Tour Kanal di Stockholm

Sepulang liburan dari Riga, gue dan suami memutuskan untuk stay beberapa hari di Stockholm. Di kesempatan inilah, kami mengunjungi atraksi wisata yang sebelumnya belum pernah kami masuki dan kami coba.

Gue pernah menyinggung di tulisan gue sebelumnya, tentang atraksi wisata kanal boat yang selalu kami naiki di beberapa negara yang pernah kami kunjungi. Tapi lucunya, tour kanal yang di Stockholm malah kami tidak atau belum pernah coba.

Selalu saja tidak sempat atau tepatnya tarsok tarsok terus. Dengan pemikiran, gampanglah, kapan kapan juga bisa. Stockholm ga jauh ini. Sampai akhirnya suami bilang, begitu cantiknya kanal di kota Stockholm kok malah kami ga nyobain tournya.

IMG_0274.jpg

Barulah di musim panas tahun ini, kami berniat mencoba kanal boatnya. Kanal boat di Stockholm sebenarnya terbilang salah satu atraksi wisata yang lumayan diminati. Sepenglihatan gue selalu ramai. Makanya yang ngejual tiket tour kanal bermodel hop on hop off  ini lumayan banyak.

IMG_0262

IMG_1218.jpg

 

IMG_0264

Atraksi Hop on Hop off di kota Stockholm tidak terbatas pada bus, melainkan kapal/boat juga. Bisa jadi karena Stockholm ibarat kota kepulauan. Berdiri di atas belasan pulau. Jadi otomatis banyak aliran kanalnya. Uniknya lagi, tiket hop on hop off  boat kanal di Stockholm mirip tiket terusan tapi dalam kurun waktu 24 jam. Penggunaannya tidak sebatas tour kanal saja, melainkan juga sebagai tiket transportasi antar dermaga. Penumpang boat bisa naik turun kapan saja dalam tenggang waktu 24 jam. Jadi ga harus berada di dalam boat terus.

IMG_1232.jpg

 

IMG_0267.jpg
Salah satu spot wisata terkenal yang dilewati dan bisa langsung turun di dermaganya. “Museum Vasa”.

Di dalam boat sudah tersedia fasilitas headset. Tinggal dengerin aja info tournya dari alat audio ini. Setiap spot/lokasi wisata penting yang dilewati oleh boat, dijelaskan secara detail. Seperti The Royal Palace, Gamla Stan, Vasa Museum, Gröna Lund, dsb.

IMG_1221.jpg

IMG_1229.jpg

Nah, semisal kamu tertarik mengunjungi objek wisatanya, kamu bisa langsung turun di dermaga terdekat. Setidaknya ada 8 dermaga tempat boat berhenti, untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Dermaga dermaga inilah yang menjadi akses menuju objek wisata yang dijelasin di dalam audio tadi.

IMG_1222

IMG_0266.jpg

Jika berniat melihat objek wisata yang lain, ya kamu tinggal balik lagi ke dermaga. Tinggal nunjukin tiket dan enjoy di dalam boat. Gitu aja naik turun sesuka hati. Selama hitungannya masih 24 jam.

Menurut gue sih asik ya sistemnya. Tiketnya tidak melulu dipakai untuk tour kanal, tapi including alat bayar transportasi. Seperti ngerasain double trip gitu. Tour kanal oke, lanjut wisata darat juga oke tanpa harus bayar transportasi lagi. Hemat biaya kan. Tapi sekiranya kamu malas turun dan pengen berlama lama di boat juga ga masalah. Suka suka aja. Puas puasin keliling kanal sambil menikmati view kota Stockholm.

IMG_1224.jpg

IMG_1225.jpg
Gröna Alund

Tiket yang kami bayar sekitar 140 Sek perorang. Sudah including biaya masuk Grona Lund Stockholm, sebuah wahana theme park terkenal di Stockholm. Tapi begitupun, kami tak sempat masuk ke dalamnya. Mungkin next time. Biasa loh, gue lebih banyak ngehabisin waktu nongkrong di cafe dan jalan jalan di sekitaran Gamla Stan. Makanya masih banyak tempat yang belum sempat dimasuki. Hahaha. Tarsok deh.

IMG_0269

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s