Mengenal Hidangan Khas Natal di Swedia

Meskipun memegang predikat sebagai negara maju, Swedia tetap setia dengan beberapa tradisi yang masih dijalankan hingga saat ini. Termasuk penyajian berbagai jenis makanan tradisional yang disajikan di saat natal.

Bahkan sebulan sebelum natal tiba, berbagai jenis makanan natal sudah dapat dinikmati di restoran yang mengadakan Julbord.

IMG_8793.JPG

Sebenarnya makanan natal di Swedia sebagian besar dapat ditemukan dan disantap di hari biasa. Bedanya di saat natal makanan yang banyak tersebut disajikan sekaligus dan bersamaan. Jenisnya lumayan beragam tergantung keluarga mau menyajikan lengkap atau seadanya saja.

Apalagi jika bukan keluarga besar seperti kami (gue dan suami), biasanya cukup menyajikan menu yang paling utama saja (baca yang paling hits hahaha). Dan umumnya semua jenis makanan ini dapat dibeli di supermarket dalam keadaan siap saji. Jadi sebagian tinggal dimasukin oven atau microwave. Tapi bagi sebagian orang ada saja yang membeli bahan mentah dan mengolah sendiri di rumah. Termasuklah gue dan suami. Sebagian besar makanan kami olah sendiri. Selain lebih fresh, pun kegiatan menyambut natal jadi lebih berasa.

IMG_2711

fullsizerender

Berikut beberapa jenis makanan natal di Swedia yang lumayan sering disajikan di atas meja.

1. JULSKINKA (SKINKA)

Salah satu makanan khas natal yang paling terkenal (ngehits) di Swedia dan rasa rasanya wajib ada di setiap rumah adalah Julskinka (Skinka). Pork berbentuk bulat memanjang dengan ukuran yang lumayan besar. Julskinka memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih, karena diambil dari bagian paha atas. IMG_2579

Umumnya skinka yang dijual di supermarket sudah melalui proses brine (penggaraman dengan air) selama beberapa hari. Jadi ketika dibeli di supermarket tinggal direbus saja. Malah tak sedikit yang dijual dalam kondisi sudah matang direbus.

Proses memasak julskinka bisa dibilang sangat sederhana tapi harus teliti dan hati hati. Apalagi menyangkut tingkat kematangan dagingnya. Karena daging dimasak dalam ukuran lumayan besar. Julskinka direbus di dalam air yang sudah dicampur dengan bawang bombay dan wortel. Sangatlah penting memperhatikan suhu air ketika merebus daging. Disarankan agar menggunakan termometer suhu. Perubahan suhu di dalam daging perlahan lahan bisa dilihat melalui termometer. IMG_2713

Jika suhu termometer sudah berada diantara 72 sampai 80 derajat celcius, barulah daging bisa dikatakan matang. Waktu yang kita perlukan sekitar tiga jam untuk sampai di suhu ini.

Julskinka biasanya dimasak sebelum tanggal 24 Desember atau tepatnya di tanggal 23 Desember. Jadi ada waktu untuk mendinginkan daging dalam waktu sehari. Konon tekstur dan rasa daging akan menjadi lebih enak. Bisa dibuat di dalam kulkas atau di ruangan bersuhu rendah.

IMG_8750.JPG

Esok harinya barulah kulit Skinka diberi lapisan yang terdiri dari campuran kuning telur dan Senap atau mustard. Lalu diberi taburan Ströbröd atau Bread Crumbs. Agar tampilannya lebih bagus, biasanya permukaan ditusuk butiran cengkeh. Kemudian di panggang di dalam oven kurang lebih 20 menit. Rasanya? Gurih dan enak pastinya. Selain sebagai Plat Principal, julskinka juga disantap melengkapi roti natal beraroma kanel atau cinnamon.

2. KÖTTBULLAR (SWEDISH MEATBALLS)

Rasanya warga Swedia tidak ada yang tidak mengenal bakso ini. Dan tentunya menjadi salah satu menu yang familiar di saat natal. Terbuat dari daging sapi yang sudah digiling, dicampur dengar telur, bread crumbs, sedikit krim, merica dan irisan bawang bombay yang sebelumnya sudah ditumis dengan butter. Kemudian dibentuk bola bola dan ditumis dengan butter sampai matang.

fullsizerender

IMG_8801.JPG

Kalau gue lebih sering menggunakan daging moose atau elk, karena stok daging ini lumayan banyak di freezer (dari hasil berburu). Rasanya jauh lebih enak.

