Berkereta Dengan Valley Indah ke Narvik Norwegia

Narvik adalah kota yang direkomendasikan kerabat maupun teman suami ketika mereka mengetahui jika saya dan suami akan berlibur ke Kiruna Lapland Swedia.

“Du Måste åka till Narvik. Det är så jätte fint” (Kamu harus ke Narvik. Narvik itu Indah sekali). Begitulah kata mereka.

IMG_1541
Kota Narvik dikawal gunung dengan sentuhan salju. Mirip iklan coklat

Dan memang benar adanya. Kiruna Narvik ibarat liburan sepaket. Jalan jalan ke Kiruna ya memang harus ke Narvik. Demikian juga sebaliknya. Selain jarak keduanya yang cuma selemparan kolor (cukup 3 jam berkereta), pun perjalanan yang dilewati sangat memanjakan mata.

Konon perjalanan melalui kereta dari Kiruna-Narvik-Kiruna sangatlah terkenal karena keindahan alam bernuansa artic yang dilalui kereta di sepanjang perjalanan.

IMG_1493
Salah satu lukisan alam yang bisa dilihat dan dibidik dari kereta
IMG_1487
Kece ya

Kereta melewati Abisko, kawasan taman alam nasional di Lapland Swedia yang sangat terkenal dan banyak digemari para penjejak alam. Dari kereta akhirnya saya bisa melihat Lapporten, si gunung terbelah berbentuk U yang menjadi ikon Abisko. Lembah (valley), little house, forest, gundukan gunung bersalju, danau, sungai hingga fjord adalah kombinasi alam yang solit. Perjalanan nyaris tidak berasa. Selevel virus ngantuk pun malas menyerang. Sepertinya ikutan terpesona.

IMG_3077
View dari kereta. Little house diantara luasnya tebing batu
IMG_3076
View dari kereta
IMG_3081
Di saat musim dingin, nyaris tak ada kehidupan di sini. Ketimbun salju semua.

Sesuai saran teman dan kerabat, ke Narvik tidak perlulah menginap. Jadi kami hanya belasan jam di Narvik. Tak banyak yang kami jalani.  Kami cukup puas dengan makan udang dan ikan segar, duduk di alun alun kota sambil menikmati ice cream, melihat jejeran rapi rumah kayu hingga gunung berbalut salju. Berasa menikmati dua musim sekaligus. Kota tapi ada gunungnya. Ada fjordnya pula. Kesukaan saya banget pemirsah.

IMG_3092 (1)

IMG_3093
Sekitar alun alun kota. Perpaduan modern dan nature

The best way to experience Narvik adalah mencoba cable car menuju puncak Narvik Fjället. Dari sinilah seluruh lukisan alam kota Narvik terlihat komplit. Kami menikmati ketenangan air Ofot Fjord. Norwegia memang selalu mendapat tempat di hati saya. The land of the fjord. Dan seperti biasa jiwa narsis saya selalu bergemuruh ketika melihat keindahan yang hakiki. Supaya awet muda. Hahaha.

IMG_1625

IMG_1557

Merunut ke belakang, Kiruna dan Narvik adalah dua kota beda negara. Swedia dan Norwegia. Negara Skandinavia. Dua kota yang saling membutuhkan terutama di sektor ekonomi dan parawisata.

IMG_3085

IMG_3088
View dari Narvik Fjället

Kiruna punya pertambangan biji besi kelas dunia bernama LKAB. Hingga saat ini biji besi hasil tambang LKAB hanya mampu didistribusikan ke Narvik. Konon air di pelabuhan kota Narvik tidak pernah membeku sekalipun musim dingin. Inilah alasan mengapa jalur kereta dibangun ke kota Narvik karena dianggap sangat efisien untuk transportasi lautnya. Dan pelabuhan ini pun menjadi sangat identik dengan hasil tambang biji besi LKAB.

Berikut foto foto si Narvik yang sayang cuma disimpan di laptop..

IMG_3096
Rumah rumah kayu di pegunungan

IMG_3091

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s