“KIRUNA”

KIRUNA…

Sebuah nama yang unik.

Pertama sekali mendengar “Kiruna” ketika saya belajar kursus bahasa di Swedia. Guru di kelas memperkenalkan beberapa kota di propinsi Swedia. Kiruna benar benar kota asing buat saya waktu itu.

Ketika guru menjelaskan letak Kiruna yang sangat jauh ke bagian paling utara Swedia, saat itu juga kota ini langsung mencuri perhatian saya. Kota dengan kehidupan keras di saat musim dingin.

Kiruna termasuk ke dalam wilayah Lapland Swedia. Berada di dalam lingkaran arktik (Artic Circle) menjadikan Kiruna sangat dingin di saat winter. Karena berada pada bagian bumi yang unik inilah wilayah Kiruna berkesempatan mengalami peristiwa “Midnight Sun” dimana manusia bisa melihat sinar matahari nonstop selama 24 jam dalam sehari.

Dan sebaliknya di saat musim dingin (di bulan Desember) Kiruna mengalami peristiwa alam yang disebut “Polar Night”, yang artinya nonstop selama 24 jam sama sekali tidak tersentuh cahaya matahari.

IMG_1083
Kota Kiruna yang sederhana tapi ngangenin

Inilah yang menjadi alasan utama saya berkunjung ke Lapland Swedia beberapa waktu lalu yang tidak lain ingin melihat kota Kiruna dengan segala keunikan wisatanya. Meski saya sedikit kecewa karena belum bisa mengunjungi Kiruna di bulan Desember di saat musim dingin.

Kenapa harus di musim dingin? Karena saya penasaran ingin merasakan liburan tanpa siang. Liburan tanpa matahari. Liburan yang gelap gelapan itu rasanya bagaimana? Bangun tidur gelap, makan siang gelap, kembali tidur juga gelap. Kedengarannya memang kurang asik. Liburan kok gelap gelapan. Tapi ya itulah rasa penasaran saya. Saya paling suka merasakan sesuatu yang tidak biasa dan unik dari hasil kerja alam. Penasaran ingin melihat langsung peristiwa Polar Night. 

IMG_1091
Berjalan kaki di Kiruna sangat nyaman. Kota ini masih jauh dari kesan menakutkan dari orang orang jahat

Meski saya tinggal di Swedia, hingga detik ini saya belum kesampaian melihat keindahan warna warna Northern Lights (aurora borealis). Katanya indah sekali bila dilihat dari sebuah desa kecil bernama Jukkasjarvi yang juga terkenal dengan Ice Hotelnya.

Saya juga penasaran akan sebuah tayangan tv yang beberapa kali saya tonton tentang bagaimana suku Sami mampu mengumpulkan ribuan rusa kutub yang berkeliaran di hutan Lapland Swedia ke dalam satu kandang yang super luas. Juga hak otonomi yang diberikan pemerintah Swedia kepada suku Sami untuk mengelola populasi rusa kutub di wilayah Lapland Swedia.

Meski keinginan berkunjung di saat winter belum terwujud, setidaknya saya masih bisa menginjakkan kaki di Kiruna di musim yang berbeda. Musim panas tepatnya. Dan ternyata di saat summer pun Kiruna mampu membuat saya jatuh cinta.

Keberangkatan kami ke Kiruna mendapat komentar pro dan kontra dari beberapa kerabat. Ada yang bilang : Ke Kiruna? Jauh banget! Jalannya membosankan! Tapi ada juga yang sangat antusias. Kiruna cantik! Kiruna unik! Dan tentunya setiap orang punya selera liburan yang berbeda.

Dari tempat tinggal saya, perjalanan ke Kiruna butuh waktu berhari dengan berkendara. Berangkat hari minggu sore dan tiba di Kiruna hari selasa siang. Tentunya kami menginap masing masing satu malam di dua daerah yang berbeda.

Inilah yang membuat saya merasa jika Kiruna berada diantah brantah mana. Meski sama sama berada di wilayah Swedia, kota ini seperti tidak terjangkau. Memang jauh. Jadi kalau masih banyak warga Swedia yang belum pernah mengunjungi Kiruna, saya bisa maklum. Sebenarnya bisa ditempuh dengan berpesawat atau kereta tapi tetap aja jauh.

Apalagi perjalanan menuju Kiruna lumayan membosankan menurut saya. Sepanjang mata memandang sebagian besar hanya hutan. Rumah rumah pun jarang sekali. Bahkan untuk sekian jarak yang sangat jauh sekalipun tidak ada tanda kehidupan. Dan itu tidak tanggung tanggung loh panjangnya. Bisa bayangkan berjam jam selama perjalanan tidak melihat rumah atau perkampungan.

