Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke ICE HOTEL SWEDIA

Tidur di kamar es bersuhu minus 5 derajat celcius? Ini bukan hoax. Sudah tidak terhitung manusia dari berbagai penjuru bumi menjajal tidur di ice room hotel ini. Kecuali saya…haha.

Adalah sebuah desa kecil bernama Jukkäsjarvi. Letaknya 200 kilometer dari bagian utara lingkaran arktik (artic circle). Desa kecil yang damai. Seperti desa dalam buku cerita. Di sinilah pertama sekali berdiri sebuah hotel es terkenal dunia. ICE HOTEL namanya.

IMG_0955

Ice Hotel di desa Jukkasjarvi didirikan berdasarkan ide gila dari seorang pria bernama Yngve Bergqvist. Ide gila yang justru menginspirasi negara lain dan kemudian mengikuti idenya. Meski beberapa negara memiliki ice hotel, tapi Ice Hotel di Jukkasjarvi Swedia selalu dianggap sebagai Ice Hotel Origional pertama di dunia dan menjadi pionir bagi ice hotel di negara lain.

IMG_2846

Ice Hotel di Jukkasjärvi menjadi berbeda karena hotel ini memiliki Torne River. Sungai dengan air yang sangat bersih dan berkontribusi luar biasa besar terhadap berdiri hingga bertahannya Ice Hotel selama kurun waktu 30 tahun ini. Torne river ibarat nyawa bagi Ice Hotel.

IMG_2880
Midnight Sun. Memoto Torne river yang tenang pukul 12 malam lewat. Kebersihan airnya sudah diakui. 

Berdiri tahun 1989 dan resmi dibuka pada tahun 1990, awalnya Ice Hotel hanya menerima tamu di saat musim dingin. Sekitar bulan Desember hingga April. Waktunya memang relatif terbatas (hanya 4 bulan dalam setahun).

IMG_2875
Peace…

Ice Hotel dibangun tepat di samping Torne river. Semua material bangunan hotel berasal dari air natural Torne river yang membeku. Ketika musim dingin, bekuan air Torne river mampu mencapai ketebalan meteran. Hamparan luas air sungai yang membeku inilah yang kemudian dibelah dan dipotong menjadi balok balok es.

 

IMG_2874
View di sekitar Ice Hotel

Balok es inilah yang kemudian digunakan sebagai material dasar membangun kamar hotel, tempat tidur, patung, lampu, lemari, meja, kursi, piring, gelas hingga pernak pernik kecil hotel yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita. Serba es!

IMG_2849 (1)
Salju yang berubah wujud 

Ketika musim semi tiba, Ice Hotel pun menghilang. Lenyap tak berisisa. Mencair dan mengalir kembali ke habitatnya……..ke Torner river.

Konon pihak Ice Hotel merasa berat hati setiap melihat Ice Hotel mencair dan kemudian mengucapkan kata perpisahan dengan para tamunya “Sampai bertemu di musim dingin berikutnya”.

IMG_2871

IMG_0946
Kumpulan kayu berbentuk kerucut di halaman Ice Hotel. Salah satu ciri khas suku Sami

Mereka tidak lelah memutar otak agar mereka tidak perlu lagi mengucapkan kalimat perpisahan ini setiap kali musim dingin usai. Berkat kecanggihan teknologi, pihak Ice Hotel akhirnya berhasil membuat inovasi. Akhirnya Ice Hotel yang sanggup bertahan lama pun berhasil dibangun.

Mampu bertahan hingga di musim panas sekalipun. Sepanjang tahun!

IMG_2851 (1)
Ice Hotel dengan pernak pernik suku Sami

Tepatnya di tahun 2016, Ice Hotel 365 resmi dibuka. Dengan bantuan mesin dan peralatan canggih, Ice Hotel 365 mampu bertahan dan beroperasi setiap hari sepanjang tahun. Menjadi Ice Hotel permanen pertama di dunia.

IMG_2847
Saya…berdiri di depan Ice Hotel 365

Ice Hotel 365 juga memiliki Ice Bar. Luangkan waktu sekejab minum minum angkuh di sini. Rasakan sensasi bibir cekat cekut ketika bersentuhan dengan gelas es yang super dingin. Minumnya jangan lama lama nanti keburu membeku. Harga di Ice Bar lumayan mahal. Coca cola 50 ml dihargai sekitar 130 ribu rupiah. Ya… namanya juga minum dari gelas es…bikinnya susahhhhh edaaaaaa!

