saja. Biasanya sebelum diminum, Glögg harus dihangatkan terlebih dahulu, lalu dicampur dengan biji almond dan raisin.

IMG_8806.JPG
Glögg dan gelas kecil, berikut almond dan raisin.

Ada sedikit sensasi ketika meminum Glögg, selain aroma rempahnya, campuran almond dan raisin memang pas dengan minuman ini. Di mulut ada yang dikunyah gitulah. Glögg biasanya diminum di dalam gelas berukuran kecil atau tidak terlalu besar.

14. KNÄCK

Knäck merupakan permen tradisional yang biasa disajikan sebagai cemilan dikala natal. Selain coklat tentunya. Berbahan dasar gula pasir, Ljus Sirap/Light Syrup (Sirup Gula), Krim, dimasak hingga mengental dan berwarna seperti karamel. Lalu ditambahkan almond cincang. Uniknya, permen ini tidak dibungkus plastik maupun kertas, melainkan langsung dituang ke dalam cetakan kertas kecil (seperti mini cup).

img_8837
Knäck. Enak!

Biasanya, menjelang natal, Knäck lumayan banyak dijual di pasar natal tradisional. Rasanya manis, gurih dan kenyal di mulut. Gue sukaaaaa banget permen ini. Setiap tahun wajib buat. Bahkan kadang, sebelum natal tiba, Knäck sudah habis gue makan. Termasuk suami tentunya. Hahahha.

img_8838
Knäck. Lucu ya bentuknya.

Sebenarnya masih ada jenis makanan lainnya, tapi gue cuma bisa menjelaskan yang kebetulan kami hidangkan di saat natal, dan memang jenis makanan ini yang paling umum disajikan. Selain roti, keju juga menjadi pelengkap penting di saat natal. Biasanya menjelang natal, keju Holland dengan bungkus plastik berwarna merah, menjadi keju sejuta umat. Banyak dijual soalnya. Pelengkap roti/smörgås atau makanan lainnya.

img_8860
Smörgås,  tidak hanya di saat natal, di hari biasa pun menjadi santapan yang sering dimakan. Bedanya di saat natal, Smörgås wajib diberi  irisan Julskinka. Baru kalau mau ditambahkan yang lain  silahkan. Sesuai selera. 

Barangkalai negara barat lain memiliki menu yang sama? Gue kurang tau pasti. Yang jelas, seperti itulah jenis makanan dan minuman natal yang biasa disajikan di Swedia.

See you in my next story.

Salam dari Mora,

Dalarna, Swedia.

“Semua foto di dalam tulisan ini merupakan dokumentasi pribadi ajheris.com. Dilarang menggunakan tanpa seijin yang bersangkutan”

23 Comments

  1. Gak kebayang masak segitu banyak dan macam” ka,tapi ko ya memang mereka tuh disana lebih suka masak sendiri mgkn ya ka,spt acara ulang tahun aja semua dari kue,pernak pernik dan makanan keluarga rick pasti bikin sendiri…apalagi klo acara natal lebih heboh,hehehehe….pengen cpt” pindah kesana jadinya 🙂🙂🙂

    Liked by 1 person

    1. Sebenarnya ada beberapa makanan yang bisa langsung dibeli, seperti rödbetssallad, salad buah, sill, cuma kalau buat sendiri memang lebih enak aja gitu ada kegiatan menyambut natalnya. Tar kabari ya kalau sudah move ke Sweden

      Liked by 1 person

      1. Oh gitu lebih berasa capenya juga ya ka,hehehe… Iya nanti aku pasti kabarin deh klo aku udah disana ,masih ada urusan yg harus dislesain dulu disini ka,berdoa smoga dilancarkan semuanya..🙂

        Liked by 1 person

  2. Love your pic hasian..sudah bisalah langsung cari klien 😉

    Iya ya mirip-mirip Danish ya makanannya..Yang Glogg itu juga disini sering disajikan…aku suka minumnya..diawal-awal aneh..tapi lama-lama nagih ya 🙂

    Like

    1. Bergetar jiwa mendengar kata klien ini. Hahahah… pengennya. Semoga kelak bisa lebih baiklah. Masih harus byk latihan. Btwy aku pengen panggang bebek. Tapi di Swedia kayanya kurang diminati. Nyaris tak dijual. Paling kalkun. Semua makanan orang ini awal awal “poning” kepalaku melihat. Serba geli dimulut. Sekarang langsung terhempas manjaahhh di mulut. Sukaaa kalipun. 😅😅😅😅

      Like

      1. Terhempas manjaaah 😀 wkwwkwk Aku suka makan KÖTTBULLARnya Swedish…Pergi ke Ikea buat makan itu 🙂 enak banget….

        Untungnya tradisi makan bebek ini cuma sekali setahun, kebayang tingginya kolesterolnya … 😀 kalau di Indonesia aku suka makan bebek goreng ..besoknya nyut nyut kepalaku 😀

        iyaloh..dah bisa nyari klien…seandainya dekat, kt bisa patner ya 🙂 jadi tim..jauh kalipun dirimu 😀

        Like

      2. Aku sering masak Köttbullar. Pakai daging rusa. Lebih enak dan manis. Dagingnya berasa. Aku harus ke Stockholm baru bisa makan bebek puas. Di resto asia. Iya ya, coba dekat kita, uda bisa ketemu dan kombur hahahha

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s