Sate Padang Memang Juara!

Yaiiiii!

Nyate lagi………….!

Kali ini gue bikin sate kesukaan. Sate Padang.

Meskipun sedikit ribet dibanding ngebikin sate kacang, tapi begitu sepiring sate padang di tangan lengkap dengan hempasan aroma bawang gorengnya, onde mande udaaaa……sodap nian pun.

Pertama ngebuat sate padang sekitar 3 tahun lalu. Cuma waktu itu masih sangat apa adanya. Pake bumbu standard. Kali ini gue bikin lumayan lengkap. Apalagi yang namanya Jinten dan biji Kapulaga ternyata ada dijual di supermarket Swedia. Modal translate di aplikasi, nemu deh namanya. Hahaha.

IMG_1177

Ayo, bikin sate padang ala kamu sendiri. Lebih puas. Kuahnya bikin sampai tumpah ruah. Hahaha.

Bahan Daging dan air :

  • 500 gr daging sapi segar
  • 1500 ml air

Bahan Bumbu Halus 1 :

  • 1 1/2 sdm cabe merah giling
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • 1 1/2 cm kunyit

Bahan Bumbu Halus 2 :

  • 1 sdt merica butir
  • 1 sdt jinten
  • 1 sdt biji kapulaga
  • 3/4 sdm ketumbar biji

Bahan Bumbu Non Halus :

  • 10 butir cengkeh
  • 2 butir bunga lawang
  • 3 batang serai, geprak
  • 2 ruas ukuran jempol tangan lengkuas, geprak
  • 1 buah asam kandis
  • 5 lembar daun jeruk nipis

Bahan bumbu lain :

  • 3/4 sdm kayu manis bubuk
  • 1 1/2 sdm bumbu kari siap jadi atau bubuk kari kering

Bahan Tepung :

  • 70-75 gr tepung beras

Bahan bahan lain dan pelengkap :

  • Secukupnya tusuk sate, rendam terlebih dahulu kurang lebih 1 jam
  • Secukupnya lontong beras
  • Secukupnya bawang goreng
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak untuk menumis dan membakar
  • Secukupnya penyedap rasa (untuk sate padang sepertinya memang pakailah ya, lebih nancep…hahaha)
  • Secukupnya daun pisang sebagai alas di piring
  • Secukupnya arang

Cara Membuat :

  • Siapkan 1500 ml air di wadah
  • Tambahkan satu ruas lengkuas, 1 buah bunga lawang, satu batang serai, secukupnya garam dan masukkan daging
  • Rebus di api sedang kurang lebih 30 menit.
  • Tiriskan dan biarkan dingin
  • Potong dadu, jangan terlalu tebal
  • Sisihkan
  • Siapkan Bumbu
  • Haluskan bumbu 1 dan bumbu 2 secara terpisah
  • Lalu tumis dengan minyak di api sedang
  • Masukkan bumbu Non Halus dan bumbu lain (lihat bahan bahan ya)
  • Tambahkan daging yang sudah dipotong potong
  • Tambahkan 200 ml air dari sisa rebusan daging
  • Aduk sebentar lalu tutup
  • Sesekali boleh dibuka dan aduk lagi
  • Masak kurang lebih 45 menit agar daging lebih lembut (tergantung jenis dagingnya sih)
  • Menjelang 30 menit matang, tambahkan asam kandis. Jadi ga perlu di awal masukin asamnya. Biar rasanya ga asam banget. Kalau gue, setelah matang asamnya gue keluarin lagi dan buang. Ini sesuai selera aja sih
  • Lalu keluarkan daging dari kuali secara pelan pelan dengan sendok
  • Biarkan dingin dan mengering sendiri. Lalu tusuk daging ke tusukan lidi
  • Siapkan saos
  • Ambil 500 ml air dari sisa rebusan daging
  • Masukkan ke dalam sisa bumbu tumisan
  • Saring
  • Lalu ambil secukupnya air yang sudah disaring tadi dan campur ke dalam tepung
  • Aduk rata hingga tidak bergerindil
  • Campur kembali ke dalam sisa air tumisan
  • Masak di api kecil
  • Aduk aduk terus jangan ditinggal
  • Menjelang mengental, aduknya agak dicepetin biar tidak bergumpal
  • Biarkan sampai mengental dengan konsistensi jika dituang tidak lengket
  • Matikan kompor
  • Siapkan bahan bakaran arang
  • Olesi daging dengan sedikit minyak
  • Bakar di atas arang
  • Sebentar saja, asal aroma bakarannya keluar. Karena daging sudah matang  sebelumnya.
  • Siapkan irisan lontong dan taruh di atas piring berlapis daun pisang
  • Susun sate di atasnya
  • Tuang saos secukupnya
  • Beri taburan bawang goreng
  • Selamat mencoba
  • Nom nom nom

