Melihat Warisan Viking di Sollerön

Di jamannya, siapa yang tidak mengenal bangsa Viking? Bahkan sampai sekarang pun, kebesaran suku bangsa ini masih mendunia. Bangsa yang sangat ditakuti di masanya. Pedagang, penjelajah, perebut wilayah, perompak dan terakhir pembantai yang brutal!

IMG_3553.jpg

Bangsa Viking tidak segan segan membantai dan membunuh banyak orang demi mendapatkan emas dan wilayah baru. Konon, orang orang Viking sanggup membelah bagian atas kepala manusia, dan menjadikannya sebagai cawan anggur alias tempat minum. Oh My…..!

Akibat kekejamannya, sampai sampai bangsa England di kala itu suka memohon doa agar mereka dijauhkan dari kekejaman orang orang Viking. Sepak terjang bangsa Viking akhirnya melahirkan catatan sejarah yang dikenal dengan Jaman atau Abad Viking. Suku bangsa yang hidup dengan segala kegiatan dan aktivitas yang barbar. Kehidupan dimana mereka belum mengenal Tuhan dan hanya mempercayai banyak Dewa.

IMG_3522.jpg

Sampai akhirnya setelah era kristenisasi masuk ke wilayah Skandinavia, perlahan lahan sebutan abad/Era Viking pun menghilang. Tergantikan oleh manusia manusia yang lebih teratur, tidak kasar, dan lebih damai (rangkuman wikipedia dan beberapa sumber narasi). Uniknya, karakter keras, kejam dan suka berperang yang dimiliki bangsa Viking,  tidak menurun kepada generasi penerusnya yang justru menyukai hidup damai. Seperti damainya sebagian besar wilayah di negara negara Skandinavia.

IMG_3532

IMG_3530.jpg

Namun sampai sekarang, kejayaaan yang dimiliki leluhurnya, sepertinya masih setia melekat pada diri sebagian besar bangsa Skandinavia. Bangsa yang memiliki predikat sebagai negara negara makmur dan relatif kaya. Negara kaya, namun tetap membuat penduduknya berpenampilan sederhana dan apa adanya. Tentu saja kejayaan yang didapat sekarang bukanlah melalui perang apalagi dengan membantai manusia.

Jika berkunjung ke wilayah Skandinavia, tidak begitu sulit untuk bisa melihat kebesaran bangsa Viking melalui museum museum yang terdapat di beberapa negara seperti Norwegia, Denmark dan Swedia.

IMG_3524

Di Swedia, terkhusus Dalarna, tak hanya museum, peninggalan sejarah bangsa Viking juga bisa dilihat di beberapa kawasan dalam bentuk pemakaman.

Bahkan, di desa tempat gue tinggal, pemakaman bangsa Viking dengan mudah bisa dilihat di kawasan hutan. Kira kira di jaman itu, mereka dikubur di hutan yang tidak berpenghuni atas dasar apa ya? Lagi berkelana? Suka mikir juga sih.

IMG_3531

IMG_3523.jpg

Di sebuah desa bernama Sollerön,  salah satu desa yang menjadi bagian dari wilayah pemerintah kota Mora, Dalarna, tepatnya di sebuah farm place bernama Bjärsåkrän, pemakaman bangsa Viking sangat banyak dan mudah dijumpai.

Makam yang tetap dilestarikan, dijaga dan dijadikan sebagai heritage yang dilindungi. Uniknya, makam makam ini hanya ditutupi oleh tumpukan batu batu besar.  Yang jika dilihat sekilas tidak ada istimewanya. Namun meskipun demikian, yang tidak terlihat istimewa ini justru memiliki nilai sejarah yang besar.

Di bawah ini merupakan pemakaman bangsa Viking, berupa tumpukan batu batu besar yang terletak di beberapa titik lokasi di Bjärsåkrän.

IMG_3547

IMG_3458.jpg

IMG_3545

IMG_3464.jpg

IMG_3536
Kawasan Bjärsåkrän dengan segala tumpukan batu batu yang menjadi “nisan” suku Viking di jaman dulu.

Konon, penduduk Sollerön sempat berkeinginan meratakan semua batu kuburan yang menjadi salah satu simbol orang orang Viking. Mereka mengganggap, bercocok tanam jauh lebih penting daripada membiarkan tanah yang luas hanya dipakai sebagai makam. Percuma dan sia sia saja menurut mereka.

IMG_3538

Namun keinginan itu ditentang oleh Karl Lärkas Gård, seorang photographer dokumentasi sejarah Swedia. Beliau meyakinkan penduduk Sollerön akan nilai sejarah yang terdapat pada makam makam Viking tersebut. Seorang Karl sangat yakin, jika kelak, justru makam makam inilah yang membawa harum nama Solerön. Dan benar saja, sampai saat ini, selain karena keindahan Sollerön, lokasi pemakaman Viking di Bjärsåkrän menjadi daya tarik tersendiri. Dijadikan cagar wisata.

IMG_3549

Karl Lärkas Gård juga memiliki Rumah Musim Panas (Summer House) tak jauh dari lokasi pemakaman Viking. Summer House sang photographer menjadi daya tarik lain di sekitar Bjärsåkrän. Apalagi landscape di sekitarnya lumayan indah. Jadi selain melihat pemakaman Viking, pengunjung bisa melihat summer house sang photographer.

IMG_3541

IMG_3539.jpg
Summer House sang photographer. Apik banget. Mirip rumah kartun.

Masih di sekitar kawasan Bjärsåkrän, gue melihat satu pemandangan yang lumayan unik. Di dekat sebuah pohon besar, terdapat sebuah tugu kecil (gue sebut tugu aja deh..haha) berikut sebuah salib. Tadinya gue berpikir semacam makam juga. Ternyata gue salah. Tempat ini dulunya merupakan sebuah bangunan gereja. Bangunan gereja yang dibangun setelah Abad atau Era Viking. Super tua!

