Siomay Bakso Goreng

Bingung mau namai apa. Dibilang bakso boleh, Siomay juga boleh. Karena bahan yang gue gunakan memang mirip membuat Siomay. Jadi karena bentuknya bulat, gue gabung aja deh jadi Siomay Bakso. Hahaha.

IMG_8318

Ini enak sih, menurut gue ya. Gurih dan berasa banget rasa daging ayam dan udangnya. Ngebuatnya gampang bangetlah. Tinggal cemplungin aja semua.

IMG_8332

Bahan Siomay:

  • 500 gr daging ayam giling
  • 250 gr udang segar (haluskan)
  • 15 gr daun bawang, iris tipis
  • 1 butir telur
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 1/2 sdt merica bubuk
  • 1-1 1/2 sdm minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Sedikit penyedap (optional)
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Saos Kacang:

  • 85 gr kacang tanah yang sudah digoreng
  • 50 ml minyak jagung (bisa minyak lain juga)
  • 2 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah
  • 1 sdm gula merah iris
  • 2 sdm kecap manis
  • 300 ml air (kekentalan sesuai selera)
  • 3 lembar daun jeruk nipis
  • Minyak untuk menumis

Pelengkap :

  • Jeruk limau
  • Sambel rawit
  • Saos
  • Bawang goreng

1C3E513E-A902-401E-8858-C4E6FB6F05BC

Cara membuat:

  • Campur semua bahan Siomay menjadi satu. Saran gue, daging dan udang usahakan benar benar dingin agar pas diaduk tidak lembek.
  • Lalu bentuk seperti bakso
  • Goreng di minyak panas dengan api sedang, setelah berubah warna angkat dan sisihkan.
  • Kalau mau digoreng pake lapis tepung yang diberi air, bubuk merica dan bawang putih juga boleh.
  • Untuk saos kacang, tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan
  • Tumis di api kecil
  • Tambahkan daun jeruk ke tumisan
  • Lalu beri air
  • Kemudian masukkan kacang yang sudah dihaluskan
  • Aduk pelan hingga rata
  • Lalu masukkan kecap dan gula merah
  • Biarkan sampai air berkurang dan mengental berminyak
  • Beri sedikit garam (tes rasa dulu)
  • Lalu sajikan Siomay dengan taburan saos dan bahan pelengkap.

IMG_8333 (1)

88F8CFA7-42A4-47D0-B95A-646C35451279

SELAMAT MENCOBA

Salam dari Swedia.

“Semua foto di dalam tulisan ini merupakan dokumentasi ajheris.com”

Risoles Goreng

Untuk resep, gue agak malas cuap cuap banyak. Langsung ajalah yak!

IMG_4461

Bahan Kulit :

  • 250 gr tepung terigu protein rendah
  • 2 sdm tepung sagu (gue pakai sagu tani)
  • 1 sdt garam
  • 1 buah telur utuh
  • 500 ml air
  • 2 sdm minyak (gue pakai minyak jagung)

Bahan Isi:

  • 2 buah wortel, kupas, potong dadu kecil
  • 6 buah kentang ukuran sedang, potong dadu kecil
  • 2 batang daun bawang, iris iris
  • 2 siung bawang putih ukuran sedang, cincang halus
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt bumbu bubuk kaldu (gue pakai knor)
  • Segenggam tangan udang halus kering (ebi)
  • 1 butir telur
  • garam
  • Minyak
  • 2 sdm air

Bahan Olesan :

  • 2 buah telur, kocok lepas
  • Seperlunya tepung panir/tempura (taruh di piring lebar)

IMG_4460

IMG_4463

CARA MEMBUAT:

Siapkan bahan isi. Panaskan minyak, lalu tumis ebi hingga harum. Kemudian masukkan bawang putih. Setelah benar benar harum, beri wortel dan kentang, aduk rata disusul 2 sdm air. Tabur merica, bumbu kaldu dan garam. Lalu tutup sebentar. Setelahnya masukkan daun bawang, aduk rata dan terakhir tambahkan telur. Aduk rata lagi. Matang, sisihkan hingga dingin.

Lanjut bahan Kulit. Campur terigu dan sagu tani serta garam. Aduk rata. Masukkan telur, aduk dan tuang air sedikit demi sedikit. Sambil terus diaduk. Kemudian beri minyak. Aduk terus sampai tidak bergerindil. Dan terakhir saring. Sisihkan.

