“HA LONG BAY” Ketika Raja Ampat Ada di Vietnam

Suatu malam, teman  blogger di group whatsApp secara tidak sengaja membahas liburan. Sampai akhirnya gue bercerita tentang wisata terkenal di Vietnam. Dan singkat cerita, pembicaraan itu pun berujung keinginan untuk menulis wisata Vietnam beberapa tahun yang lalu. Kalau bukan karena pembicaraan malam itu, mungkin tulisan ini tidak pernah muncul di blog gue. So thank you dear, cuap cuap kemaren berhasil menginspirasi gue. *Senyum lebar ke Zbeth 🙂

FullSizeRender (19).jpg

Sebelumnya, Vietnam bukanlah negara yang ada dalam bucketlist jalan jalan gue. Sampai suatu hari, sebuah Travel Organizer (TO) bernama Jejak Kaki, menawarkan trip ke Hanoi. Sebelumnya gue tidak pernah tau yang namanya Ha Long Bay. Dengar juga ga pernah. Ibarat kata, Ha Long Bay  masih kalah pamor waktu itu dibanding Phuket Thailand.

fullsizerender-25

Dan masih ingat, pertama sekali melihat photo keindahan alam Ha Long Bay yang dikirim melalui pesan Blackberry Messenger oleh team Jejak Kaki, gue langsung terpesona. Mirip Raja Ampat!

Maklum destinasi ke Raja Ampat lagi naik pamor. Tempat wisata yang rasanya sebatas khayalan waktu itu. Mahal. Sampai akhirnya gue berpikir, kalau belum bisa ke Raja Ampat, ya ke Ha Long Bay pun jadilah. Secara biaya yang ditawarkan juga lumayan terjangkau. Dan pembayarannya bisa dicicil pula.

FullSizeRender (23).jpg

Gue ke Vietnam sekitar tahun 2011 atau 2012 kalau ga salah. Tepatnya ke kota Hanoi. Waktu itu gue berangkat bareng teman kantor. Dari bandara Soekarno Hattta, kami bermalam di Singapura dulu. Esok harinya lanjut ke Hanoi. Dari Changi Airport, perjalanan kurang lebih tiga jam. Setibanya di bandara, barulah kami bertemu dengan team Jejak Kaki dan para peserta lainnya.

FullSizeRender (22).jpg

Singkat cerita, setelah bermalam di Hanoi, besok harinya kami menuju perjalanan ke Ha Long Bay. Ha Long Bay ibarat magnet wisata Vietnam. Konon katanya, ke Vietnam  tanpa ke Ha Long Bay serasa ada yang kurang. Garamnya kurang nendang😉

Perjalanan dari pusat kota Hanoi ke Ha Long Bay kurang lebih 4 jam. Bus yang kami tumpangi lumayan nyaman walaupun bukan bus besar. Drivernya juga masih memiliki etika mengemudi yang baik alias tidak ugal ugalan. Buat gue ini penting banget.

fullsizerender-27

fullsizerender-19

Sesampainya di dermaga Ha Long Bay, kami menuju kapal kecil dan diberi life west. Dari kapal inilah kami berpindah ke kapal cruise versi Ha Long Bay. Cruise di Halongbay rata rata berukuran tidak terlalu besar. Penampilan dari luar pun sangat sederhana. Tapi begitu masuk ke dalam,  bersih dan nyaman. Dan hari itupun keceriaan dimulai. Welcome to Ha Long Bay 😍

fullsizerender-22

Halongbay merupakan teluk yang memiliki ribuan pulau Karst (batu kapur) yang muncul  secara luarbiasa ke permukaan air  akibat pergerseran tektonik ratusan juta tahun silam.

Dengan bentuk yang menjulang tinggi dan curam, mengakibatkan sebagian besar karst masih sulit dijangkau dan dieksplore.

fullsizerender-24

Dari ribuan pulau karst yang terdapat di Ha Long Bay, hanya sedikit yang sudah memiliki nama. Diberi nama pun karena kebetulan memiliki bentuk yang unik. Misalnya karst berbentuk jempol, ayam, dan pulau kembar. Kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini.

Pada tahun 1994, Ha Long Bay ditetapkan sebagai Heritage Dunia oleh Unesco. Disusul masuk 7 keajaiban dunia versi New 7 Wonders Foundation pada tahun 2012 (Wikipedia). Ha Long Bay juga tertera dalam design uang kertas Vietnam. Bisa melihat gambar di bawah.

fullsizerender-25

Sebagian besar pulau pulau Karst di Ha Long Bay memiliki gua yang mengandung Stalaktit dan Stalagmit, yang berasal dari tetesan air yang mengeras dan menghasilkan bentuk vertikal dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah. Gua yang unik dan tentunya wajib dilihat. Ke Ha Long Bay sudah dianggap liburan sepaket dengan berbagai gua Stalaktit dan Stalagmit di sekitar pulau.

Sepanjang perjalanan di atas teluk  Ha Long, mata akan terbiasa dengan kapal kapal yang berseliweran. Dan kami pun mulai menikmati keindahan Ha Long Bay hari itu. Melihat pulau kapur dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mulai terlihat kecil, hingga akhirnya menjadi besar setelah kapal mendekat. Ha Long Bay juga memanjakan kami dengan kenikmatan sajian appetizer alam yang mempesona sebelum dinner dimulai. Keindahan sunset di antara tumpukan karst yang memenuhi teluk Ha Long.