Gereja tua yang akhirnya dirobohkan karena pada saat itu dianggap sudah tidak layak pakai dan ukurannya pun sudah tidak cukup untuk menampung jemaat. Konon, tanda salib di tempat ini merupakan letak altar gereja sebelum dibongkar. Kemudian sekitar tahun 1700an, penduduk setempat membangun sebuah gereja baru yang jauh lebih besar, yang digunakan sebagai tempat ibadah hingga sekarang.

IMG_3537.jpg
Tugu dan salib ini dulunya merupakan altar sebuah gereja super tua. Setelah gereja dibongkar, salib dan tugu sengaja dibiarkan sebagai bukti sejarah. Sedangkan bangunan gereja yang dibongkar, tetap dipertahankan dan dipindahkan ke dalam bangunan gereja yang baru.  Tepatnya di dalam gereja pada gambar di bawah.  
IMG_3560.jpg
Ini adalah bangunan gereja yang baru. Di salah satu ruangan gereja inilah, bangunan gereja kecil yang tadinya dibongkar ditempatkan. Hebat ya. 

Rasanya asik aja sih, bisa melihat peninggalan sejarah yang lokasinya tidak begitu jauh dari tempat tinggal gue. Cukup 40 menit berkendara sudah tiba. Nilai sejarah dari sebuah bangsa besar bernama Viking. Kehebatan sebuah bangsa yang sampai berhasil menarik perhatian cinemas. Film berbau Viking pun bermunculan secara komersial.

IMG_3546

IMG_3548.jpg

IMG_3544.jpg

Selain peninggalan bangsa Viking, Sollerön juga menawarkan keindahan alam desanya. Alam pedesaan yang dikelilingi danau Siljan. Solleron merupakan sebuah pulau. Desa dengan daya tarik tersendiri. Gue tidak pernah bosan berkunjung dikala weekend ke tempat ini. Desa yang luas dan lumayan besar. Tidak salah jika salah satu wilayah di Sollerön dijadikan sebagai tempat camping caravan di saat Spring dan Summer. Emang sebuah desa yang cantik. 

IMG_3526.jpg
Caravan 

Pertumbuhan flora di Sollerön cenderung lebih cepat dibandingkan desa tempat tinggal gue. Di awal spring, sisa sisa winter masih tercium di tempat gue. Namun Sollerön sudah lumayan bertabur bunga.  Di saat wild flowers  belum terlalu ramai di desa gue, Sollerön sudah dipenuhi hamparan karpet wild flowers. Inilah salah satu alasan mengapa gue suka mengunjungi Sollerön. Banyak bunganya. Melihat dari dalam mobil saja pun sudah cukup menyenangkan. Trip yang murah meriah. Hahaha.

IMG_3554.jpg

IMG_3528.jpg
Diantara bunga liar, Dandelion. Cantik.

Belum lagi mata gue dimanjakan dengan bunga buah apel menjelang musimnya. Hampir sebagian besar rumah warga dan jalanan desa ini ditanami pohon apel. Mirip cherry blossom.

IMG_3527.jpg

IMG_3543.jpg
Cherry Blossom versi pohon apel. Hahaha

Dan semakin lengkap rasanya aroma kehidupan farm place Sollerön, ketika melihat ternak kuda yang memakan rumput lengkap dengan pakaiannya yang lucu. Gerombolan sapi yang tiduran di rumput sampai ternak ayam dan itik yang melenggang kwek..kwek..kwek. Aihhh lucu sekali.

IMG_3533.jpg
Autentik Village

IMG_3525

IMG_3529

Sollerön hanyalah sebagian kecil dari keindahan alam pedesaan Dalarna yang setiap saat siap untuk dikunjungi. Mungkin di lain kesempatan, Dalarna akan memberikan kesempatan kepada gue, untuk sekedar berbagi cerita lain, tentang keindahan alam yang dimiliki salah satu daerah penghasil kayu ini. Semoga.

IMG_3556IMG_3550.jpgIMG_3540

20 Comments

  1. Wow, foto2nya keren. Benar2 pemandangan yg memukau mata dan menggugah emosi ttg warisan sjarah bngsa Viking. Disajikan dlm deskripsi yg apik mmbuat sy hrus tuntas membacanya.

    Oya, itu mbak Ajheris ya, dilihat dari dekat? Keren, di antara dandelion.

    Like

  2. Selalu suka lihatin foto2 mb helen jg baca narasinya yg keren ,simple tp informatif. Semiga suatu hari sy bs berkunjung kesana ; bertamu dan ngeteh di rmh mb helen.😊😊

    Like

    1. Aku ada print sendiri hasil foto kamera. Mirip postcard memang. Kemaren coba print yang gambar jamur smurf. Lucu banget hasilnya. Tar aku coba jadikan GA aja. Buat lucu lucuanlah bukan GA yang serius amat. Makasih ya Ded😊

      Like

  3. Indah sekali foto2nya. Saya pernah ke norway tapi cuma ke satu kota stavenger klo gak salah ada rapat dg perusahaan minyak Staat Oil disana. Partner dr Perusahaan tp sy bekerja. Dingin dan udara sangat segar. Seperti gak ada polusi debu

    Like

    1. wahhh Norway memang alamnya indah banget. Wisata alam terfavorite saya sampai saat ini adalah Norway. Alamnya seperti cerita khayalan dongeng. Saya ada beberapa kali nulis ttg keindahan alam Norway. Ada di menu traveling. Segar banget udaranya. Btwy makasih ya sudah membaca blog saya😊

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s