Melihat Wajah Stockholm dari City Hall Tower

Tahun lalu, gue dan suami berkunjung ke salah satu objek wisata terkenal di Stockholm. Tepatnya di bulan Desember. Tempat yang kami kunjungi adalah Stockholm City Hall. Berhubung musim dingin, akibatnya waktu itu kami tidak bisa memasuki The City Hall Tower, karena tower ini hanya dibuka pada bulan Mei hingga September.

Barulah di bulan Juli tahun ini, sepulang dari kota Riga Latvia, kami memutuskan untuk berkunjung kembali ke City Hall Tower Stockholm. 

IMG_0280.jpg

Sepertinya penggemar City Hall Tower Stockholm terbilang lumayan banyak. Karena ketika hendak membeli tiket, kami harus rela mendapat giliran di pukul tiga sore. Untuk schedule masuk ke dalam tower pun diatur sedemikian. Dimulai pukul 9 pagi hingga hampir pukul 4 sore. Masing masing schedule disusun per 45 menit.

IMG_0282.jpg

Dan untuk sekali masuk dibatasi maksimal hinggal 30 orang. Semuanya harus serentak masuk dan serentak keluar. Waktu yang diberikan pun sangat terbatas yaitu sekitar 30 menit saja. Singkat banget. Paling bisa menikmati viewn cuma 15 menit. Kurang konsentrasi, karena harus explore foto juga kan mak biar bisa dipost di blog. Hahaha. Masa uda ke tempat mainstream ga difoto. Rugi atuh.

IMG_0283.jpg

Untuk naik ke atas tower ada liftnya. Tapi lift hanya mampu memuat 4 orang, dan itupun cuma sampai ke lantai dua atau tiga gue lupa. Akhirnya semua pengunjung memilih naik tangga. Daripada menunggu lift kelamaan. Kecuali gue dan suami berikut sepasang suami isteri, kami memilih naik lift. Berusaha jeli untuk mengambil kesempatan ketika orang orang pada memilih naik tangga. Lumayan menghemat tenaga kan. Hahahha. Dasar pemalas.

IMG_0286.jpg

Yang gue suka dari The City Hall Tower Stockholm sebenarnya bukan pas berada di view point towernya. Sebenarnya landscape kota Stockholm dari atas tower cantik sih, tapi tidak terlalu luar biasa juga. Entah mengapa angle kotanya dari City Hall Tower ini menurut gue kurang fotogenik. Perasaan cakepan jika dilihat dari restoran Gondolen Stockholm. 

Justru yang unik dan menarik adalah bagian pertengahan tower. Ada museumnya. Bagus banget. Beberapa lantai dipenuhi berbagai bentuk patung sampai berukuran besar. Jadi sebelum sampai ke puncak tower, pikiran lumayan teralihkan oleh keindahan museum ini. Jadi ga berasa capek. Tower biasanya identik dengan tangga dan tangga molo kan. Nah City Hall Tower Stockholm ini menurut gue agak beda. Artistik banget di dalamnya. Seperti tidak sedang berada di dalam tower.

IMG_0277.jpg

Menurut gue sih sayang banget pihak pengelola membatasi waktunya cuma setengah jam. Gimana bisa menikmati suasana museum. Tapi mungkin mereka punya alasan kuat ya. Atau kurang baik juga buat kontruksi bangunan ke depannya jika pengunjung terlalu berlama lama di dalam tower.

Dan yang bikin gue salut, towernya bersih banget. Meskipun lorongnya sempit, tapi dinding dan lantainya bersih. Dindingnya dalam jarak sekian meter diberi jendela kaca yang berfungsi untuk memberi asupan cahaya ke dalam lorong tower. Jadi ga berasa gelap dan pengap di dalam.

IMG_0291 (1).jpg

IMG_0289.jpg

Dan lagi, kaki juga ga berasa capek karena mostly hanya melewati lantai yang semakin lama berputar semakin meninggi. Tapi jika dijalani tidak begitu berasa. Paling begitu mendekati puncak tower, ada beberapa anak tangga yang harus dinaiki.
IMG_0290.jpg

Begitu sampai di atas, lumayan sih bisa menikmati view kota Stockholm dari ketinggian meskipun melihatnya tidak sampai membuat terwow. Menjelang 30 menit usai, petugas tower meminta para pengunjung untuk turun karena waktunya sudah selesai.

IMG_0278.jpg

IMG_0279.jpg
Lorong tower

Dan begitupun, mereka mengikuti pengunjung loh sampai ke bawah. Sepertinya untuk memastikan agar tidak ada turis bandel yang tidak langsung turun atau malah nyelip ke museum untuk foto foto. Ada bagusnya juga sih. Karena kalau tidak, bisa bahaya juga. Karena lorong tower relatif kecil. Dikhawatirkan pengunjung yang turun dan yang akan naik bisa saling bertemu. Daripada dehidrasi karena kebanyakan orang di dalam, mending diantisipasi demi kenyamanan pengunjung kan. 

IMG_0288.jpg

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s