Mari Berkenalan Dengan “Smörgåstårta”

Setiap negara tentulah punya panganan khas masing masing. Tak terkecuali Swedia. Semakin lidah gue terbiasa, makanan di negara ini ternyata lumayan enak.

Salah satunya adalah Smörgås. Semacam open sandwich gitu. Kalau tidak salah, smörgås lumayan popular di negara Nordik. Paling yang membedakan hanyalah bentuk variasi serta sebutan namanya. Smörgås biasanya disantap di kala pagi hari ketika sarapan, menjelang sore atau malah pengganti makan malam.

7CBD068F-5D09-49A7-96A3-A0B5D431B107

Kalau di Swedia, umumnya mereka menggunakan roti yang disebut knäckebröd, roti crispy yang kalau dikunyah kriuk kriuk. Gue kaga suka roti ini. Di mulut sakit. Hahaha. Ada juga yang menggunakan sandwich bread/white bread maupun rye bread. Nah, untuk topping sesuai selera. Umumnya diolesi butter dan diberi sayuran, keju, ham, telur, udang, hati sapi hingga kaviar. Pokoknya sesuai seleralah.

41C3A35F-9E99-45F7-8315-E4B0E89C57B7.jpg
Super leker

Rasa rasanya sebagian besar warga lokal di Swedia sangat menyukai smörgås. Suami gue apalagi. Kayak kecanduan. Smörgås makanan favorite dia banget. Meski sekarang dia harus mengurangi dikarenakan program kesehatan yang sedang dijalani. Meski kadang kadang dia kaga perduli juga. Si bandel. Hahaha.

37260307145_b6cbd969b6_o.jpg

Varian lain smörgås yang sangat terkenal di Swedia adalah Smörgåstårta atau Swedish Sandwich Cake. Disebut smörgåstårta karena bentuknya menyerupai cake. Smörgåstårta juga dihiasi berbagai macam sayuran maupun keju, ham, telur, kaviar, dll. Dan lagi lagi sesuai selera mau dihias pakai apa. Tapi jarang dihiasi dengan buah. Kurang cocok.

FAEE06DB-2D00-44D3-9D49-73E5C44E5EED

Yang membedakannya dengan smörgås biasa, smörgåstårta terdiri dari beberapa layer roti yang diolesi campuran mayones. Umumnya disajikan di acara ulang tahun atau perayaan acara keluarga. Bahkan disajikan sebagai santapan di hari biasa pun sah saja. Di cafe lumayan sering dijual. Bisa dibeli perslice.

Smörgåstårta yang gue bikin terdiri dari enam layer. Kalau mau dibikin empat layer juga bisa. Gue menggunakan jenis roti dari Polarbröd. Bisa lihat di sini. Jenis Polarbröd ini lumayan banyak sih. Pilihlah yang khusus untuk membuat smörgåstårta dengan rasa tawar (tidak manis).

IMG_3641.jpg
Whippy cream cair, sejenis sour cream, dill dan mayones. Tapi untuk dill usahakan yang fresh. Lebih tajam aromanya. 

Smörgåstårta wajib memakai cream mayones agar lapisan roti bisa merekat satu sama lain. Dan hiasan bisa menempel juga.

Mayones bisa dicampur dengan hati sapi, tuna atau sesuai selera. Roti harus disusun horizontal dan vertikal secara bergantian agar proses memotong lebih mudah. Contohnya roti yang gue pakai bentuknya melingkar. Dan umumnya roti yang  dijual sudah dalam kondisi terbagi dua. Jadi ketika menyusun, pertemukan masing masing potongan agar membentuk lingkaran, yang mana bagian tengah mengarah vertikal. Lalu lapisan kedua mengarah horizontal.  Bisa lihat di sini

E9374BF6-A7F3-425B-AB17-A50A1C5549C2.jpg

Konsistensi campuran mayones idealnya tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental. Intinya seperti membuat lapisan cake saja dan mudah diratakan dengan pisau. Kalau gue, mayonesnya dicampur sedikit sour cream kental (gue pakai creme fraiche) atau bisa juga dengan sedikit whippy cream cair. Jadi hasil konsistensinya lebih bagus menurut gue. Kualitas mayones pun usahakan yang berkualitas. Setiap lembar roti jangan lupa diolesi butter dulu sebelum diberi lapisan campuran mayones.

37117610571_d8349e970f_o.jpg

Dan untuk campuran mayones gue selalu tambahkan dengan tuna kaleng atau hati sapi atau skagenröra. Mengapa? Karena citra rasa dan aromanya klasik dan khas banget. Apalagi skagenröra itu, wajib ada deh kayaknya. Ini yang bikin enak banget. Bisa dibeli di supermarket. Di bawah ini contoh gambar skagenröra yang bisa dibeli di supermarket. Gue ga tau di Indonesia ada apa ga ya. 

Semisal sulit didapat, bisa dibuat sendiri. Terdiri dari mayones dan sourcream, vinegar, mustard, gula, garam, lada bubuk, udang rebus, kaviar, dan jangan lupa Dill. Aroma dill pada smörgåstårta lumayan berasa. Dan herbal ini memang tajam sekali harumnya. Gue sukaaaaaaaaaa banget. Pokoknya main feeling aja. Dont worry. Ga bakal gagal. Karena ini bukan ngebaking. Membuat smörgåstårta ibarat bermain dengan khayalan. Khayalan berkreasi.

6060A90A-C543-4EEB-8D4A-D0A6D496D480 (1)

Smörgåstårta yang gue bikin adalah sebagai berikut :

  • Lapisan roti pertama terdiri dari mayones dicampur dengan hati sapi dan sedikit whippy cream cair
  • Lapisan roti kedua terdiri dari mayones dicampur dengan sour cream dan tuna kaleng
  • Lapisan roti ketiga terdiri dari rödbetssallad (bisa lihat di sini), berupa campuran mayones dan potongan bit merah (tinggal beli di supermarket)  
  • Lapisan keempat terdiri dari campuran skagenröra (sudah gue jelasin di atas)
  • Lapisan yang kelima terdiri dari mayones dicampur sour cream dan tuna kaleng
  • Lapisan keenam terdiri dari campuran mayones dan sour cream. Olesi ke seluruh sisi permukaan roti hingga tertutup rata.
  • Baru hiaslah sesuai selera. Seperti yang ada di foto, warna hijau pada smörgåstårta berasal dari potongan rucola salad dan dill. Selebihnya bisa diberi tomat, timun, ham, udang, kaviar atau terserah anda pemirsah!
  • Atau lebih mudahnya lagi, berkreasi sendiri saja dengan bahan yang ada. Yang paling penting sudah punya gambaran kan, kalau smörgåstårta ini sebenarnya hanya lapisan roti bercampur cream mayones.

7C4D9D6E-5984-42F7-A7C0-A08F96E4B758.jpg

BE0CDF09-97D8-4847-9060-1B918E85E2D3.jpg

Jika ingin melihat berbagai varian hiasan smörgåstårta, BISA LIHAT di SINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s