IMG_1067 (1)
Ngewine ngebir nge-cola di Ice Bar
IMG_1394
Mabuk dengan coca cola…hahaha

IMG_1364

Meski Ice Hotel 365 sudah dibangun, Ice hotel temporary bukan berarti berhenti. Tetap dibuka di saat musim dingin. Itulah sebabnya di bulan Maret sebelum musim semi tiba, Ice Hotel rutin mempersiapkan balok balok es dari air Torne river yang masih membeku. Kemudian potongan balok es ini disimpan di sebuah gudang di sekitar hotel untuk nantinya digunakan pada proyek pemahatan pada musim dingin berikutnya.

IMG_1161
Gudang es 

Ice hotel memiliki ice room yang super unik. Dan masing masing ice room punya tema yang berbeda. Ada tema laut, binatang, princes atau apalah itu. Bikin terwoowwww sudah pasti. Superlah.

IMG_1060
Cari kamar pak? 

Semua pahatan es di dalam Ice Hotel merupakan hasil karya para artists dari seluruh penjuru dunia. Setiap tahun di bulan November artists dari berbagai negara ikut terlibat dan datang ke Ice Hotel untuk memperlihatkan hasil kreasi mereka. Pun design art di dalam Ice Hotel tidak pernah sama setiap tahunnya. Selalu berubah. Setiap kamar akan mencantumkan nama sang artists. Tema kamar juga dijelaskan.

IMG_2853 (1)
Ketika tidur ditemani semua dayang dayang ini. Bangun bangun kelilit ubur ubur. Haha
IMG_2864
Kebayang ga sih, mereka mengerjakan ini semua di suhu yang super dingin. Gilak

Ice room di Ice Hotel sudah pasti terbuat dari es. Suhu minus 5 derajat celcius. Pihak hotel akan memberikan sleeping bag yang hangat, tempat tidur berlapis bulu reindeer yang halus dan perlengkapan hangat lain.

IMG_2857
Tenang, ada princes yang temeni kamu tidur

Ruangan kamar tidak memiliki tv, tidak ada kamar mandi atau perlengkapan layaknya hotel regular. Semisalpun ada tv, kemungkinan besar sudah tidak interest menonton. Waktu terkuras pelototin pahatan es di setiap ruangan Ice Hotel. Jadi kalau mandi bisa ke gedung sebelahnya. Ga jauh kok. Pihak Ice Hotel juga akan mengeluarkan sertipikat bagi para tamu yang sudah menginap di ice room.

IMG_2855
Ngegosip di rumah tetangga sudah biasa. Cobalah duduk di sini. Gosip gosip kita sampai plozeen
IMG_2859
Jangan disentuh. Please respect. Tempat tidur incesss itu.

Kamar es biasanya dihuni mulai pukul 6 sore hingga pagi hari. Sedangkan siang harinya sebagian besar ruang kamar bisa dilihat pengunjung. Baik itu tamu yang menginap atau hanya sekedar ingin melihat keindahan ice art di setiap ruangan Ice Hotel.

IMG_1004
Ulalala…sadis kamarnya!

IMG_0969

Tamu yang menginap di Ice Hotel bebas keluar masuk cold room selama jam buka. Sedang pengunjung di luar hotel harus merogoh kocek sekitar 600 ribu rupiah. Di setiap kamar ada bagian art yang bisa disentuh bahkan diduduki. Tapi ada juga yang tidak boleh. Baca saja tulisannya.

IMG_2858

IMG_2854 (1)
Lorong beku

Jika ingin mengitari seluruh ruangan cold room di Ice Hotel, jangan lupa mengenakkan mantel dan sarung tangan yang sudah disediakan. Tak perlu malu malu dan jaim berada di sini. Kalau mau foto silahkan saja. Semua pengunjung on dengan handphone atau kamera ditangan.

Tapi tahan ya…pastikan botol marjan ga kebawa di dalam tas. Entar sampai di ice room malah dindingnya dikorekin trus dicampurin ke sirup bikin es doger. Diminumnya diirekam pula. Pakai apa? pakai boomerang! Hahaha………………..itu mah saya doyan pakai boomerang.

IMG_1033
Ketika halu melanda…buku es pun dibaca #savemembaca #perpustakaan (ketawa guling guling)

Jika berkunjung di saat musim dingin dan berpesawat, dari bandara Kiruna kamu langsung memulai petualangan seru. Tidak perlu naik taxi karena gerombolan husky dog siap membawa kamu bermain sledding dog hingga menuju Ice Hotel. Dari bandara naik sledding dog. Sungguh terlalu! Terlalu unik.