Jika di hari biasa warga Swedia menyantap köttbullar/meatballs selalu sepaket dengan taburan saos melimpah plus selai Lingonberry, berbeda halnya dikala natal. Swedish Meatballs disajikan apa adanya. Tanpa embel embel saos dan selai. Kenapa? Karena meatballs dinikmati sepiring dengan manu natal lain yang notabene sudah mengandung banyak krim.

3. LAX  (SALMON)

Salmon juga salah satu menu favorite di acara natal. Khusus di saat natal penyajian salmon sedikit berbeda. Disajikan dalam ukuran yang besar. Jadi tidak seperti salmon yang biasa dimakan sehari hari dengan potongan size kecil.

Ada Smoke Salmon dan ada juga steam salmon. Gue lebih sering menyajikan salmon panggang dengan campuran bumbu sederhana yang terdiri dari perasan lemon, garam, dill, paprika lada bubuk, serta sedikit potongan butter. Rasanya sudah diakui oleh suami dan tetangga gue.

IMG_8797 (1).JPG

Ada juga Gravadlax yaitu daging salmon yang dicampur dengan garam dan beberapa rempah seperti merica dan dill, kemudian ditekan sekuat mungkin menggunakan alat berat dengan tujuan agar air di dalam salmon keluar dan garam cepat menyerap ke dalam. Dan biasanya salmon dibiarkan kurang lebih seminggu tanpa dimasak. Kemudian ketika hendak disajikan, daging salmon diiris tipis tipis. Mirip salmon sushi.

4. SILTA

Silta dulunya berasal dari potongan potongan pork berukuran kecil yang umumnya merupakan sisa daging yang nyaris tak terpakai tapi sayang untuk dibuang. Misalnya ketika kita memotong ternak, kadang ada bagian daging yang tersisa dan melekat di tulang. Bagian inilah yang digunakan untuk membuat Silta.

IMG_8798.JPG

Namun di jaman modern sekarang, kadang  daging utuh malah sengaja dipotong kecil kecil untuk menghasilkan Silta. Biasanya potongan daging dicampur dengan Gelatin dan rempah cengkeh yang sudah dicincang kasar. Lalu didingankan. Seperti membuat puding agar agar . Aromanya sangat khas. Karena mengandung gelatin, jadi berasa sedikit kenyal dan dingin di mulut. Tidak hanya pork, jaman sekarang silta bisa juga dibuat dari irisan daging sapi.

 5. JANSONS FRESTELSE

Ini dia menu natal yang sama hitsnya dengan Skinka. Wajib ada. Bahan utamanya adalah  kentang yang di potong memanjang seperti french fries junckfood. Kemudian dicampur dengan krim dan irisan bawang bombay. Untuk membuat aroma lebih khas biasanya di tambahkan Ansjovis, sejenis ikan Sill yang berukuran kecil yang dapat dibeli dalam kemasan kaleng. Dan terakhir dipanggang di dalam oven. Ini menu kesukaan gue banget. Leker!

6. SILL

Sill merupakan jenis ikan tradisional yang sangat disukai warga Swedia (terutama warga lokalnya). Menurut gue baunya kurang sedap di hidung. Tapi disuruh nyium ikan asin oke oke saja. Hahahaha.

Sill diasinkan dalam waktu yang lama. Ini yang membuat gue berasa geli, layaknya suami gue geli jika melihat ikan asin.

Prosesnya dengan cara mencampur ikan ke dalam air yang sudah diberi garam. Kemudian dibiarkan kurang lebih satu minggu. Tahap selanjutnya ikan diangkat dan diletakin di wadah, lalu disiram dengan air cuka. Tujuannya agar ikan bener bener bersih dari bakteri.

Barulah dibiarkan di dalam kulkas kurang lebih dua hari. Setelah itu sill sudah bisa dikomsumsi. Jangankan di saat natal, di hari biasa pun olahan ikan ini sering disantap. Biasanya sill dimakan bersama Smörgås (Open sandwich ala Swedia). Tapi entah mengapa, ketika Sill berukuran kecil dicampur ke olahan Jansons Frestelse, gue malah ga jijik. Aya aya wae.