Tapi lucunya, jalanan yang membosankan ini justru dianggap unik dan menjadi salah satu ciri khas perjalanan menuju Kiruna Lapland Swedia. Setidaknya itulah yang saya baca di salah satu situs resmi trip ke Lapland Swedia.

Jika diperhatikan secara seksama, pohon pohon di sepanjang hutan menuju Kiruna memang berbeda dengan pohon pohon di wilayah Swedia kebanyakan. Terutama pohon pinusnya. Cenderung bantet. Pohon pinus berumur 400-500 tahun saja tingginya seperti pohon pinus yang baru berumur 80 tahun. Relatif pendek bahkan ada yang sangat pendek. Daunnya pun sangat sedikit. Hal ini diakibatkan karena pertumbuhan pohon pohon ini berada di wilayah fjället atau pegunungan yang super dingin di saat winter.

Kiruna bukanlah kota yang cantiknya bikin terwow. Tapi entah mengapa ngangenin. Pusat kotanya berdiri pas di atas pegunungan. Bangunan bangunan di pusat kotanya saling berdekatan. Seperti tembok melingkar. Konon sengaja dibangun sedemikian agar angin yang berhembus di waktu musim dingin tidak terlalu menusuk tulang.

IMG_1077
Kiruna dengan latar pegunungan. Di saat summer pun tetap berasa dinginnya

Meskipun Kiruna berada di ujung bumi mana, saya tidak pernah menyangka jika kota ini lumayan banyak kedatangan tamu. Turisnya banyak. Bus parawisata silih berganti berlewatan. Bahkan wisatawan manca negara pun lumayan banyak. Begitulah……setiap tempat memang memiliki daya tarik tersendiri. Demikian juga Kiruna. Berada di sini memang berasa beda auranya. Makanya jangan heran jika liburan ke Kiruna kamu berkesempatan mendapatkan sertipikat Artic Circle yang menandakan kamu sudah pernah berkunjung ke wilayah bumi yang unik ini. Liburan dapat sertipikat diploma. Haha..

IMG_2719.jpg
Sertipikat sebagai tanda kenang kenangan yang dikeluarkan kantor turis Kiruna. Aggap saja souvenir yang unik dan pastinya seru

Wisata apa saja yang bisa dilihat di wilayah Kiruna sekitarnya?

1. Wisata musim dingin : sledding dog, snow scooter, ski, northern lights (aurora borealis) dan masih banyak lagi.

2. LKAB Tour (Pertambangan Biji Besi).

Ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal Kiruna yang sangat direkomendasikan. Mengunjungi pertambangan biji besi terluas di dunia dan paling modern. LKAB sendiri merupakan perusahaan tambang terbesar di Swedia dan sudah memiliki rekanan perusahaan di banyak negara. LKAB banyak memberi kontribusi dalam perekonomian Swedia.

IMG_1243
LKAB ini bersih dan berasa seperti di lorong carrefour. Haha

LKAB merupakan singkatan dari nama dua gunung di Kiruna bernama Luossavaara dan Kiirunavaara. Panjangnya rute pertambangan LKAB ibarat dari Paris ke Amsterdam. Gile!

LKAB sangat berperan terhadap keberadaan dan perkembangan pusat kota Kiruna. Karena pertambangan inilah kota Kiruna bisa ada hingga seperti saat ini. Dulunya Kiruna cuma dihuni suku Sami. Sampai akhirnya pertambangan ini ditemukan dan Kiruna semakin berkembang. Sebagian besar warga Kiruna bekerja di pertambangan biji besi LKAB. Dan sebagian besar warga memilih bertahan di Kiruna juga karena pertambangan ini. Jika pertambangan ini habis, kemungkinan besar pusat kota Kiruna hanyalah tinggal nama.

IMG_1217
Di dalam area pertambangan 

Logikanya, apa yang harus dipertahankan di Kiruna dengan alam yang super ekstrem di saat musim dingin? Hasil alamya nyaris tidak ada kecuali biji besi. Kayu saja tidak bisa maksimal tumbuh. Bercocok tanam pun susah. Akses juga jauh. Perputaran ekonomi darimana? Memang cuma mengandalkan pertambangan LKAB. Bayangkan saja, sekotak strawberry bisa dihargai 135 SEK di Kiruna. Di tempat saya cuma 35 sek. Kalau lagi murah murahnya malah bisa 23 sek.