Panaskan teflon ANTI LENGKET (kudu). Olesi sedikit minyak. Lalu tuang adonan kulit sebanyak satu sendok sayur atau sop. Ketika menuang, pegang tangkai teflon dan langsung goyang memutar agar bahan kulit melingkar rata. Tunggu sampai permukaan kulit merata warnanya. Cobalah menggoyang teflon dan lihat, jika bahan kulit langsung bergeser mudah, artinya sudah bisa diangkat. Tidak perlu dibalik lagi, langsung aja tuang ke piring. Lakukan sampai habis. Dont worry, bahan kulit bertindih dalam satu piring ga masalah kok. Tidak lengket juga.

Beri bahan isian ke kulit risol, gulung seperti membentuk amplop atau dadar gulung. Olesi risol dengan telur, lalu lumuri ke tepung panir. Goreng di minyak panas dengan api sedang. Sajikan dengan cabe rawit, mayones atau apalah. Suka suka anda. Hahahha.

IMG_4442
Ini gue pakai tepung tempura tepatnya. Biar lebih cetar. Hahahha.

Oh iya, risol bisa juga dicelup ke dalam sisa adonan kulit, baru dilumuri ke tepung panir. Kalau tidak suka pakai tepung panir juga ga masalah kok. Diolesi telur boleh, atau celup ke sisa adonan kulit juga boleh dan langsung digoreng. Berani berkreasi aja. Selamat mencoba!

IMG_4479
Ini tidak pakai tepur panir. Cuma dilapisi telur aja. Atau pakai sisa tepung kulit juga bisa

Salam dari Swedia.

“Semua foto merupakan dokumentasi pribadi ajheris.com”

NASI TIM AYAM

Beberapa hari ini, pengen banget makan Nasi Tim Ayam. Cuma kok ya agak malas gitu bikinnya, mengingat ada beberapa tahap yang harus dikerjakan kan. Cuma sangkin uda ga tahan, akhirnya ngobok ngobok dapur juga. Ini gue bagi resepnya ya. Kali aja ada yang pengen nyobain. Oh iya, berhubung gue ga gitu suka nasi tim yang lembek, jadi diresep ini sengaja gue bikin tekstur nasinya lembut pulen. Masak nasinya seperti masak nasi biasa aja kok. Paling ditambah bumbu aja sedikit. Gampang bikinnya walaupun agak lama hahaha.

IMG_2142.jpg

IMG_2152.jpg

Bahan I : Untuk Nasi

  • 280 gr beras (cuci bersih)
  • 2 sdm sesame oil
  • sejempol jahe, memarkan
  • 350-400 ml air
  • Garam secukupnya

Bahan II : Olahan Daging Ayam

  • 500 gr daging ayam filet, potong dadu, cuci lalu rebus dan sisihkan.
  • 120 gr jamur kancing, potong potong, jangan terlalu kecil
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 sdm sesame oil
  • 3/4 sdm Fish Sauce
  • 1 1/2 sdm Japanese Soy Sauce (opsional)
  • 1 biji bunga lawang
  • garam secukupnya
  • 1 biji bawang bombay iris halus
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • 400 ml kaldu ayam, dari bekas rebusan daging ayam
  • Olive oil untuk menumis

Bahan III : Pelengkap

  • Sop kaldu plus irisan daun bawang
  • Irisan cabe, jahe plus kecap jepang
  • Telur rebus

 Cara Membuat :

Masak nasi di rice cooker, dengan mencampur semua bahan I. Biarkan matang.
Untuk Bahan II : Tumis bawang putih, bawang bombay sampai harum dan layu. Lalu masukkan jamur. Kemudian disusul daging ayam yang sudah direbus sebelumnya. Tambahkan kecap manis, sesame oil, fish sauce, japanese soy sauce, garam, merica, bunga lawang lalu air kaldu. Masak hingga air berkurang dan tinggal sedikit. Tapi jangan terlalu kering. Kenapa gue pakai air kaldu? karena rasa daging jauh lebih enak dan bumbu lebih meresap dibanding dioseng doang. Setelah matang, sisihkan.

Selanjutnya ambil mangkok, masukkan daging sampai setengah bagian mangkok,  kemudian tambahkan nasi. Tekan tekan dan tutup dengan alumunium foil. Kukus kurang lebih 15 sampai 20 menit. Setelah matang, keluarkan nasi tim  dan letakkan di atas piring. Sajikan dengan bahan pelengkap. Selamat mencoba.

IMG_2159

IMG_2150.jpg

IMG_2147.jpg

 

Salam dari Mora,

Dalarna, Swedia