Norwegia, Negeri Seribu Terowongan

Hingga saat ini rasanya tidak berlebihan jika gue menjadikan Norwegia sebagai tempat wisata terfavorite. Alam negara ini sepertinya sangat tahu cara memanjakan mata para tamunya. Tiga kali bertandang ke Norwegia tiga kali pula gue selalu terwow.

Untuk trip gue ke Norwegia sebelumnya bisa dibaca di sini dan di siniIMG_5483.jpg

Mungkin masih banyak tempat indah dan menarik di belahan bumi lain tapi dari sekian tempat yang sudah pernah gue datangi keindahan alam Norwegia masih is the best. Dan gue berharap di kesempatan yang akan datang Tuhan ijinkan gue dan suami melihat koleksi ciptaanNya yang lain. Dan gue percaya masih banyak tempat yang jauh lebih indah di muka bumi sana.

Tapi untuk sekarang gue cuma mensyukuri kesempatan yang ada. Bisa menghabiskan waktu di tanah Viking yang memiliki banyak keindahan fyord dan terowongan gunung. Yes, welcome to Norwegia! (again).

IMG_5451 (1).jpg

Norwegia hanya sejarak barisan pinus dari tempat tinggal gue. Ke perbatasan terdekat kurang lebih dua jam. Negeri ini mewakili segala kecintaan gue akan indahnya farm mountain, wooden house di lereng gunung, suara gemericik air dari tebing gunung yang selalu menyapa di hampir setiap jalur jalan yang gue dan suami lewati, dentingan lonceng dari leher kawanan domba, dan lembah hijaunya itu loh..…alamak! Hampir lupa kalau mata gue sudah minus sekian.

IMG_5452.jpg

IMG_5456.jpg

IMG_5466.jpg

Masih jelas di ingatan bagaimana imutnya kawanan domba berlari menghampiri gue hanya karena gue membidik kamera ke arah mereka. Mungkin mereka mengira kamera yang gue pegang merupakan jenis rumput dalam kemasan yang berbeda. Menggemaskan sekali. Sewaktu kecil terbayang pun tidak gue bisa memberi makan domba sedekat itu. Bersentuhan langsung dengan mereka. Meskipun gue akhirnya takut ketika mereka sangat agresif mengambil roti dari tangan. Hahaha.

IMG_5450

IMG_5449

 

IMG_5489

Di Dalarna Swedia peternak domba juga ada. Tapi domba domba tidak dibiarkan bebas di jalanan. Pun jumlahnya masih kalah banyak dengan ternak sapi.

Sedangkan di Norwegia, dari pengamatan gue selama di perjalanan, ternak domba jauh lebih banyak dibanding sapi. Sepertinya (ini menurut logika gue sih) struktur alam Norwegia lumayan berbukit bukit. Sebagian besar agak mencorong ke bawah. Dibanding ukuran sapi yang lumayan besar, domba jauh lebih gampang untuk bisa naik hingga kawasan yang jauh lebih tinggi.

Makanya tak jarang kami melihat ternak domba berkeliaran di lahan yang terjal berbatu. Anteng banget mereka berlari ke sana kemari. Kalau sapi sepertinya sudah agak susah kan. Lagi lagi ini hanyalah kesimpulan abal abal seorang ajheris.

IMG_5486

Norwegia juga tidak melulu soal Aurora Borealis. Masih banyak hal menarik yang bisa dilihat dari negara penghasil minyak terbesar dunia setelah timur tengah ini. Misalnya air terjun yang berasal dari lelehan salju (catat, dari lelehan salju loh). Kebayang kan seberapa tebal saljunya. Meskipun memang ada beberapa air terjun permanen yang berukuran besar yang bukan berasal dari lelehan salju. 

34989993112_83b4fe525e_o.jpg
Salah satu foto favorite. Gue suka banget barn lapuk dan lembah di bawahnya. Ada dombanya lagi. Mirip serial Heidy 

Jadi jangan kaget, kalau satu tebing gunung memiliki air terjun lebih dari satu. Karena lelehan saljunya berasal dari segala arah. Selain itu, lelehan salju juga mengalir halus dari celah bebatuan gunung. Kami bisa melihat dan mendengar suara airnya sangat dekat dan jelas di telinga. Cukup dari jendela mobil saja. Karena hampir seluruh tubuh pegunungan di Norwegia bisa dilewati oleh kendaraan. Akses jalannya mulus hingga ke puncak pegunungannya.

Ke Norwegia khususnya di awal bulan Juni, sensasi aroma musim panas bernuansa winter juga bisa dinikmati. Kawasan puncak fjället (pegunungan) di negara ini masih memiliki tumpukan salju setinggi tiga meter. Tapi dont worry. Suhunya rata rata sudah di atas 5 derajat celcius kok.

IMG_5497

IMG_5028

Trus apalagi? Ya pastinya Fyord! Norwegia salah satu negara yang memiliki fyord kece yang tidak semua negara bisa memilikinya. Bahkan Fyord terpanjang kedua di dunia juga adanya di negara ini dan oleh UNESCO ditetapkan sebagai warisan dunia yang dilindungi.