IMG_1245
Ini ruangan museum di area bawah tanah pertambangan. Ada cafe juga. 

Saat ini Kiruna lagi berbenah. Kota ini akan dipindahkan sejauh 3 kilometer dari area pertambangan. Karena dikhawatirkan pusat kota Kiruna bisa anjlok ke bawah akibat pergeseran tanah di sekitar pegunungan. Dan mau tidak mau warga harus menerima karena tidak punya pilihan lain. Mereka juga sadar antara mereka dan LKAB seperti satu kesatuan yang saling menguntungkan. Saya menonton cuplikan video singkat ketika mengunjungi pertambangan ini. Warga Kiruna tentunya memiliki perasaan sentimental terkait perpindahan kota mereka. Tapi mereka bilang kalau mereka semua adalah satu society dengan LKAB dan demi kelangsungan ekonomi Kiruna sendiri.

Dan untuk menyenangkan hati warga, LKAB rela memberi kompensasi yang tinggi terkait pemindahan kota ini. Saat ini sudah ada sebagian bangunan yang dipindahkan dan sebagian besar akan dirobohkan. Wih, kalau kalian melihat betapa bagusnya bangunan dan rumah rumah di pusat kota Kiruna, rasanya sayang banget jika harus dirobohkan. Kebayang berapa besar uang yang harus dikeluarkan pihak LKAB sampai bisa memindahkan sebuah kota.

3. Kiruna Church.

Bangunan gereja ini menjadi salah satu objek wisata terkenal di Kiruna karena keunikan, keindahan serta bahan bangunannya yang terbuat dari kayu. Mirip bangunan suku Sami. Kiruna Church merupakan gereja kayu terbesar di Swedia. Berdasarkan penjajakan survey suara (poling), gereja ini berhasil mengumpulkan suara terbanyak untuk dinobatkan sebagai  bangunan terindah di Swedia.

IMG_1276
Model gerejanya tidak seperti gereja kebanyakan di Swedia

4. Jukkasjärvi.

Jukkasjärvi adalah sebuah desa kecil yang sangat menyenangkan. Kalau gampang marah dan naik tensi ada baiknya ke sini saja. Aman sentosa. Sangat tenang dan lengket banget dengan nature. Berada di sini serasa terdampar di belahan bumi bebas polusi. Berdampingan dengan Torne river, sungai yang digadang gadang sebagai sungai terbersih di Swedia.

IMG_0955
ICE HOTEL

Jukkasjärvi bisa dibilang sebagai tujuan wisata paling hits di wilayah Kiruna Lapland Swedia. Mengapa? Karena di desa inilah berdiri Ice hotel permanen pertama di dunia yang terkenal itu. Semua bongkahan es yang dipahat di dalam ice hotel berasal dari air Torne river. Nanti akan saya tulis lebih lengkap di tulisan yang terpisah.

IMG_2323 (1)
Mindnight Sun di Jukkasjärvi

Pertama kali seumur hidup saya, di desa inilah saya tidak pernah melihat yang namanya malam. Benar benar terang benderang sepanjang hari. Hingga pukul 1/2 satu malam saya dan suami masih bisa berjalan santai di sekitar ice hotel layaknya siang hari. Akhirnya saya bisa menyaksikan Midnight Sun yang unik itu. Liburan kami pun sukses tanpa malam dan gelap.

IMG_0987
Berani tidur di sini? Suhu minus 5 derajat celcius
IMG_1067
Ngebir, ngewine di Ice Bar Ice Hotel

IMG_1364

4. Melihat Atmosfir Suku Sami.

Lapland adalah tanah leluhur suku Sami. Tak terkecuali di Kiruna dan sekitarnya. Bau bau suku Sami sangat jelas terlihat. Bangunan berbentuk kerucut, simbol simbol suku sami sangat mudah ditemukan di Kiruna.

Masih dari desa Jukkasjärvi, objek wisata yang wajib dilihat adalah museum perkampungan suku sami “Sami Siida”. Museum ini terbilang sangat natural dan apa adanya. Berkesempatan melihat reindeer, rumah suku sami dan cafe unik bernuansa Sami pastinya. Minumlah kopi ditemani alunan musik dan lagu tradisional suku Sami. Unik.

IMG_2715

IMG_1321
Cafe bernuansa Sami
IMG_1286
Museum Sami

To be Continued

Berikut kumpulan video tentang perjalanan menuju Kiruna.. 

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s