Semarak “Art Nouveau” di Kota Riga Latvia

Art Nouveau (New Art) merupakan karya seni yang sangat populer antara abad 19 hingga 20, tepatnya di era tahun 1890 dan 1910. Art Nouveau tidak hanya meliputi seni Arsitektur, melainkan juga Design Interior (dekorasi), dan Gaya Art Internasional (termasuk seni musik, teather, lukisan, ukiran, hingga pahatan). Art Nouveau sendiri sangat identik dengan bentuk bentuk meliuk dan lengkungan yang terinspirasi dari alam, seperti tanaman dan bunga bunga.

IMG_6850

IMG_6849
Beberapa contoh arsitektur bangunan dengan motif Art Nouveau di setiap relief dindingnya

Sehingga tidak heran, jika jenis seni yang satu ini sering memadupadankan anggota tubuh manusia dengan liukan tanaman dan bunga. Karya seni Art Nouveau sebenarnya lumayan mudah dikenali di kehidupan sehari hari. Mulai dari motif di gelas, piring, taplak meja, lemari, karpet, lukisan dinding, bingkai foto, tissue, pot bunga, wallpaper, corak kursi/sofa dan masih banyak lagi. Terkhusus barang antik, biasanya bentuk lengkungan dan liukan Art Nouveau sangat mudah didapati. Karena seperti yang gue sebut di atas, karya seni ini tidak hanya terbatas pada arsitektur bangunan, tapi juga design interior dan model art yang lebih universal.

IMG_7102

IMG_6845

IMG_6859
Kompilasi bentuk Art Nouveau

Sejujurnya, pemahaman akan Art Nouveau baru benar benar gue mengerti setelah memasuki gedung museum Art Nouveau di kota Riga Latvia. Di dalamnya terdapat berbagai macam benda Art Nouveau dengan corak dan bentuk yang sangat mudah dipahami. Khas sekali. Untuk lebih memudahkan, bisa dilihat dari gambar gambar yang gue posting ya.

IMG_7101

IMG_6854
Detail Art Nouveaunya cantik banget. Sampai besi balkonnya juga bergaya Art Nouveau

Kota Riga lumayan terkenal memiliki banyak bangunan berarsitektur Art Nouveau. Setidaknya, 30 persen bangunan Art Noveau berdiri di pusat kota ini. Riga adalah “salah satu” kota yang  memiliki bangunan bergaya Art Nouveau terbanyak di Eropa. Terutama di dua kawasan jalan bernama Alberta dan Elizabetesyang mana kedua jalan ini pun akhirnya ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata di kota Riga.

IMG_6863

IMG_6856

Di kawasan jalan Alberta dan Elizabetes inilah, bisa dilihat betapa kuatnya pengaruh Art Nouveau terhadap arsitektur bangunan di pusat kota Riga dulunya. Sehingga tak heran, dari kedua jalan tersebut, tepatnya di kawasan Alberta, berdiri museum Art Nouveau, yang lagi lagi bangunannya juga bergaya Art Nouveau. Gue sangat merekomen museum ini. Cantik!

IMG_6819
Museum Art Nouveau. Di dalamnya cantik banget semua. Nuansa abad ke 19 sangat kental berasa. Karpet di lantai bermotif Art Nouveau, bingkai foto, semuanya detail menampilkan nuansa Art Nouveau
IMG_6812
Wallpaper Art Nouveau. Jaman sekarang pun motif ini masih dipakai
IMG_6832.jpg
Ini gue foto dari lantai dasar museum. Sebuah tangga di museum yang meliuk berbentuk lingkaran. Lengkap dengan liukan gambar gambar khas Art Nouveau. Sampai pagar besi di tangganya pun bermotif Art Nouveau

IMG_6834.jpg

Dalamnya penuh dengan benda benda yang sudah pasti bernuansa Art Nouveau. Mulai dari tangga museum yang meliuk dari bawah hingga atas, para pegawai yang berpakaian abad ke 19, peralatan rumah tangga, koleksi porcelain, duh bikin gemes.