FullSizeRender (22).jpg

Ha Long Bay bisa dinikmati seharian tanpa harus menginap. Banyak agen travel yang menawarkan paket seperti ini. Bahkan dari hotel juga bisa didapat. Sudah including makan di dalam kapal, tour guide berbahasa Inggris dan transportasi bus. Tapi jika ingin bermalam di cruise seperti kami  juga boleh. Menghabiskan malam dengan berkaraoke, joget bersama, dan pastinya menikmati dinner dengan makanan khas Vietnam yang lezat.

Dan esok paginya after breakfast, kami lanjut bermain Kayaking. Hmmmm….jadi ingat betapa berisiknya gue di atas kayak waktu itu. Karena phobia yang tidak beralasan. Seperti mengutip kalimat seorang teman “Gue itu ratu parno, takut tenggelam, takut kayak terbalik, takut kebawa arus, dan sebagainya”  🙂

fullsizerender-24

fullsizerender-19

Berkunjung ke Ha Long Bay Vietnam ibarat melihat Raja Ampat (yang kalau gue paksa menjadi terlihat mirip). Pun menjadi awal mengenal lebih dekat negara yang lama dilanda perang ini. Negara yang memiliki capital city yang sederhana. Kota Hanoi yang jauh dari sebuah kata gemerlap.

Kota yang memaksa gue harus esktra berhati hati dari laju kencangnya vespa dan motor. Kota yang macetnya tidak pake malu malu alias main selamatkan diri sendiri. Iya, Vietnam yang masih origional sekali. Tapi lumayan sanggup membuat rindu.

Di mata gue, bumi Vietnam akhirnya memperlihatkan sisi lain yang lebih ramah. Tidak semata meninggalkan kekelaman dunia tembak menembak yang gue lihat di film Rambo yang super hero maupun film sejenis yang doyan banget diproduksi industri film Hollywood. Melainkan  juga pesona sebuah wisata warisan dunia.

Iya, ada Ha Long Bay di sana. Di Vietnam. Teluk yang indah!

Berikut ruangan kamar dan restoran di dalam kapal. Juga mini bus yang membawa kami dari Hanoi ke Ha Long Bay dan kembali ke Hanoi.

Salam dari Mora,

Dalarna, Swedia.

Semua photo di dalam tulisan ini, merupakan dokumentasi pribadi ajheris.com

17 Comments

1. Kita kepengen banget kesini Len..Lagi nyari trip yang pas dari Denmarknya…apa dari Ho Chi Min atau Hanoi kita landingnya…Kebetulan ada exchange dulu tinggal di Ho Chi Min..sekalian berkunjung ke sana…

Boleh lah kupuji photomu terus-terusan ya Len .. 😉 jangan bosan ya..Bagus

1. Cobalah ke Ha Long ini. Menurutku sih cantik. Aku ke ho chi min belum pernah. Kalau ada temanmu di sana enak juga bisa dikunjungi. Ahhh namanya dipuji senangnya aku sista. Pujilah terus😂 samanya kita. Saling mengagumi. Photo2mu juga aku suka. Bagus bagus

1. Sama sama Beth. Aku ga gt ingat masalah anak anak ini ada apa ga😂😂 yang pasti di kapal kami orang dewasa semua. Kebetulan kan satu group gitu satu kapal. Tp bawa anak ga ada masalahlah Beth.. dikapal juga duduk enak. Trus seingat aku sorenya kapal berhenti di pulau yang banyak pasirnya. Anak anak bisa mainlah di situ. Paling ke gua kali ya agak repot. Tapi gua yang kami masuki juga dalamnya luas banget. Naiknya mungkin bawa mila takut ga kuat.

Liked by 1 person

2. Waahhh bener2 kece ya Ha Long Bay ini. Aku dulu cuma ke beberapa kota aja pas ke Vietnam tapi ga ke Ha Long Bay soalnya letaknya di atas, maksudnya jauh dari tempat2 yg kudatangi. Next dimasukkan agenda. Itu ada mas bercambang ikutan muncul 😁

1. Iya Den maybe next kalau pulkam ke Indonesia bisa sekalian mampir ya. Betul agak jauh memang dr kota Hanoi. Apalagi dr Ho chi Min.

Hahhaha itu si cambang teman baik di kantor dolo, kalau jalan selalu ama dia. Karena kita berdua sama gilanya hahaa. Itu aku minta ijin ama dia buat pasang di blog ini, habis pulau yang mirip ayam cuma itu yang bagus. Yang pas ada dia 😂😂😂😂😂

3. Halo Mbak, salam kenal yaa. Aku baru nemun blognya dan langsung suka. Suka deh ngeliat foto2nya, Ha Long Bay cantik banget ya. Sebelumnya Vietnam ga ada di bucket list aku tapi setelah baca post ini kayaknya aku berubah pikiran :p

1. Hai mba…? Aku panggil apa nih? Mba dixi aja kah? Salam kenal juga. Senang sudah mampir ke blog setengah kacau ini 😂😂 cobain ke ha long deh. Menurutku sih bagus ya. Ga tau sekarang apa tiba tiba berubah jelek hehe smoga ga ya

1. Salam kenal ceritaale😊 cobalah ke sana. Apalagi kalau dirimu sudah lama pengen ke Ha Long Bay. Menurut aku sih baguslah ya. Makasih ya uda mampir ke blog ini