7. RÖDBETSSALLAD

Ini merupakan salad favorit gue. Rasanya legit dan asam. Terbuat dari mayones dan irisan bit, sejenis umbian berwarna violet tua cenderung kemerahan.

IMG_2754

8. RÖDKÅL

Daun kol berwarna merah yang biasanya ditumis bersamaan dengan Russin/raisin/kismis, ditambah Ljus Sirap/Light Syrup (sejenis gula sirup) dan air kaldu dari sisa rebusan Julskinka.

IMG_8795.JPG

9. GOBBRÖRA

Makanan ini juga lumayan banyak ditemukan di saat natal. Terbuat dari Gräddfil yaitu sejenis Sour CreamDill dan Ansjovois (ikan sill dalam ukuran kecil). Ketiganya diaduk memakai tangan dengan tempo yang cepat. Lalu ditambahkan dengan irisan telur dan kentang rebus serta bawang merah. Baru diaduk pelan pelan.

IMG_8789.JPG

10. SOSIS

Kalau ini sepertinya sudah tidak asing ya, cukup membeli di supermarket. Dan di rumah tinggal ditumis dengan butter.

IMG_8800.JPG

11. ÄGGHALVOR (HALF EGG)

Telur yang sangat famous dikala natal ini sangat gampang membuatnya. Bentuknya simpel tapi sangat menarik. Terbuat dari telur rebus kemudian kulitnya dibuang dan dibagi menjadi dua bagian (makanya disebut Ägghalvor/Halfegg). 

Permukaan telur diberi mayones, Räkor (sejenis udang) dan Kaviar. Untuk menambah aroma biasanya ditambahkan daun Dill segar. Tapi jika mau dibuat varian lain juga boleh. Mayones yang digunakan sedikit memiliki aroma rempah dan senap/mustard.IMG_2720

12. JULMUST

Minuman musiman yang tidak setiap saat bisa dibeli. Hanya di bulan tertentu saja. Julmust sejenis softdrink yang sangat famous di Swedia dikala natal. Mirip cola tapi tak sama. Must memiliki rasa dan aroma yang khas. Konon selain gula dan carbonated water, ada kandungan rempah/spices di dalam minuman ini.

fullsizerender-10

Julmust mulai banyak dijual di bulan Nopember dan Desember. Selain itu, Must juga dijual menjelang Paskah. Rasanya sama aja sih, cuma beda di warna kemasan dan nama saja. Di saat Paskah dinamai Påskmust, dengan label kemasan berwarna kuning. Intinya minuman ini menjadi minuman pelengkap di saat natal dan Paskah.

 13. GLÖGG

Minuman lain yang tak kalah digemari di saat natal adalah Glögg. Minuman Red Wine dengan kandungan alkohol maupun non alkohol. Glögg sedikit berbeda dengan minuman red wine biasa, karena diramu dengan berbagai jenis rempah, seperti Cinnamon Stick (kayu manis), Star Anise, biji cengkeh dll. Namun Glögg banyak juga tersedia di toko minuman dan tinggal beli saja. Biasanya sebelum diminum, Glögg harus dihangatkan terlebih dahulu. Lalu dicampur dengan biji almond dan raisin.

IMG_8806.JPG
Glögg dan gelas kecil berikut almond dan raisin.

Ada sedikit sensasi ketika meminum Glögg. Selain aroma rempahnya, campuran almond dan raisin memang pas dengan minuman ini. Di mulut ada yang dikunyah gitulah. Glögg biasanya diminum di dalam gelas berukuran kecil atau tidak terlalu besar.

14. KNÄCK

Selain coklat, knäck merupakan permen tradisional yang biasa disajikan sebagai cemilan dikala natal. Berbahan dasar gula pasir, Ljus Sirap/Light Syrup (Sirup Gula), heavy cream, dimasak hingga mengental dengan konsistensi menyerupai karamel. Lalu ditambahkan almond cincang. Uniknya permen ini tidak dibungkus plastik melainkan langsung dituang ke dalam cetakan kertas kecil (seperti mini cup).

Biasanya menjelang natal, knäck lumayan banyak dijual di pasar natal tradisional. Rasanya manis, gurih dan kenyal di mulut. Gue sukaaaaa banget permen ini. Setiap tahun wajib gue bikin. Bahkan kadang sebelum natal tiba, knäck sudah habis gue makan. Termasuk suami tentunya. Hahaha.

