Menikmati Suasana Roman di Baston Hill Park

Berbicara taman di Eropa, emang uda surganya kali ya. Setiap negara di benua ini rata rata pasti punya taman apik dan bersih. Taman merupakan fasilitas publik yang rasa rasanya wajib ada. Masing masing taman pun punya daya tarik tersendiri.

Seingat gue, belum pernah secara khusus gue mengangkat judul tulisan khusus tentang taman. Paling gue selipin di tulisan yang lain. Berhubung taman yang satu ini lumayan mencuri hati, akhirnya gue angkat ke permukaan deh khusus satu judul.

IMG_7957.jpg

Sebenarnya kota Riga Latvia memiliki beberapa taman yang lokasinya berada di jalur jalan yang sama. Cuma masing masing dipisahkan oleh bangunan saja. Menurut pengamatan gue sih begitu ya. Seperti Esplanade, Vermanes Garden dan yang paling gue suka adalah Baston Hill Garden Parknya. Nah, antara Vermanes Garden dan Baston Hill ini sekilas seperti berada di satu kawasan deh, tapi gue kurang yakin juga. Seingat gue, sewaktu berjalan dari Vermanes Park, bisa conecting ke Baston Hill.

IMG_7936.jpg

IMG_7933.jpg

Sesuai namanya, Baston Hill memiliki area yang agak berbukit. Tapi bukan bukit beneran sih. Cuma agak naik turun gitu tanahnya. Karena bertepatan di musim panas, jadi hamparan rumput di taman ini terlihat cerah banget. Hijaunya mirip karpet.

IMG_7954

IMG_7932.jpg

Secara keseluruhan, penataan tamannya tidak ada yang luar biasa. Sederhana aja. Malah nih, tanaman bunganya pun tidak terlalu banyak. Tapi Baston Hill menjadi terlihat lebih luas justru karena hamparan rumput hijaunya itu. Dan yang bikin makin sempurna, ada aliran sungai kecil di sepanjang pinggiran taman Baston Hill ini. Diantara pohon pohon rindang. Pokoknya berasa nature banget.

IMG_7930
Tuh kan, gembok cintrongnya aja banyak. Hahaha

Taman yang bukan sekedar menawarkan ketenangan, tapi juga suasana romantis. Menurut gue, untuk sebuah taman, rumput hijau yang dibarengi aliran sungai merupakan perpaduan yang paling cocok. Karena ga semua taman ada aliran sungainya kan.

Apalagi, pihak pengelola taman menyediakan perahu kayu kecil yang bisa dinaiki untuk sekedar melepas lelah sehabis mengitari kota Riga. Sembari menikmati keindahan taman dan kota Riga juga.

Perahu ini pelan pelan mengitari aliran sungai kecil di sepanjang pinggiran taman. Ih, gue suka. Peace banget. Melihat orang orang yang duduk santai di pinggiran sungai, membaca, bercengkrama dengan teman atau pacaran (ini gue nebak aja). Emang asik sih tamannya.

IMG_7956

IMG_7955.jpg

IMG_7937

Dari aliran sungai kecil di Baston Hill, perahu kemudian keluar memasuki dan melewati sungai Daugava yang besar. Mirip laut. Udah deh, tinggal nikmati aja bangunan bangunan kota Riga dari sungai ini. Apalagi perahunya ga terlalu gede, dan modelnya masih tradisional. Makin roman roman aja bawaannya kan. Hahaha.

Tepat di seberang jalan Baston Hill, berdiri Freedom Monumen, yang menjadi iconic terkenal di kota Riga. Monumen yang dibangun untuk mengenang para prajurit Latvia yang tewas memperjuangkan kemerdekaan.

IMG_7949

Tak jauh dari monumen, berdiri Nativity Catedral, gereja ortodoks Rusia yang megah. Tidak seperti gereja kebanyakan di Eropa yang bergaya barok klasik, gereja ortodoks Rusia memang sedikit berbeda. Memiliki beberapa kubah yang sekilas mirip kubah mesjid.

IMG_7926.jpg
Nativity Catedral

Di dalamnya ga usah ditanya, meriah dengan lukisan art yang memenuhi dinding gereja. Dan satu lagi, hampir tidak ada kursi, karena jemaat ortodoks selalu beribadah dengan cara berdiri. Tapi sayang, dilarang mengabadikan foto di dalam.

IMG_7962.jpg
Vermanes Garden. Dari sini bisa conecting ke Baston Hill

“Semua foto merupakan dokumentasi pribadi ajheris.com” 

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s