Natal dan Penghujung Tahun

Meskipun natal sudah berlalu, tidak ada salahnya saya mengucapkan Selamat Natal bagi semua teman pembaca yang turut merayakan. Seperti biasa, saya selalu mengupayakan menulis cerita natal dan akhir tahun sebagai bentuk luapan perasaan saya menghabiskan keseharian di negeri orang dalam kurun waktu satu tahun.

IMG_5150.jpeg

IMG_4582

Sejujurnya semakin lama keriaan perayaan natal yang saya rasakan di Swedia tak lagi terlalu luar biasa. Dari tahun ke tahun hampir sama saja rasanya. Bahkan tahun ini, saya sudah wanti wanti ke suami agar kami tidak membeli makanan natal terlalu banyak.

IMG_3573.jpeg

IMG_4849.jpeg

Tahun ini saya membuat kue kering yang lumayan komplit. Entah mengapa lagi rindu merasakan kue kering layaknya di tanah air. Seperti putri salju, semprit, kue spekuk, nastar dan kastengel. Dan saya tidak menyangka jika kue kering jadul yang saya bikin lumayan disukai suami dan beberapa tetangga. Terutama putri salju. Mungkin karena ada campuran almond dan taburan tepung gulanya. Jadi cocok dengan lidah mereka. Dan kebetulan kerabat saya yang tinggal di Dalarna juga berkunjung di tanggal 26 Desember lalu. Jadi stok kue yang saya bikin sangat mencukupi untuk dijadikan cemilan.

Seperti biasa setiap malam natal, saya dan suami selalu tukaran kado. Dan sejauh ini, kado yang kami peroleh adalah barang yang diperlukan. Saya memberi suami jam tangan karena jam tangan yang sehari hari dia pakai sudah sering bermasalah. Batrenya cepat soak. Saya berinisiatif membeli yang baru. Sedangkan saya sendiri langsung menodong suami untuk membeli mesin food processor karena mesin yang biasa saya pakai sudah terlalu tua (peninggalan mertua) dan cepat banget panas. Dengan kata lain, mesin ini benar benar saya butuhkan untuk mempermudah pekerjaan masak memasak. Terutama jika membuat bakso yang lebih dari setengah kilogram. Dan begitu sampai di rumah, langsung saya buka sekitar satu minggu sebelum natal tiba. Hahaha.

IMG_5135.jpeg

IMG_5123

Sedangkan kado natal lain yang sifatnya hanya untuk meramai ramaikan saja adalah shampo, sabun, body butter, kaos kaki dan printilan lain yang memang kami wajib pakai.

IMG_4488

IMG_4569.jpeg

Sejujurnya ada perasaan kurang spirit menghadapi natal tahun ini. Apa alasannya saya juga kurang tahu. Apa karena saya merasa kondisi setiap tahunnya begitu lagi dan begitu lagi. Meskipun begitu saya tetap melaksanakan kegiatan kegiatan yang biasa saya lakukan menjelang natal. Menghias pohon natal, bikin christmas cake, bantuin suami nyiapin makanan natal, dekor rumah dan sejenisnyalah. Dan tetap menjalankan hobby photography saya. Motoin pernak pernik natal di rumah.

IMG_5314.jpeg
Cake ini biasanya sellau saya buat di setiap perayan natal. English Fruits Cake

Tahun ini natal yang saya lewati benar benar white christmas. Salju sudah sangat tebal dan matahari bersinar sangat cerah. Jadi benar benar cantik banget. Putihnya sangat memantul manjaaaahhhh.

IMG_5512

IMG_5505.jpg

Setiap tahun adalah berkat buat saya dan keluarga. Saya bersyukur bisa melalui tahun 2018 dengan segala suka duka. Saya berkesempatan bertemu dan berkumpul dengan keluarga besar saya di Indonesia.

IMG_3517

Saya juga kembali menjalin silaturahmi yang sempat terputus dengan kerabat saya. Kembali saling mengunjungi seperti dulu kala. Bisa saling memberi kebahagian dan penghiburan dibalik duka yang melanda. Dan rencananya, kami akan menghabiskan waktu bersama di acara pergantian tahun. Semoga Tuhan selalu memberi kesehatan dan panjang umur kepada kami. Diberi kesempatan menyambut dan menempuh kehidupan di tahun 2019 dan seterusnya. Doa yang sama saya juga panjatkan ke kalian semua. Selamat menyambut Tahun Baru 2019! 

IMG_3577.jpeg

IMG_4573.jpeg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s