Jumat Sore di M/S Waxholm III

Setiap tahun, rasanya wajib buat gue dan suami, menikmati berbagai jenis menu tradisional, yang disajikan secara prasmanan di jamuan Julbord (Christmas Table). Untuk lebih jelasnya, silahkan baca di sini mengenai tradisi Julbord di Swedia. 

Kali ini kami mencoba menikmati Julbord dengan suasana yang sedikit berbeda. Di kota Stockholm, tepatnya di sebuah restoran kapal. Sengaja memilih kota ini, karena berdua suami, ingin melewati indahnya weekend di Stockholm. Dengan asumsi, menjelang perayaan natal, pasti banyak ornamen natalnya. Jadi sambil menikmati sajian Julbord, sekaligus melihat semarak kota dan sekitarnya. Maklumlah, anak desa 🙂

Sebenarnya, kami ingin menikmati Julbord di malam hari, berhubung penuh, akhirnya suami membooking meja untuk pukul 2 siang. Dan setelah dipikir pikir, waktunya lumayan cocok, karena bisa menikmati keindahan Stockholm  baik di saat terang maupun gelap. Buat gue, melihat gemerlap lampu di saat winter sangatlah tepat. Kilaunya setajam silet. Syeettttttt!!

img_7650
Table Decoration

Ada beberapa kapal yang mengadakan acara Julbord hari itu, tapi kami memutuskan memilih M/S Waxholm III. Kapal yang tidak terlalu besar tapi lumayan nyaman. Tepat pukul 2 siang, kami masuk ke dalam kapal. Ketika pegawai memperlihatkan meja, senang sekali rasanya. Karena dari sekian meja yang ada, gue dan suami dipilihkan meja yang hanya untuk kami berdua, tidak gabung dengan orang lain. Dan letaknya juga paling pojok. Wah, ini area yang lumayan cocok untuk melancarkan aksi foto foto tanpa rasa gusar. Tau aja kalau gue punya niat mulia. Setidaknya privacy sedikit terlindungi. Maaf, ini penting banget soalnya. Hahaha.

Kalau ga salah, ada sekitar 15 sampai 20 menit kami menunggu, sampai kapal bergerak meninggalkan dermaga. Lumayan lapar sih, karena sebelumnya kami sengaja tidak makan siang. Biar puas menikmati menunyalah. Sebelum kapal bergerak, gue menyempatkan waktu untuk mengambil  beberapa foto ala photographer nyasar. Haseeek…lumayan buat pamerin di blog.

IMG_7654.JPG

IMG_7651.JPG

Seperti yang pernah gue tulis sebelumnya, ketika berada di Julbord, disarankan terlebih dahulu menyantap menu olahan ikan. Tidak terkecuali dengan Julbord di Waxholm III, setiap meja sengaja diberi catatan kecil berisi aturan menyantap menu Julbord yang ideal itu seperti apa. Dimulai dan ditutup dengan jenis makanan apa saja.  Mengapa disarankan demikian, gue sudah jelasin di tulisan sebelumnya.

img_7708
Catatan kecil di meja tentang cara ideal memulai santapan menu Julbord. Dimulai dari jenis ikan bernama Sill.

M/S Waxholm III mengenakan harga sekitar 750 Sek perorang. Tapi worth it dengan kepuasan batin yang didapat. Setidaknya buat kami berdua, gue dan suami. Sebelum menyantap menu, kami diberi suguhan Glögg,  minuman tradisional natal yang bercitra rasa dan beraroma rempah, berisi kacang almond dan russin.

img_7652
Minuman khas natal Glögg

Dan tidak lama,  satu persatu menu Julbord dengan manis meluncur di mulut. Hmmm lezat sekali. Sesekali melihat view di luar kapal. Meskipun masih terbilang sore, suasana di luar sudah terlihat gelap. Kilau lampu merubah Stockholm terlihat semakin cantik.

img_7653
Menu olahan ikan. Ini enak banget
img_7655
Menu olahan daging, plus salad dan kentang
img_7656
Menu olahan daging

Secara keseluruhan menu yang disajikan memang enak, terutama olahan ikannya. Biasanya gue hanya memilih olahan ikan salmon, tapi kali ini jenis ikan lain pun gue coba, dan itu gue akui memang enak. Tapi ada beberapa menu yang masih kalah rasa, jika gue bandingkan dengan restoran yang sudah pernah kami coba sebelumnya. Untuk dessert, M/S Waxholm III memang menampilkan berbagai jenis cake, coklat, puding dalam banyak varian. Meskipun tidak semuanya bercitra rasa sempurna.

IMG_7657.JPG
Desserts

Tapi yang jelas, kami sangat menikmati waktu di dalam kapal. Makan enak sambil melihat keindahan Stockolm di saat winter. Buat penikmat makanan non halal, quality time seperti ini bisa menjadi pilihan ketika berada di Stockholm, khususnya di bulan Desember. Jika ingin melihat dan menikmati berbagai jenis makanan tradisional Swedia dalam waktu yang bersamaan, datanglah ke Julbord.  Apalagi diadakan di kapal seperti M/S Waxholm ini, tentu memberi nuansa hiburan yang sedikit berbeda. See you in my next story.

img_7662
View di luar kapal
IMG_7661.JPG
View di luar kapal
img_7658
View di luar kapal

 

Salam dari Mora,

Dalarna, Swedia

“Semua foto di dalam tulisan ini adalah dokumentasi pribadi ajheris.comDilarang menggunakan tanpa seijin yang bersangkutan”

8 Comments

    1. Semua tergantung cuaca sih win. Summer pun bisa dingin. Ga ada jaminan untuk ga pakai jaket meskipun bukan winter. Cuma ketebalan jaket beda beda. Dan yang jelas sih ga sedingin pas winter ya. Apalagi Stockholm suka berangin cuacanya jadi spring summer pun suka dingin

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s