Sate Padang Memang Juara!

Yaiiiii!

Nyate lagi………….!

Kali ini gue bikin sate kesukaan. Sate Padang.

Meskipun sedikit ribet dibanding ngebikin sate kacang, tapi begitu sepiring sate padang di tangan lengkap dengan hempasan aroma bawang gorengnya, onde mande udaaaa……sodap nian pun.

Pertama ngebuat sate padang sekitar 3 tahun lalu. Cuma waktu itu masih sangat apa adanya. Pake bumbu standard. Kali ini gue bikin lumayan lengkap. Apalagi yang namanya Jinten dan biji Kapulaga ternyata ada dijual di supermarket Swedia. Modal translate di aplikasi, nemu deh namanya. Hahaha.

IMG_1177

Ayo, bikin sate padang ala kamu sendiri. Lebih puas. Kuahnya bikin sampai tumpah ruah. Hahaha.

Bahan Daging dan air :

  • 500 gr daging sapi segar
  • 1500 ml air

Bahan Bumbu Halus 1 :

  • 1 1/2 sdm cabe merah giling
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • 1 1/2 cm kunyit

Bahan Bumbu Halus 2 :

  • 1 sdt merica butir
  • 1 sdt jinten
  • 1 sdt biji kapulaga
  • 3/4 sdm ketumbar biji

Bahan Bumbu Non Halus :

  • 10 butir cengkeh
  • 2 butir bunga lawang
  • 3 batang serai, geprak
  • 2 ruas ukuran jempol tangan lengkuas, geprak
  • 1 buah asam kandis
  • 5 lembar daun jeruk nipis

Bahan bumbu lain :

  • 3/4 sdm kayu manis bubuk
  • 1 1/2 sdm bumbu kari siap jadi atau bubuk kari kering

Bahan Tepung :

  • 70-75 gr tepung beras

Bahan bahan lain dan pelengkap :

  • Secukupnya tusuk sate, rendam terlebih dahulu kurang lebih 1 jam
  • Secukupnya lontong beras
  • Secukupnya bawang goreng
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak untuk menumis dan membakar
  • Secukupnya penyedap rasa (untuk sate padang sepertinya memang pakailah ya, lebih nancep…hahaha)
  • Secukupnya daun pisang sebagai alas di piring
  • Secukupnya arang

Cara Membuat :

  • Siapkan 1500 ml air di wadah
  • Tambahkan satu ruas lengkuas, 1 buah bunga lawang, satu batang serai, secukupnya garam dan masukkan daging
  • Rebus di api sedang kurang lebih 30 menit.
  • Tiriskan dan biarkan dingin
  • Potong dadu, jangan terlalu tebal
  • Sisihkan
  • Siapkan Bumbu
  • Haluskan bumbu 1 dan bumbu 2 secara terpisah
  • Lalu tumis dengan minyak di api sedang
  • Masukkan bumbu Non Halus dan bumbu lain (lihat bahan bahan ya)
  • Tambahkan daging yang sudah dipotong potong
  • Tambahkan 200 ml air dari sisa rebusan daging
  • Aduk sebentar lalu tutup
  • Sesekali boleh dibuka dan aduk lagi
  • Masak kurang lebih 45 menit agar daging lebih lembut (tergantung jenis dagingnya sih)
  • Menjelang 30 menit matang, tambahkan asam kandis. Jadi ga perlu di awal masukin asamnya. Biar rasanya ga asam banget. Kalau gue, setelah matang asamnya gue keluarin lagi dan buang. Ini sesuai selera aja sih
  • Lalu keluarkan daging dari kuali secara pelan pelan dengan sendok
  • Biarkan dingin dan mengering sendiri. Lalu tusuk daging ke tusukan lidi
  • Siapkan saos
  • Ambil 500 ml air dari sisa rebusan daging
  • Masukkan ke dalam sisa bumbu tumisan
  • Saring
  • Lalu ambil secukupnya air yang sudah disaring tadi dan campur ke dalam tepung
  • Aduk rata hingga tidak bergerindil
  • Campur kembali ke dalam sisa air tumisan
  • Masak di api kecil
  • Aduk aduk terus jangan ditinggal
  • Menjelang mengental, aduknya agak dicepetin biar tidak bergumpal
  • Biarkan sampai mengental dengan konsistensi jika dituang tidak lengket
  • Matikan kompor
  • Siapkan bahan bakaran arang
  • Olesi daging dengan sedikit minyak
  • Bakar di atas arang
  • Sebentar saja, asal aroma bakarannya keluar. Karena daging sudah matang  sebelumnya.
  • Siapkan irisan lontong dan taruh di atas piring berlapis daun pisang
  • Susun sate di atasnya
  • Tuang saos secukupnya
  • Beri taburan bawang goreng
  • Selamat mencoba
  • Nom nom nom

IMG_1176

IMG_1174

Salam dari

Swedia