Sama halnya dengan Swedia, Norwegia memiliki fenomena alam yang dikenal dengan istilah Midnight Sun yaitu hari hari tanpa adanya malam alias tidak ada sunset. Sebaliknya hari hari tanpa adanya siang alias no sunrise (Polarnight). Kejadian alam ini berlaku di wilayah yang berada di lingkaran Arktik atau Artic Circle. Bagi kalian yang pengen merasakan hari hari yang 24 jam selalu terang maupun sebaliknya silahkan datang ke Norwegia.

IMG_5499.jpg

IMG_5439.jpg

IMG_5438.jpg

IMG_5498.JPG
Layaknya bangsa Skandinavia kebanyakan, mereka suka dengan sepinya alam. Bangunan penginapan wooden house ini, berdiri gagah di kawasan puncak pegunungan yang di kala winter bisa memiliki ketebalan salju melebhi 5 meter. 

Norwegia juga punya banyak sekali terowongan gunung dengan panjangnya rata rata 6 hingga 25 kilometer lebih. Kebayang kan rasanya di dalam terowongan sepanjang itu. Sehingga tak salahlah jika gue menyebut Norwegia sebagai negeri Seribu Terowongan. Karena tak terhitung jumlah terowongan yang kami lewati. Yang kadang antara terowongan yang satu dengan terowongan yang lain hanyalah sejarak ratusan meter.

IMG_5458

Banyaknya gunung batu yang berdiri gagah di tanah Norwegia mengharuskan negara ini membangun terowongan gunung untuk kelancaran transportasi jalanannya. Terowongannya lebar dan nyaman untuk dilewati. Ga kebayang berapa biaya yang dikeluarkan untuk setiap terowongan yang dibuat.

IMG_5504.jpg

IMG_5502

IMG_5472.jpg

IMG_5503.jpg

Tulisan ini hanyalah bom foto hasil bidikan sepasang tangan yang tak kenal kebas. Rasanya seperti ada magnet kuat yang selalu mendorong ingin berhenti dan berhenti membidik kamera. Semua alamnya instragrammable banget. Sayang cuaca kurang bersahabat. Lady rain selalu menyapa kami meskipun datang dan pergi. Tapi tetap tak merubah kecantikan alam Norwegia. Selalu mempesona.

Biarlah gambar demi gambar yang berbicara. Cerita lengkap mengenai short trip gue ke Norwegia beberapa hari lalu, akan gue tulis secara terpisah. See you in my others story.

IMG_5440

IMG_5481.jpg

IMG_5500.jpg

IMG_5485.jpg

Trip gue ke Norwegia sudah tayang di Net Tv. Bisa klik di sini

Salam dari

Swedia

“Semua foto di dalam tulisan ini adalah dokumentasi pribadi ajheris.com. Dilarang menggunakan tanpa seijin penulis”

19 Comments

  1. Maaaaaak poto2nyaaaa.. kalo deket mah ya dari rmh, udh kebayang..weekend gw pasti jalan2 ke norwegia.. *halusinasi, dikira kayak jakarta-puncak haha*. Di sini sepet tiap hari liat macet. XD

    Eh, itu kebayang pas dingin2 sambil maem pop mie atau nyeruput teh manis anget ditemenin gorengan tahu+cabe. *halunya makin kebangetan haha

    Like

    1. Hahaha goreng pisang kepok mba. Ya ampun aku uda kangen banget pisang kepok😂. Semoga someday dirimu kesampaian ke Norway mba. Kalau suka wisata alam pedesaan dijamin cocoklah negara ini. Kece.

      Like

      1. Kalau dekat saya pasti mampir he he he…. soalnya juga jarang liat rumah dari kayu juga. Pingin masuk apakah hangat di dalamnya.

        Like

      2. Dibanding rumah batu ya rumah kayu lebih hangat Shiq. Ga cuma Norway, Skandinavia dan Nordik rata rata memang kayu rumahnya. Karena winternya agak parah kan. Rumahku juga kayu hihi

        Liked by 1 person

  2. Iyaa, Norway memang cantik! Terutama kalau musim panas! Duh, pengen jalan-jalan kesana lagi nih. Tapi tiket pesawatnya mahall!! Hahaha 😆 .

    Like

    1. Iya serial Heidy Fa. Mirip banget. Hihi ga ada mall di sini. Mall paling di kota besar itupun jarang kayak mall di Jakarta. Hampir sama dengan Swedia. Mall besar cuma ada di ibukota dan kota besar. Ini semua daerah country sidenya. Kawasan farm mountain dan fjord

      Like

  3. hi mbak, Salam kenal baru nemu blognya – baca blog norway serasa ikutan ke Geiranger – blognya bagus bangettt- cita2 yg belum kesampean ke norway keburu covid.
    stockholm juga another mimpi lain – ya wis lah covid mudah2an segera berakhir

    salam sehat

    Like

Leave a comment