IMG_2792.jpg

Sebenarnya masih ada jenis makanan lainnya tapi gue cuma bisa menjelaskan yang kebetulan kami hidangkan di saat natal. Dan memang jenis makanan ini yang paling umum disajikan. Selain roti, keju juga menjadi pelengkap penting di saat natal. Biasanya menjelang natal, keju Holland dengan bungkus plastik berwarna merah menjadi keju sejuta umat. Banyak dijual soalnya. Pelengkap roti/smörgås atau makanan lainnya.

img_8860
Smörgås,  tidak hanya di saat natal, di hari biasa pun menjadi santapan yang sering dimakan. Bedanya di saat natal smörgås wajib diberi  irisan Julskinka. Baru kalau mau ditambahkan yang lain  silahkan. Sesuai selera. 

Barangkali negara barat lain memiliki menu yang sama? Gue kurang tau pasti. Yang jelas seperti itulah jenis makanan dan minuman natal yang biasa disajikan di Swedia.

See you in my next story.

Salam dari Mora,

Dalarna, Swedia.

“Semua foto di dalam tulisan ini merupakan dokumentasi pribadi ajheris.

25 Comments

      1. oh sudah dong..memang nggak spicy kayak khas Indo…cuma sausnya enak.. boleh juga kalau ada resepnya hihihi

        Like

  1. Gak kebayang masak segitu banyak dan macam” ka,tapi ko ya memang mereka tuh disana lebih suka masak sendiri mgkn ya ka,spt acara ulang tahun aja semua dari kue,pernak pernik dan makanan keluarga rick pasti bikin sendiri…apalagi klo acara natal lebih heboh,hehehehe….pengen cpt” pindah kesana jadinya 🙂🙂🙂

    Liked by 1 person

    1. Sebenarnya ada beberapa makanan yang bisa langsung dibeli, seperti rödbetssallad, salad buah, sill, cuma kalau buat sendiri memang lebih enak aja gitu ada kegiatan menyambut natalnya. Tar kabari ya kalau sudah move ke Sweden

      Liked by 1 person

      1. Oh gitu lebih berasa capenya juga ya ka,hehehe… Iya nanti aku pasti kabarin deh klo aku udah disana ,masih ada urusan yg harus dislesain dulu disini ka,berdoa smoga dilancarkan semuanya..🙂

        Liked by 1 person

  2. Love your pic hasian..sudah bisalah langsung cari klien 😉

    Iya ya mirip-mirip Danish ya makanannya..Yang Glogg itu juga disini sering disajikan…aku suka minumnya..diawal-awal aneh..tapi lama-lama nagih ya 🙂

    Like

    1. Bergetar jiwa mendengar kata klien ini. Hahahah… pengennya. Semoga kelak bisa lebih baiklah. Masih harus byk latihan. Btwy aku pengen panggang bebek. Tapi di Swedia kayanya kurang diminati. Nyaris tak dijual. Paling kalkun. Semua makanan orang ini awal awal “poning” kepalaku melihat. Serba geli dimulut. Sekarang langsung terhempas manjaahhh di mulut. Sukaaa kalipun. 😅😅😅😅

      Like

      1. Terhempas manjaaah 😀 wkwwkwk Aku suka makan KÖTTBULLARnya Swedish…Pergi ke Ikea buat makan itu 🙂 enak banget….

        Untungnya tradisi makan bebek ini cuma sekali setahun, kebayang tingginya kolesterolnya … 😀 kalau di Indonesia aku suka makan bebek goreng ..besoknya nyut nyut kepalaku 😀

        iyaloh..dah bisa nyari klien…seandainya dekat, kt bisa patner ya 🙂 jadi tim..jauh kalipun dirimu 😀

        Like

      2. Aku sering masak Köttbullar. Pakai daging rusa. Lebih enak dan manis. Dagingnya berasa. Aku harus ke Stockholm baru bisa makan bebek puas. Di resto asia. Iya ya, coba dekat kita, uda bisa ketemu dan kombur hahahha

        Like

  3. Kak Lena, aku lihat photo2nya langsung memori kekenyangan saat natal kerasa lagi, serakah kali ya adek mu ini kalo makan. itu si rödbetssallad stuju mayan enak tp meringis dulu kening pas nyoba prtama kali hihi, makasi tulisannya kak jadi ku gak lupa nama smua makanan natal tahun ini 🙂

    Like

Leave a comment