Brioche Bread (Memakai Starter Sourdough)

Ngebaking dengan menggunakan starter sourdough, sudah menjadi hobby gue belakangan ini. Dan sejauh ini roti yang gue bikin kebanyakan berjenis artisan bread. Kebetulan suami gue suka banget jenis roti artisan crusty bread. Selain cara pembuatan yang simple dan no knead, bahannya pun tidak banyak. Cuma tepung, garam dan air.

IMG_9394

Mendekati dua bulan ngebaking roti dengan menggunakan starter sourdough, akhirnya keinginan mencoba jenis roti lain pun semakin besar. Pengen nyobain roti softbuns mandarin dan croissant menggunakan starter sourdough. Pokoknya resep yang ada kandungan ragi instannya pengen gue ganti dengan sourdoughlah ceritanya.

Tapi ya itu, sejauh ini belum terealisasi 100 persen mengingat proses fermentasi adonan berbahan sourdough relatif lama kan. Paling yang sudah berhasil dieksekusi adalah sandwich bread dan brioche ini.

IMG_9409.jpg

IMG_9413

Brioche yang gue buat lumayan sederhana bentuknya. Mirip roti sobek. Menjadi istimewa karena dibuat tanpa ragi instan. Gue cuma menggunakan starter atau biang sourdough yang gue buat sendiri beberapa bulan lalu. Resepnya dapat dari seorang teman yang sama sama punya hobby ngebaking. Cuma resepnya gue modifikasi sedikit takaran dan sistem proofingnya. Terkhusus penggunaan air dalam adonan roti mengingat  starter sourdough yang gue bikin mengandung 100 persen hydration..

IMG_9401

IMG_9405

Hasilnya sungguh di luar dugaan gue. Lembut dan harum. Duh enak banget deh. Harum adonan bercampur sourdough semakin lama semakin cihuyy di hidung gue. Emang beda aromanya. Segar.

Amazing aja rasanya bisa melihat hasil roti begitu montok tanpa mengunakan ragi instan. Meskipun emang lama ya proofingnya.

IMG_9410.jpg

IMG_9408

Setiap kali melihat hasil kerja sourdough, reaksi gue ga pernah santai. Pasti suka lebay. Teriak sendiri. Apalagi dapat hasil yang seratnya halus banget seperti si Brioche ini.

Jika tidak tertarik menggunakan sourdough, bisa diganti ragi instan. Paling penggunaan raginya tidak banyak. Sekitar 3/4 sendok teh saja.

IMG_9396

Kalau mau hasil roti lebih lembut, penggunaan ragi instan jangan terlalu banyak. Adonan akan slow proofing. Roti juga tidak gampang keras. Sebisa mungkin pada saat proofing masukin kulkas dan biarkan overnight. Jadi proofingnya lumayan lama. Brioche ini gue bikin dengan metode seperti itu. Termasuk beberapa roti lainnya juga. Jadi meskipun sudah dingin dan berhari, tekstur roti lumayan tidak banyak berubah.

IMG_9398

Adonan yang  proofingnya cepat biasanya hanya lembut di awal. Apalagi rBegitu dingin dan berhari biasanya cenderung kering dan agak keras.

Resep Brioche ini akan gue share di instagram @dapursicongok. Semisal ada yang tertarik pengen bikin, bisa tulis di komen. Nanti gue copas resepnya di sini.

https://www.instagram.com/p/BboMbYfA__D1cMfancDrSzCGiaHKmHIPKUT9qc0/?taken-by=my_name_helena

IMG_9407 (1).jpg

https://www.instagram.com/p/BboMbYfA__D1cMfancDrSzCGiaHKmHIPKUT9qc0/?taken-by=my_name_helena

https://www.instagram.com/p/BboMbYfA__D1cMfancDrSzCGiaHKmHIPKUT9qc0/?taken-by=my_name_helena

https://www.instagram.com/p/BboMbYfA__D1cMfancDrSzCGiaHKmHIPKUT9qc0/?taken-by=my_name_helena

4 Comments

    1. Sebenarnya cuma dibulatin biasa aja kok mba. Cuma ngatur jaraknya dan proofing harus pas hasilnya. Makanya bisa terlihat rapi. Sama kok mba kita, aku juga masih awam hahhaa. Otodidak aja

      Like

Leave a comment