IMG_2895
Katalog Ice Hotel 2019

Di saat musim dingin pun, akan terbuka peluang untuk melihat warna warna Northern Lights (Aurora Borealis) di sekitar Ice Hotel. Biasanya pihak hotel akan membunyikan alarm jika cahaya aurora ini muncul. Duh…….kebayanglah betapa komplit dan spesialnya liburan seperti ini. Dijemput sledding dog dan melihat goyangan aurora.

Ice Hotel punya menu andalan. Harus dicoba. Namanya Renskav. Makanan tradisional suku Sami. Renskav merupakan olahan daging reindeer yang diiris tipis tipis, ditaburi saos jamur dan disantap dengan almond potato serta lingonberry.

IMG_1387
Renskav daging reindeer bertabur saos jamur, lingonberry dan kentang almond

Irisan daging yang tipis ini sebenarnya punya cerita. Dulu banget ketika musim dingin, suku Sami selalu nyetok daging. Daging beku kalau dipotong pasti susah dong. Cara gampangnya cuma dengan mengiris tipis tipis. Mengiris daging yang membeku memang jauh lebih mudah kan. Itulah yang dilakukan suku Sami.

Selain itu Ice Hotel juga punya dessert unik. Kamu bisa makan hjortron atau cloudberry sampai puas. Secara clouberry memang tumbuh subur di wilayah Lapland dibanding wilayah lain di Swedia. Kalau di daerah tempat saya tinggal, cloudberry masuk jenis berry eksklusif. Karena buahnya tidak terlalu banyak dan metiknya lumayan capek.

IMG_1390
Puas makan cloudberry di sini

Tidak seperti blubbery atau lingonberry yang bisa dipetik menggunakan alat. Dapatnya juga langsung banyak. Beda dengan cloudberry harus satu satu. Manual pakai jari. Harganya pun jauh lebih mahal. Cloudberry itu enak banget. Aromanya spesial.

IMG_2890

Ice hotel juga menyediakan penginapan regular. Kabin kabin tipikal nordik skandinavia. Tentunya berada di kamar regular ini dijamin membuat jiwa raga tidak menggigil. Dan sangat cocok dengan saya yang bernyali tempe dan belum berani uji nyali di kamar minus itu.

IMG_2894
Kabin diantara rumput dan bunga liar

Kabin penginapan rata rata ditanami rumput di bagian atapnya. Sekelas rumput liar sekalipun menjadi matching dengan wooden house ini. Rumput liar yang berbunga. Ruangan kamarnya? Nyamanlah.

IMG_2850 (1)

IMG_0956
Ruangan kamar regularnya nyaman

Jika kamu mengunjungi Ice Hotel sekitar bulan Mei hingga pertengahan Juli, cobalah berjalan kaki di sekitar desa Jukkasjärvi. Kamu tidak akan melihat perbedaan antara pagi, siang dan malam. Terangnya maksimal selama 24 jam (midnight sun). Liburanmu dijamin tanpa malam.

IMG_2883
Beginilah pemandangan di sekitar Ice Hotel di desa Jukkasjärvi
IMG_2320 (1)
Gudang rustic, rumput ternak, gundukan gunung dan Torne river. Bawa aku ke sini lagi ….

Suasana di sekitar Ice hotel juga bikin hati adem. Gundukan gunung, wooden house, gudang rustic, bulatan bulatan awan yang rasanya pengen dipetik, hingga ketenangan air Torne river.

IMG_2318

IMG_2884
Refleksi diri…#Torneriver

Ice Hotel sering menjadi tempat upacara pernikahan bagi pasangan dari berbagai negara. Tempat pertemuan besar. Setiap tahun mereka mengeluarkan katalog baru berisi tema tema terbaru design ice roomnya.

Biar lebih nyata, kalian bisa tonton ulasan detail Discovery Channel di bawah tentang Ice Hotel berikut proses pengerjaannya. Saya suka sekali melihat liputannya. Dan memang suka banget tayangan seperti ini. 

Ice Hotel bukan sebatas hotel biasa. Hotel unik ini sekaligus menawarkan wisata briliant dari orang orang yang bekerja keras di belakang layarnya. Gabungan art, keheningan, keunikan peristiwa alam, relax, orang Sami, reindeer dan juga cloudberry dijamin semuanya membuat liburanmu menjadi tidak biasa.

IMG_1132

Dan saya pun merindu jika mengingatnya. Semoga saya bisa datang kembali ke sana di musim yang berbeda. Musim dingin tentunya (Dalarna 2019).

Berikut penampakan ruangan es yang saya rekam ketika menginap di Ice Hotel….. 

8 Comments

  1. Dulu pernah baca tentang ice bar dan ice hotel di bukunya Trinity. Tapi baru ini aku liat kamarnya kayak gitu haha. Gak kebayang dingin dan serunya 😀

    Like

Leave a comment