Siomay Bakso Goreng

Bingung mau namai apa. Dibilang bakso boleh, Siomay juga boleh. Karena bahan yang gue gunakan memang mirip membuat Siomay. Jadi karena bentuknya bulat, gue gabung aja deh jadi Siomay Bakso. Hahaha.

IMG_8318

Ini enak sih, menurut gue ya. Gurih dan berasa banget rasa daging ayam dan udangnya. Ngebuatnya gampang bangetlah. Tinggal cemplungin aja semua.

IMG_8332

Bahan Siomay:

  • 500 gr daging ayam giling
  • 250 gr udang segar (haluskan)
  • 15 gr daun bawang, iris tipis
  • 1 butir telur
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 1/2 sdt merica bubuk
  • 1-1 1/2 sdm minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Sedikit penyedap (optional)
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Saos Kacang:

  • 85 gr kacang tanah yang sudah digoreng
  • 50 ml minyak jagung (bisa minyak lain juga)
  • 2 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah
  • 1 sdm gula merah iris
  • 2 sdm kecap manis
  • 300 ml air (kekentalan sesuai selera)
  • 3 lembar daun jeruk nipis
  • Minyak untuk menumis

Pelengkap :

  • Jeruk limau
  • Sambel rawit
  • Saos
  • Bawang goreng

1C3E513E-A902-401E-8858-C4E6FB6F05BC

Cara membuat:

  • Campur semua bahan Siomay menjadi satu. Saran gue, daging dan udang usahakan benar benar dingin agar pas diaduk tidak lembek.
  • Lalu bentuk seperti bakso
  • Goreng di minyak panas dengan api sedang, setelah berubah warna angkat dan sisihkan.
  • Kalau mau digoreng pake lapis tepung yang diberi air, bubuk merica dan bawang putih juga boleh.
  • Untuk saos kacang, tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan
  • Tumis di api kecil
  • Tambahkan daun jeruk ke tumisan
  • Lalu beri air
  • Kemudian masukkan kacang yang sudah dihaluskan
  • Aduk pelan hingga rata
  • Lalu masukkan kecap dan gula merah
  • Biarkan sampai air berkurang dan mengental berminyak
  • Beri sedikit garam (tes rasa dulu)
  • Lalu sajikan Siomay dengan taburan saos dan bahan pelengkap.

IMG_8333 (1)

88F8CFA7-42A4-47D0-B95A-646C35451279

SELAMAT MENCOBA

Salam dari Swedia.

“Semua foto di dalam tulisan ini merupakan dokumentasi ajheris.com”

11 Comments

    1. Bumbu kacang itu ga gitu sulit kok Fa. Intinya kacang cenderung cepat mengental. Jadi kalau misalnya dirimu merasa terlalu cair di awal awal, dont worry. Sabar aja sampai air berkurang. Asal api kecil. Dan ga perlu sampai tunggu kental banget baru matikan kompor. Karena kalau dingin, kuah pasti cepat menggumpal. Selamat mencoba ya Fa😊

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s