Canary Island Surganya Warga Utara

Ada perasaan lega dan senang akhirnya gue lumayan berhasil melawan phobia terbang dengan pesawat yang hampir 3 tahun terakhir berhasil menahan gue untuk tidak berlibur ke tempat wisata impian.

Dan senangnya  lagi, penerbangan yang gue tempuh lumayan lama. Hampir  enam jam. Tapi depresinya tak terkatakan. But at least gue bisa lalui.

IMG_7622.jpg

IMG_7596.jpg

Sebelumnya gue tidak begitu familiar dengan Canary Island. Dimana letaknya pun gue kaga tau. Barulah setelah menikah gue sering mendengar suami, teman suami, kerabat bahkan tetangga, mengucapkan nama kepulauan yang termasuk dalam wilayah komunitas otonomi Spanyol ini.

IMG_7435.jpg

IMG_7436.jpg

IMG_7430.jpg

Canary Island merupakan kepulauan yang menjadi tujuan wisata yang terkenal di sebagian negara Eropa khususnya negara yang memiliki iklim yang terlalu dingin di saat winter. Sebut saja seperti negara negara Nordik Skandinavia. Ibarat pulau Bali bagi warga Australia, Canary Island bisa dibilang surga dunia kaum utara.

Wikipedia menyebut, Canary Island terletak di samudara Atlantik tepatnya di sebelah barat laut Afrika (Maroko dan Sahara Barat). Sehingga aroma alam semi Afrika lumayan bisa gue rasakan di sini.

Meskipun tidak sepanas wilayah tropis tapi setidaknya suhu Subtropis di Canary Island mampu menghibur orang orang utara yang berlibur ke pulau yang konon menjadi lokasi pembuatan film Fast and Furious 6 ini.

IMG_7441

IMG_6246

IMG_7595.JPG

IMG_7597.jpg

Dibanding harus menempuh perjalanan yang jauh ke wilayah tropis, setidaknya jarak tempuh ke Canary Island relatif dekat dari wilayah Eropa. Akibatnya kepulauan Kanaria menjadi santapan empuk warga Eropa yang lelah dengan winter berkepanjangan.

Jarak yang relatif dekat dan suhu yang lumayan hangat membuat nilai plus kepulauan yang juga dikenal sebagai tempat habitat burung kenari dan kadal raksasa ini. Di Swedia sendiri pun tv lokal selalu mencantumkan text informasi terkait suhu harian di Canary Island. Bahkan beberapa daerah sengaja difasilitasi direct flight tanpa harus ke Arlanda Stockholm. Sesampainya di Canary Island pun selain stasiun tv SVT Swedia yang bisa dinikmati di kamar hotel, sampai sampai gue juga melihat koran Swedia ada dijual di pulau ini.

IMG_7431

IMG_7434.jpg

Sebagian besar para pegawai restoran di Canary Island lumayan bisa mengucapkan beberapa kalimat dalam bahasa Swedia. Ya namanya turis Scandinavia numplek banget di pulau ini. Tapi tak sedikit juga yang hanya mampu berbahasa Spain. Bahasa Inggris pun banyak yang tidak mengerti.

IMG_7642

IMG_6122.jpg

IMG_7643.JPG

Bahkan mereka sangat pintar menarik perhatian wisatawan dengan membuka restoran cafe dan toko mainan bernuansa Jerman dan Scandinavia. Gue kurang tau pasti yang punya orang orang Scandinavia atau pengusaha lokal. Yang jelas ada restoran bernama De Munich, Cafe Konditori bergaya Swedia, toko mainan Norwegia.

IMG_7632
Mini Golf tepat di samping cafe bernuansa Swedia
IMG_7630 (1).jpg
Cafe yang menjual roti dan cake ala Swedia
IMG_7446.jpg
Ada Roti Semlanya orang Swedia. Nama cafenya pun memakai kata Konditori 🙂
IMG_7599
Gereja yang dibangun turis Skandinavia
IMG_7621.JPG
Bentuk gerejanya unik. Seperti siput atau keong.

