NATAL 2020 DAN TAHUN BARU 2021

Seperti biasa setiap tahun di tengah kesibukan yang tidak jelas dan mulai sekaratnya blog ini karena jarang disentuh jari jemari gue yang gembul, sebisa mungkin gue sempatkan menulis diary natal di sini. Karena kelak jika gue berumur panjang dan tidak bisa maksimal beraktivitas lagi, blog ini akan menjadi bahan bacaan gue. Jika gue pernah melalui natal bersama suami dan betapa bahagianya gue bersama dia di setiap perayaan natal di saat jauh dari sanak keluarga.

IMG_6851~photo

Memasuki bulan Desember selalu membuat hati gue senang. Sekalipun ada riak riak dalam kurun satu tahun ini tapi sebisa mungkin gue hempas cuihhhhhhhh!

Di tengah kesibukan sekolah dan memasuki minggu advent, gue berusaha agar bisa mengerjakan tugas, persiapan ujian dan  konsisten membuat konten youtube. Bulan Desember bulannya tema natal. Mulai dari resep baking, cooking hingga rutinitas menyambut natal. Apalagi kalau bukan memasang lampu advent dan mendekor pohon natal.

_MG_5996

_MG_5554

Tahun ini terasa berbeda karena natal kami rayakan tanpa tulang dan nantulang. Meski mereka notabene warga Swedia dan merupakan paman kandung dari suami tapi tetap gue panggil dengan sebutan tulang dan nantulang. Entahlah…gue lebih nyaman dengan sebutan itu. Sebutan yang membuat gue merasa lebih dekat dan sedarah dengan mereka. Bukan semata ucapan dengan memanggil mereka paman atau bibi.

_MG_5583

_MG_5425

Tulang adalah sosok yang tidak banyak bicara tapi bersahaja. Di usia yang ke 82 tahun beliau masih terlihat gagah dan sehat. Masih kuat bekerja dan beraktivitas di hutan. Menebang kayu, mengendarai traktor, mengurus administrasi dan keuangan di desa tempat gue tinggal, hingga leader di kalangan pemilik hutan di region kami. Dia seorang yang top.

_MG_5964

_MG_6028
Karena Santa sudah lelah dengan rusa

Tulang punya penciuman yang tajam terhadap roti. Dia selalu tahu kapan waktu yang tepat bertandang ke rumah gue. Setiap gue membuat roti dia pasti nongol dan menyapa dengan suaranya yang khas. Hej…bakar du? (heii…lagi baking?). Tulang pelanggan setia atas roti roti yang gue bikin. “Nih tulang bawa pulang roti untukmu”. Dia selalu sumringah dan bilang “tack”.

_MG_6440
Roti sebagai kado natal gue ke seorang lansia dekat rumah
_MG_6433
Vörtbröd

Dan ternyata waktu dan semesta banyak menyimpan misteri. Seketika semua berubah. Tidak pernah gue menyangka penyakit seram itu menggerogoti badannya yang terlihat segar bugar. Tidak pakai lama. Cuma hitungan 1 1/2 purnama. Dan sialnya di tengah berjuang melawan penyakitnya, virus yang lagi ngetren itu ikutan latah menyelinap. Rest in Peace tulang ! Jag saknar dig.

_MG_6656

_MG_6650

Dan apa yang menimpa inantulang juga tidak pernah gue bayangkan. Sudahlah tak usah gue ceritakan semua di sini. Intinya gue berdua suami merayakan natal tanpa mereka. Pandemi ini mengaduk perasaan gue.

Meskipun begitu kami tetap menjalankan tradisi yang selalu kami lakukan menjelang malam natal. Memasak berdua di dapur. Bikin knäck dan tahun ini suami membuat minuman tradisional bernama Enbärsdricka dibuat dari jenis semak yang tumbuh di hutan dan difermentasi dengan ragi segar. Awalnya gue berasa geli tapi begitu diminum alamak segar dan enak banget. Mirip beer tapi ada sedikit aroma menyerupai pinus. Hahaha.

_MG_6751
Knäck (resep ada di youtube gue “dapursicongok” ) dan minuman enbärsdricka

Minum glögg selalu menjadi kebiasaan kami. Sambil menonton Bingo Lotto di tanggal 23 hingga Kalle Anka di tanggal 24 Desember. Berdua dengan qality time yang maksimal. Ga mau mikir berat berat sekalipun banyak masalah yang silih berganti. Hanya menikmati waktu saja.

IMG_7980~photo
Kastengel yang super ngeju. Resep tutorial ada di youtube gue. Cari saja dapursicongok

Acara tukaran kado masih tetap seperti biasa. Tidak ada yang spesial. Gue langsung nodong handmixer ke suami. Karena handmixer yang lama sudah hoyong hoyong jika dipake.

_MG_6688

Paling ada hadiah yang beneran tidak gue sangka akan dibeli oleh suami. Sebuah cast iron yang sudah lama pengen gue beli. Selama ini cuma menggunakan warisan mertua. Pengen rasanya punya sesuatu yang tidak melulu dari hasil peninggalan sejarah haha. Sekalian kado atas kelulusan gue di sekolahlah katanya.

_MG_6857
Senang si orange ini menjadi teman sehari hari di dapur
_MG_6871
Mixer yang akan melengkapi hari hari ngebaking

Sedangkan tahun baru kami mengundang seorang teman Indonesia. Kami berani mengundang karena kami tahu dia lebih banyak di rumah dan lumayan hati hati dengan keramaian. Kami melewati malam tahun baru dengan menu elite Lontong Medan. Elite karena makannya di Swedia. Tak lupa seekor chicken roasted sebagai bunga bunganya.

_MG_5470

Selamat Natal dan Tahun baru dari gue…

Berikut video kegiatan natal yang gue abadikan di konten youtube gue. Selamat menonton.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s