LEMON CAKE

Lemon Cake!
Setelah Marble Cake, Butter Cake, Tape Cake, maka Lemon Cake adalah salah satu jenis cake yang gue suka. Cake bertekstur padat dan moist.

Sebenarnya, gue lumayan sering ngemil si lemon cake ini. Misalnya di acara gereja, atau di rumah kerabat maupun tetangga. Ibu ibu sepuh di desa gue lumayan suka menyajikan lemon cake ini. Bedanya, tekstur lemon cake yang mereka buat sedikit agak kering. Karena rata rata cuma menggunakan 3 butir telur dan sedikit butter. Cuma dasarnya memang uda jago baking ya, lembut aja hasil cake yang mereka buat.

image_6483441 (8)

Seperti yang sudah gue singgung di tulisan gue sebelumnya, belakangan ini gue lagi rajin ngebaking. Sampai sampai gue ga pernah lagi beli roti buat stok di rumah. Gue bikin sendiri mak. Hahaha.
Dan dari kapan tau, gue uda niat banget pengen bikin lemon cake dan bolu pandan. Dan akhirnya kesampaian juga. Gue senang banget hasilnya sesuai dengan keinginan gue, terkhusus lidah gue. Untuk bolu pandan, gue akan tulis resep di tulisan berikutnya.

36760412481_3360ac490b_o

image_6483441

Lemon Cake yang gue bikin ini rasanya segar banget. Manis, asam dan aroma lemonnya pas. Terutama aroma lemonnya…….duh……bikin menggelinjang. Hahaha. Teksturnya lembut, padat dan lembab. Moist!

Beberapa followers di instragram sudah ada yang mencoba langsung resep ini. Untungnya cocok di mereka. Huaaaa terharu! Makin semangat baking. Hahaha. Sama sama belajar kita yak!

36900097495_472bff840e_oIMG_0072

Untuk Glazingnya sesuai selera aja konsistensinya. Mau Sticky banget atau sedikit encer terserah. Kalau gue, lebih suka glazingnya ga terlalu tebal dan tidak terlalu sticky. Dan gue olesi pada saat cake sudah mulai dingin tapi sisa hangatnya masih berasa dikit. Akibatnya glazing lebih menyerap dan menghasilkan cake yang segar banget. Tapi lagi lagi kembali ke selera masing masing sih.

image_6483441 (18)

Bahan Cake :
• 250 gr terpung terigu serba guna
• 1 sdt baking powder
• 3/4 sdt garam
• 1 1/2 sdt vanila bubuk
• Parutan kulit lemon dari 2 buah lemon
• 250 gr butter
• 180 gr gula pasir halus
• 4 butir telur
• Air perasan lemon dari 2 buah lemon
Bahan Glaze :
• 100-135 gr gula tepung (tingkat rasa manis sesuai selera. Kalau mau dikurangi bisa pilih yang 100 gr dengan perasan lemon kurang lebih 3-4 sdm)
• 4-5 sdm perasan lemon (idealnya untuk 135 gr gula tepung)
• 1/4-1/2 sdt garam (sesuai selera tingkat asinnya)

36091893873_b5c1c0e611_o.jpg

Cara membuat:
• Nyalakan oven di suhu 180 C
• Campur tepung terigu, baking  powder dan garam. Ayak dan sisihkan
• Mixer Gula dan butter hingga mengembang dan berwarna putih pucat
• Masukkan vanila bubuk dan mixer rata
• Tambahkan telur satu demi satu
• Pastikan telur sudah tercampur rata sebelum memasukkan telur yang lain
• Lalu masukkan tepung sebagian dan parutan lemon
• Mixer dengan kecepatan rendah
• Lalu tambahkan 1/2 perasan air lemon. Mixer rata
• Masukkan tepung sebagian lagi. Mixer rata
• Lalu tambahkan 1/2 perasan air lemon. Mixer rata
• Terakhir masukkan sisa tepung. Mixer rata
• Matikan mixer.
• Aduk sebentar adonan menggunakan spatula (sistem balik)
• Tuang adonan ke dalam loyang loaf yang sudah dilapisi butter dan tepung (loyang yang gue pakai kurang lebih ukurannya 11×24 cm)
• Oven kurang lebih 40 hingga 60 menit (Tergantung suhu oven masing masing ya. Jadi lakukan tes tusuk aja)
• Matang dan biarkan di suhu ruang
• Bahan Glaze
• Campur semua bahan Glaze dan taburkan ke atas cake setelah di suhu ruang

36729487012_2911ab0423_o

4 Comments

  1. Aku udah bikin resep yg dari ka helena loh, dan udah ada yg pesan lagi.. Tapi yg satu aku pake margarine dan emang beda ya klo pake butter lbh cihuy ka.. Resepnya gak bikin enek pas bgt, makasih ka

    Like

    1. aha, nambah lagi yang uda coba. Senang kalau cocok Fa. Dirimu jual ya? wahh bagus aku doain lancar ya fa. Tar aku bagi resep bolu pandan ya. Itu juga enak fa. Kamu bisa jual juga. Kalau mau jual pake butter ya agak mahalan bikin harganya. Tapi kalau mereka ga mau pake bluebandlah. Tetap beda rasanya Fa. Semangat!!!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s