IMG_6808
Berbagai koleksi porcelain yang aduh duh duh menggemaskan. Corak Art Nouveaunya beneran membuat kalap pengen nyolongin. Hahaha
IMG_6803
Nih, design Art Nouveau di salah satu tea cup porcelain

Dari sinilah gue baru menyadari, benda benda yang sering gue lihat di rumah, ternyata bagian dari Art Nouveau. Contoh kecil, seperti tea cup dan karpet motif bunga, pegangan besi pada laci atau pintu lemari dengan ukiran meliuk. Itu familiar banget kan.

IMG_6806
Hayoo, karpet motif gini familiar banget kan! Demikian juga dengan teko dan kotak kaleng di bawah ini. Penggemar barang antik pasti familiar dengan coraknya

Berada di dalam museum sempat membuat gue terheran, tepatnya katrok. Jadi pas melewati sebuah kaca, tiba tiba muncul seorang pria mengenakan jas, sambil berjalan. Muncul, berjalan dan menghadap ke depan kaca tepatnya.  Sambil bilang “selamat datang”.

IMG_6813

IMG_6823
Lemari dengan ukiran melengkung, tempat lilinnya juga. Akrab banget di mata model yang beginian. Gantungan lampu di bawah ini juga, mirip lampu lampu antik di keraton jawa

Awalnya gue berpikir, kok bisa pas banget sih timingnya ngomong selamat datang. Pas gue lewat pula. Nah, ga lama kemudian, masuk lagi turis lain. Eh, dia nongol lagi dong dan ngucapin kalimat yang sama. Si turis itu juga sama katroknya dengan gue, mereka juga terlihat kaget dan bingung. Alhasil kami jadi liat liatan. Hahaha.

IMG_6814
Hadeh, jatuh cinta dengan sofa ini. Motif Art Nouveaunya bagus banget. Dan taplak meja itu dong, motifnya akrab di mata. Emak gue dulu suka model taplak meja mirip kayak gini. Hahaha

IMG_6815

IMG_6818

Gue kurang tau pasti, sepertinya ada alat sensor di sekitar ruangan. Mungkin dipasang di dekat kaca. Daripada penasaran, gue pun mencoba melewati kaca itu lagi dan berdiri pas di depannya. Ehhh dia muncul dan lagi lagi bilang “selamat datang”. Tuh kan, kayaknya memang ada sensornya. Niat banget kan gue, sampai ngetes kayak gitu. Kurang katrok apa coba. Hahaha.

IMG_6811

IMG_6810

Demikian juga di ruangan lain, ada kaca yang kalau kita mendekat di jarak tertentu, muncul dua orang wanita berpakaian abad ke 19. Bergerak gerak. Jadi serasa nonton film horor Noni Belanda gitu deh. Hahaha.

IMG_6801

IMG_6796
Studio photo, kamera pas di atas pintu dan dinding dindingnya penuh dengan foto abad ke 19 hingga 20

Nah, di museum ini juga tersedia studio foto. Sederhana dan praktis. Dengan merogoh kocek 2 euro, kita sudah bisa memilih pakaian ala abad ke 19 lengkap dengan topi bulu bulu melambai manja. Tinggal ikuti petunjuk. Pertama scan barcot pembayaran di mesin yang tersedia, langsung duduk manis, dan……cekrek!

Otomatis kamera di atas dinding menyala. Udah deh, tinggal print. Dapat 4 buah foto. Satu foto bisa langsung di print di museum, dan tiga foto lainnya bisa di email ke alamat email yang kita sertakan. Mayanlah, buat seru seruan. Kalau mau beli souvenir bermotif Art Nouveau juga bisa. Seperti gambar di bawah ini.

IMG_6829
Souvenir bermotif Art Nouveau
IMG_6792
Museum Art Nouveau di jalan Alberta

To be Continued…

“Semua foto adalah dokumentasi pribadi ajheris.com”

4 Comments

  1. Benar2 smarak skli museumnya, hampir speechless sya. Kece abis.
    Nuansa Art Nouveau nya trasa banget, aplgi klau liat lngsung, bisa makin melongo saya.

    Oya, posnya kok sprti double ya…??

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s