IMG_1176

IMG_1174

Salam dari

Swedia

Summer, Saatnya Nyateeeeee!

Summer buat gue sama artinya dengan Ngegrill….!

Berhubung gue tinggalnya di kawasan pedesaan, halaman rumah juga lumayan luas, ngegrill di halaman menjadi salah satu kegiatan favorite.

Dan tentu saja, kesempatan ngegrill ala anak bangsa pun terbuka lebar. Tee….sateeeeee!

Meskipun bisa dipanggang di dalam oven, tetap aja yang namanya sate lebih asoi jika dibakar barengan asap arang. Aromanya lebih yuhuii.

Salah satu sate yang selalu gue bikin di saat summer adalah sate kacang. Kebetulan suami gue suka. Dia memang penggila makanan yang berbau kacang.

IMG_9759.jpg

Bayangin aja, kemiri pernah dimakan karena dia pikir kacang. Kacang versi Indonesia katanya. Hajab kan. Hahaha.

Untuk sate kacang versi gue, gampang kok ngebuatnya, kebetulan ada beberapa followers di Instagram yang sudah mencoba dan syukurlah kata mereka cocok resepnya.

IMG_9761.jpg

Bahan Sate :

  • 650 gr daging ayam filet (potong dadu kecil. Lalu rendam dengan garam, sedikit merica bubuk dan minyak selama 1/2 jam).
  • Tusuk sate (rendam selama 1 jam dulu dengan air)

Bahan Saos :

  • 150 gr kacang tanah (goreng dan haluskan. Bisa paka blender juga)
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk nipis
  • 2 sdm penuh kecap manis
  • 30 gr gula merah
  • garam secukupnya
  • 500-600 ml air (kekentalan sesuai selera)

Bahan pelengkap :

  • Lontong
  • Jeruk Limau
  • Bawang goreng
  • Sambel rawit

Cara membuat :

  • Siapkan bumbu saos
  • Haluskan bawang, lalu tumis dengan sedikit minyak, beri air, kacang, garam, dan jeruk nipis, gula merah dan kecap. Masak di api kecil.
  • Aduk sesekali, dan masak hingga relatif mengental dan terlihat mengkilat berminyak
  • Sisihkan
  • Siap bahan sate
  • Tusuk sate ke tusukan
  • olesi dengan sedikit saos kacang
  • Bakar di atas arang atau di dalam oven
  • Setelah matang, susun di piring bersama lontong
  • Lalu tuang saos kacang secukupnya
  • Beri bahan pelengkap lainnya seperti sambel, limau dan jangan lupa taburan bawang merah.
  • Selamat mencoba
  • Untuk Lontong cara membuatnya juga gampang. Gue cuma pake alumunium foil. Gue gulung pake Rolling Pin, ujungnya direkat seperti pita permen. Lalu masukin beras yang sudah dicuci dengan ukuran setengah bagian panjang ukuran lontong yang dimau. Baru rekat lagi bagian ujungnya. Rebus kurang lebih 2 jam. Lalu tiriskan dan biarkan dingin baru dipotong. Berasnya juga gue ga pake rendam dolo, jadi jadi aja tuh. Hahaha.

Salam dari

Swedia