Hebatnya lagi tak sedikit warga Skandinavia yang sengaja membeli rumah maupun apartemen dan menetap di Canary Island selama musim dingin. Kasarnya kabur dari negara asal demi menghindari suhu ekstrem di saat winter. Dan puncaknya salah satu pulau di Canary Island bernama Gran Canaria, memiliki sebuah gereja bernama KyrkaTurist atau Gereja Turis.

Gereja yang sengaja dibangun turis asal Scandinavia agar bisa beribadah minggu selama mereka berada di sana. Gila yak. Ukuran turis sampai membangun gereja. Sangkin lamanya mereka berlibur atau menetap sementara di pulau ini.

IMG_7614
Kaktus raksasa. Besar dan tinggi banget. Dan dimana mana ada. Baik yang tumbuh liar maupun yang sengaja ditanam.

Buat gue Canary Island memiliki seribu wajah. Perpaduan kota tua dan modern, atmosfir Afrika dan Spanyol yang bersenggolan, landscape yang indah, gurun pasir yang membuat gue sumringah, bangunan berkarakter dan berjejer rapi dari atas ke bawah diantara gunung bukit, tanah yang terkesan gersang, eksotisnya lengkungan pundak unta, tepian laut dengan hamparan pasir yang luas, sampai pohon Palma dan kaktus raksasa di mana mana. Semuanya gue suka. Berada di pulau ini serasa menghantar nyata setengah mimpi gue akan atmosfir Afrika.

IMG_7645
Standing like in Sahara

IMG_7626.jpg

IMG_7644

Infrastruktur jalanannya pun bersih, rapi. Mereka tau bagaimana cara membuai mata turis. Karena nilai jualnya memang di situ kan. Tapi bukan berarti tidak ada yang kotor. Gue pernah melihat sampah berserak di centrum salah satu kotanya. Di depan restoran dan jalanan lumayan banyak plastik, tissue dan kaleng softdrink. Lumayan kaget sih. Karena di siang hari hampir tak ada pemandangan seperti itu. Meskipun begitu secara keseluruhan gue ancungin jempol tingkat kebersihan jalannya.

IMG_7647

IMG_7617

IMG_6811

IMG_7646

Gue ga tau apakah akibat malam minggu yang panjang, yang jelas petugas kebersihan yang kebetulan sudah renta masih sigap membersihkan secara manual sampah sampah tersebut. Mau tau pakai apa? Pakai daun Palma.

Dan ternyata efisien loh bisa membersihkan jalanan. Dari cara tradisional barulah debu di jalan di sapu dengan cara modern. Memakai mobil truk dengan mesin penghisap atau penyapu jalan gitu.

IMG_6236.jpg

IMG_6232

IMG_7627.jpg

IMG_7605

Canary Island memiliki dua ibukota negara. Pertama Las Palmas di pulau De Gran Canaria dan yang kedua Santa Cruz De Tenerife di pulau Tenerife. Gue dan suami hanya mengunjungi pulau De Gran Canaria dengan ibukota Las Palmas. Disebut Las Palmas karena pulau ini banyak sekali pohon Palmanya. Hampir di setiap sudut kota selalu ada pohon Palma.

Tulisan ini hanya selayang pandang tentang liburan gue di Canary Island. Next akan gue tulis secara detail tentang liburan asik dan pengalaman tak mengenakkan selama berada di pulau yang ngangenin ini. Gue kangen karena begitu sampai di Swedia, gue disambut oleh suhu yang kembali ngedrop. Bayangin sampai minus 19 derajat celcius. Sementara sebagian besar Eropa sudah menari nari dengan Cherry Blossom. Hiks!

IMG_7612.jpg

h.jpg

Tempat wisata apa saja yang kami kunjungi? Bagaimana harus peka terhadap trik para scammer di Gran Canaria? Apa ciri khas kulinernya? Bagaimana berbelanja di Gran Canaria? Akan gue tulis di tulisan selanjutnya. See you.

Salam dari Swedia

IMG_7607

IMG_7609

Semua foto merupakan dokumentasi pribadi ajheris.com

10 Comments

Leave a comment